Kuesioner Online Google Form, Ini Dia Cara Mudah Membuatnya !!

Semakin kesini, perilakupun ketergantungan pada kecanggihan teknologi untuk memudahkan segala aktivitas. Salah satunya dalam pembuatan serta pengisian kuesioner, bisa dibilang sudah bergeser dari yang paper-based ke arah online-based.

Selain lebih memudahkan, online kuesioner pun mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Nah, berikut ini Cara Mudah Membuat Kuesioner Online lewat Google. Semoga bermanfaat bagi yang akand an sedang melakukan survey.

Berikut cara pembuatan kuesioner online di Google form:
  1. Buka www.drive.google.com
  2. Login ke akun google drive. Nah buat kamu yang sudah punya akun Gmail tinggal login aja pakai akun Gmail kamu. 
  3. Terus klik "New" dan pilih "Google Forms" atau pilih "More" dan klik "Google Forms"
    Seperti ini  tampilannya (gambar dibawah ini).

 4. Setelah itu, akan ada tampilan "Google Forms", lalu tuliskan judul kuesioner kamu di kolom "Untitled Form" seperti gambar dibawah ini. contoh kami kasih judul Tutorial Kuesioner Online.




 5. Tuliskan pertanyaan kuesioner kamu pada kolom "Untitled Question". Lihat gambar dibawah:


6. Pilih jenis pertanyaan yang mau kamu tampilkan. Google Forms sendiri menyediakan banyak pilihan diantaranya bisa dilihat pada gambar dibawah.


7. Misalkan kalian ingin membuat pertanyaan yang sifatnya dekriptif dengan 2 pilihan saja seperti (jenis kelamin) atau lebih dari 2 pertanyan (seperti data demografis dan selainnya) , dapat menggunakan jenis pertanyaan checkboxes. Lihat gambar dibawah :


Menanyakan Jenis Kelamin

Menanyakan pendidikan terakhir


8. Atau kalian ingin membuat pertanyaan dengan skala likert 5-poin seperti yang biasa ditemukan pada kuesioner Skripsi atau Tesis, kalian bisa menggunakan jenis pertanyaan seperti gambar dibawah ini.
 


9. Dengan Google Forms, kalian juga bisa mengatur jumlah halaman kuesioner online kalian. Lihat gambar dibawah ini.

10. Oh iya, kalian juga bisa "memaksa" responden untuk mengisi setiap pertanyaan dengan fitur "Required Question" seperti gambar dibawah ini. Jika kotak "Required Question" di centang, maka responden tidak akan bisa melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya sebelum menjawab pertanyaan yang diberikan centang.

 Pertanyaan yang wajib diisi

Jika responden lupa mengiisi pertanyaan yang sifatnya wajib (yang diberikan centang required question), secara otomatis sistem akan membawa responden kembali ke pertanyaan yang belum dijawab. Lihat gambar dibawah.

responden akan "dipaksa" menjawab pertanyaan yang sifatnya wajib

11. Jika semua sudah selesai, lihat tampilan muka kuesioner online kalian dengan meng klik '
"view live form" seperti pada gambar berikut:

 Tampilan muka kuesioner online


12. Kalian juga bisa mengatur dan meng-edit desain tampilan muka kusioner dengan mengklik "Edit this form", lalu klik "Change theme". Lihat gambar dibawah.



13. Proses pembuatan kuesioner kalian sudah selesai. Sekarang saatnya mengirim link kuesioner online kalian kepada responden dimanapun dan kapanpun. Caranya? Lihat gambar dibawah:

 Klik "Send Form"

  link kuesioner online kalian


14. Nama Link kuesioner yang dihasilkan biasanya panjang dan susah diingat, Nah, untuk itu, agar mudah diingat sebaiknya link kuesioner online dipendekan dan diberi nama, sehingga dapat dengan mudah mengirim kepada responden potensial kapan pun dan dimana pun. Caranya? Lihat gambar dibawah:



15. Untuk melihat respon responden terhadap kuesioner online kalian, silahkan klik pada menu "view responses" seperti pada gambar dibawah ini.


Respon kuesioiner akan diupdate secara real-time, dan secara otomatis akan tersimpan didalam Google Drive kalian. So, kalo mau buka dokumen kuesioner online kalian tinggal login aja ke Google Drive dan cari file kuesioner online kalian. File Kuesioner online akan terbagi menjadi dua yaitu File Kuesionernya itu sendiri dan File respon responde. Dan kuesioner online tersimpan secara otomatis dalam Google Drive.  Semoga bermanfaat

#googleform #carabuatkuisioneronlie

No comments:

Powered by Blogger.