4 Cara Atasi Kesalahan Data Terstruktur Hatom Blog Anda

Untuk melihat ada tidaknya kesalahan  Data Terstruktur Blog Anda, salah satunya dengan Google Webmaster Tools, seperti diketahui Google Webmaster Tools merupakan alat bantu  untuk meningkatkan kinerja blog agar lebih maksimal.

Banyak fitur yang ada di Webmaster Tools salah satunya fasilitas untuk menampilkan data struktur blog. Nah dengan fitur Structured Data ini lah bisa diketahui  masalah pada blog Anda, akan tampak pada  Data Terstruktur terdapat kesalahan sehingga diperlukan langkah - langkah untuk memperbaikinya. Tentunya memperbaiki kesalahan dimaksud dapat meningkatkan kinerja blog Anda terutama dalam segi meningkatkan SEO Blog di Search Engine Google.

Biasanya  seringnya kesalahan terjadi pada data Hatom, dengan keterangan "hilang author dan hilang update", contoh pada  gambar dibawah ini.

Atasi Kesalahan Data Struktur Hatom Blog

Nah, untuk menguji atau  mengecek struktur data secara detail, digunakan Google Testing Tool. hasil dari google testing tools, jika terjadi kesalahan data struktur  akan terlihat kesalahan pada data struktur yang lain biasanya tertulis dengan kalimat merah.

Berikut ini adalah beberapa contoh kesalahan - kesalahan yang sering terjadi pada data struktur blog dan cara memperbaiki kesalahan struktur data (structured data) blog dengan Mudah

1. Perbaiki Image_url, blogId dan postId :

Cara memperbaiki,  Masuk ke Edit HTML Blog (sebelum mengedit template di backup dulu) untuk mengantsipasi ketika ada kesalahan dalam penghapusan atau penambahan kita masih bisa menggunakan backup/ cadangan template sebelumnya.

Memperbaiki Image_url :

Cari kode :  <meta expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop='image_url'/>
kemudian hapus kode image_url sehingga menjadi :  <meta expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop=''/>

Setelah itu diuji, dan apabila masih ditemukan peringatan sama setelah ada menghapusnya, sebaiknya cari kembali semua kode image_url lalu hapus.

Penulisan lainnya, biasanya dengan kode seperti ini  :
<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>
jika ada hapus kode image_url lagi sehingga menjadi :
<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop=''/>
Lalu simpan template.

2. Memperbaiki blogId dan postId :
Cari kode : <meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/> dan <meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>
Kemudian hapus semua kode tersebut, biasanya masing-masing kode ada dua, kemudian simpan template. lalu silahkan uji kembali  di Testing Tool.

3. Memperbaiki entry-title, updated dan author.
Silahkan masuk edit HTML, Cari kode hfeed dan hentry satu per satu dan mengubah semua kode tersebut yang ada di template menjadi seperti ini : h - feed dan h -entry

4. Verivikasi Profil Pengarang dan Profil Penerbit Blog
Copy kode berikut dan paste tepat dibawah kode <head>

<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='publisher'/>
lalu Simpan Template.

Apabila semua langkah sudah dilakukan, sepertinya masalah akan tertasi, namun kemungkinan juga beberapa keterangan kesalahan pada Webmaster Tool akan tetap ada biasanya pada Hilang: Author dan Hilang: Update. Nah kemungkinan juga semua akan benar-benar hilang setelah googlebot merayapi blog di sesi berikutnya.

No comments:

Powered by Blogger.