Cara Sharing File Menggunakan Google Drive Seperti File Document, Presentation, Spreadsheet, Form, Drawing Dan Map.

Google Drive merupakan salah satu layanan di Google. Inc yang berbasis cloud untuk menyimpan serta mengedit file. Beberapa file yang bisa secara default diedit dari google drive yaitu file Document, Presentation, Spreadsheet, Form, Drawing, dan Map.  Sebelumnya untuk bisa berbagi file di google drive tentunya harus memliki akun e-mail gmail google, karena merupakan syarat agar bisa menggunakan layanan google.

Nah, pada kesempatan ini diulas tips  cara untuk bisa berbagi file atau sharing file lewat google drive dengan cara berbagi file sesama antar pemilik akun gmail dan berbagi file melalui link yang disediakan oleh layanan google drive.

Cara berbagi file Via Google Drive


Berbagi File Antar Pemilik Akun Mail Gmail
  1. Pertama masuklah ke alamat https://drive.google.com dari web browser dengan login menggunakan username dan password gmail.
  2. Setelah masuk dan di tampilan utama google drive carilah folder / file yang ada akan bagi.
  3. Pada folder/file yang ingin anda bagikan, klik kanan pada nama folder/file tersebut, pilih Share.....>  Share...
  4. Lalu masukkan alamat email user yang ingin anda bagikan. Disarankan user tersebut juga menggunakan email gmail, atau email yang telah  terintegrasi dengan google apps. Untuk e-mail lain selain gmail, hanya mempunyai akses yang terbatas, seperti sebatas view dan download saja tidak bisa edit file yang dibagi. 
  5. Setelah itu set juga hak akses user tersebut, dalam hal ini ada 2 level, pertama “Can Edit”, artinya user tersebut bisa melakukan editing, juga menghapus file. Kedua “Can View”, artinya user tersebut hanya bisa membaca/membuka file tersebut, juga mengunduh, namun tidak bisa melakukan editing pada file tersebut. Anda juga bisa menambahkan note/keterangan, yang mana note ini akan muncul pada mail pemberitahuan ke user tersebut. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu akun mail untuk berbagi. 
  6. Klik send apabila sudah selesai.
  7. Sampai di sini, user yang telah dibagikan file/folder tersebut, bisa mengecek dengan login ke google drive masing-masing di alamat https://drive.google.com, atau bisa dengan mengklik tombol open yang ada pada mail pemberitahuan yang dikirimkan oleh google drive.
  8. Cek pada sisi sebelah kiri layar, klik pada “Shared with me/Dibagikan ke saya”. Akan terlihat file/folder yang telah dibagikan oleh pemilik asal. Dari sini anda bisa mengedit file tersebut , atau mengupload file ke dalam folder yang di share.
Cara berbagi file Via Google Drive
Berbagi File Melalui Link


Selain memiliki fitur berbagi file melalui akun mail, Google drive juga memiliki fitur berbagi file melalui link. Hal ini lebih mudah karena link tersebut bisa dibagikan ke banyak orang atau user, tanpa harus memiliki akun gmail. Nah seperti apa  berikut ini langkah - langkahnya :
  1. Lakukan hal yang sama seperti point No 1 dan 2 tersebut di atas.
  2. Klik tulisan “Get Shareable Link" (Dapatkan tautan yang bisa dibagikan) dengan icon seperti rantai, set hak akses nya apakah “Can Edit” atau “Can View”
  3. Kemudian copy link tersebut dan simpan atau langsung bagikan ke user yang hendak dituju. Jika sudah klik done.
  4. Biasanya link tersebut dirasa terlalu panjang, anda bisa mempersingkat link tersebut dengan menggunakan layanan penyingkat link seperti google url shortener (https://goo.gl/), paste link dari gdrive nya lalu klik shorten url, maka anda akan mendapatkan link yang lebih pendek.
Cara berbagi file Via Google Drive


Semoga bermanfaat ulasan Cara berbagi file melalui google drive ini.

No comments:

Powered by Blogger.