10 "Short Code" SMS content provider (CP) yang Patut Diwaspadai

Banyaknya pelanggan pengguna ponsel yang mengadu karena merasa kehilangan pulsa, dan ini  membuat  Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengambil tindakan terhadap content provider (CP) yang diduga melakukan penyedotan pulsa.

Bahkan menurut penjelasan BRTI, Pemerintah  telah  melakukan penghentian (unreg) massal SMS premium, baik konten maupun pop screen, pada 18 Oktober lalu. Begitu juga penghentian pendaftaran CP baru.


Seperti yang dimuat di kompas.com, Berdasarkan data pengaduan masyarakat melalui call center 159, ada sekitar 10 short code dari 8 CP dan dua operator yang diduga melakukan penyedotan pulsa.

Anehnya, dari 8 CP itu masih ada perusahaan yang tidak terdaftar di BRTI, yaitu PT Extent Media Indonesia dengan SC 9393, Telkomsel dengan layanan 1212, dan XL Axiata yang memiliki SC 1818.

Inilah SC yang patut diwaspadai sebelum pengguna menyetujui layanan yang akan dipakai:

  • 9393: Layanan ini milik PT Extent Media Indonesia dengan SC 9393, bekerja sama dengan Telkomsel,  Layanan ini dikeluhkan oleh 81 pengguna dan belum terdaftar di BRTI.
  • 9877: Layanan ini milik PT Kreatif Bersama dengan layanan kuis dan game. Ada 50 pengguna      mengeluhkan layanan ini.
  • 1212: Layanan ini milik PT Telkomsel, Telkom, dan untuk layanan RBT, baik NSP 1212 maupun Langit  Musik Telkomsel. Layanan ini diduga belum memiliki izin dari BRTI, tetapi hanya dikeluhkan oleh 49 pengguna.
  • 9399: Layanan ini milik PT Era Cahaya Brillian. Direksinya sama dengan PT Extent Media Indonesia yang  belum terdaftar di BRTI. Layanan ini dikeluhkan 32 pengguna.
  • 9899: Layanan ini milik Nextnation Prisma yang menyelenggarakan layanan poin, hadiah, dan SMS  pemilihan Pildacil ANTV. Ada 29 pengguna mengadu terkait layanan ini.
  • 1818: Layanan ini milik PT XL Axiata yang melayani RBT. Layanan ini dikeluhkan oleh 24 pengguna. Izin   usaha juga belum ada di BRTI
  • 9599: Layanan milik PT Lingua Asiatic yang membuat I-RING 808 Indosat dan lelang. Layanan   dikeluhkan 19 pengguna.
  • 9388: Layanan milik PT Infokom Elektrindo yang menyediakan konten musik. Layanan ini dikeluhkan 18  pengguna.
  •  9133: Layanan milik PT Collibri Network yang dikeluhkan oleh 17 pengguna.
  • 2680: Layanan religi dan horoskop dari PT Cequal Indonesia, bekerja sama dengan PT Telkomsel. Layanan ini dikeluhkan 16 pengguna.

            Baca Juga  :

            * Tips Atasi pencurian Pulsa pada Hand Phone Anda
            * Tips menghindari Aplikasi pencuri Pulsa di Hand phone
            * Hati - hati, Pengguna Blackberry, pulsa tersedot jika akses situs tertentu
            * 5 Alasan BlackBerry Populer di Indonesia

2 comments:

  1. Saya pernah menjadi short code SMS semacam itu. Dan akhirnya nomor HP lama saya harus saya relakan karena setiap isi pulsa akan langsung ludes.

    hati2 lebi baik nggak usah dibaca, hapun aja langsung

    ReplyDelete
  2. Wah ngeri juga, banyak shorcode resmi yang terlibat ...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.