9 Tips SEO Blog Terbaru Tahun Ini, Tips No 4 Patut Dicoba

SEO (Search Engine Optimization), merupakan optimisasi mesin pencari dalam sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami dari sebuah mesin pencari (wikipedia).

Sehingga boleh dibilang SEO seperti seni yang mana hanya orang tertentu atau Anda sendiri yang mengerti dengan kreasi halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau informasi mengarah ke halaman Anda tersebut untuk  ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami.

Nah, beberapa Tips SEO terbaru yang banyak dipakai oleh para blogger  dan berdasarkan pengalaman pribadi selama berkecimpung di dunia blogger. Berikut ini beberapa tips SEO yang bisa diterapkan untuk optimalkan hasil pencarian pada mesin pencari.

1. Aktifkan Fitur SSL (Secure Socket Layer) HTTPS Blog Anda

Saat ini domain ber-HTTPS mempunyai nilai plus dimata mesin pencari, terutama Google, bagi yang menggunakan platform blogger sekarang telah ada fitur  menu on/off HTTPS untuk custom TLD dan subdomain blogspot.

Mengapa HTTPS dinilai plus oleh google? karena diyakini dapat mengamankan identitas pengguna terutama dalam pembuatan akun dan password, sehingga blog lebih mempunyai kepercayaan bagi para pengunjungnya website/ blog.


2. Gunakan Template Yang User Friendly Dan Fitur Google AMP (Accelerated Mobile Page

Website / blog yang User friendly disukai oleh banyak pencari info dan juga mesin pencarian, sebab  kenyamanan dalam membaca konten-konten dalam blog lebih diutamakan. Dengan User friendly  dapat dengan mudah  diakses oleh banyak user dari berbagai macam kalangan.

Begitu juga dengan Google AMP (Accelerated Mobile Page) merupakan fitur milik Google yang bisa dengan mudah diterapkan di website Anda. Keunggulan utamanya adalah memastikan konten dalam website Anda diakses lebih cepat dan ini merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung blog atau website.

Penggunaan CSS, JavaScript, dan HTML pada blog anda akan diminimalisir oleh AMP sehingga memerlukan waktu muat lebih sedikit, pada prinsipnya Google AMP akan membuat halaman website Anda lebih ringan.Teknisnya, di sini AMP akan menyimpan cache website terlebih dahulu. Cache inilah yang nantinya akan dimuat kembali supaya browser tidak perlu mengunduh file berulang kali untuk sekedar membuka halaman website.


3. Ciptakan Konten Artikel yang Berkualitas

Konten yang berkualitas berarti mempunyai nilai tinggi oleh google, artinya  dianggap  memuaskan pengunjung yang membacanya. Biasanya ciri-ciri artikel yang berkualitas, diantaranya  Original buatan sendiri, dan yang terpenting menjawab atas pertanyaan pengunjung blog bahkan bisa memberikan inspriasi yang positif.


4. Promosi Konten Blog

Anda bisa menggunakan banyak platform untuk mempromosikan produk blog ke publik. seperti yang dicontohkan merek - merek terkenal seperti Google, Samsung, Windows, dan lainnya, masih melakukan promosi terhadap produknya.

Tujuan promosi yang paling terasa manfaatnya yaitu branding, karena efek branding yang kuat membuat blog Anda dalam pencarian info di mesin pencari semakin unggul dalam deret di halaman pertama pencarian.

5. Optimasi Struktur Data Template

Struktur data html template yang baik berguna untuk mempermudah robot mesin pencari merayapi / membaca skema data yang kalian terapkan dalam template. Dengan begitu skema struktur template blog / website perlu dibenahi dan ditata sesuai aturan yang berlaku.

Salah satu contoh skema struktur data template yang baik adalah gambar postingan muncul di halaman pencarian google via mobile. Untuk melakukan pembenahan skema template yang SEO friendly, kalian bisa menemukan tutorialnya di webmaster google atau schema.org.

6. Memakai kata kunci yang terbaik untuk ditargetkan.
Yang pertama dan langkah yang paling penting adalah untuk menentukan kata kunci apa yang paling Anda harapkan dari pencarian search enggine, Anda harus mengetahui Niche bisnis kita, target audiens dan calon pelanggan.

Ada beberapa peralatan SEO yang tersedia di Internet untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang terbaik dan menjadikan Blog anda mempunyai SEO yang optimal. Dua sumber daya yang paling populer adalah Wordtracker dan KeywordDiscovery.com Atau mungkin anda bisa menggunakan fasilitas google.com meliputi.
  • Related searches (yang terdapat pada mesin pencari google)
  • Google trends (http://www.google.com/trends)
  • Google insights (http://www.google.com/insights/search/)
  • Google AdWords: Keyword Tool (https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal)
Baca juga : Tips SEO Cari Kata Kunci terbaik

7.  Temukan Pesaing Anda

Ini adalah sebuah fakta dan salah satu dari Tips SEO, bahwa mesin pencari menganalisa link yang masuk ke website anda sebagai bagian dari kriteria mereka untuk menentukan peringkat website anda.

Mengetahui berapa banyak link yang masuk ke website pesaing Anda akan memberi Anda gambaran tentang pesaing dan sekaligus seberapa keras anda harus berjuang. Tentu saja, Anda masih harus menemukan pesaing Anda sebelum Anda dapat menganalisis mereka.

Alat pilihan dipakai dalam hal ini adalah SEO Elite, yang melakukan penggalian melalui mesin pencari utama dengan kata kunci tidak hanya untuk memberitahu Anda siapa pesaing Anda, tetapi juga menyediakan sebuah analisis mendalam dari masing-masing pesaing.

Baca Juga : Tips Temukan Pesaing Blog Anda

8. Membuat Site Map Page

PageRank secara relatif dan berkaitan seluruh website dengan sistem pemungutan suara yang unik yang dibuat oleh Google.  Karena setiap halaman di website anda akan dihubungkan dengan sitemap, hal itu memungkinkan webcrawlers (dan pengunjung) untuk dengan cepat dan mudah menemukan konten.

Site map digunakan ketika kita harus melakukan 4 kali klik untuk sampai ke halaman produk seperti pada situs www.japung.com. Dengan menciptakan sebuah sitemap, pengguna dan mesin pencari sekarang dapat mengakses halaman apapun di situs hanya dengan dua kali klik saja.

Lebih Lanjut Baca di Tips Membuat sitemap yang SEO

 9. Optimalkan META Tags
META tags adalah kode tersembunyi yang hanya bisa dibaca oleh mesin pencari webcrawlers (juga disebut spiders). Mereka berada di dalam bagian HEAD halaman web. Sebenarnya ada 2 META tags yang sangat penting yang perlu Anda utamakan yaitu: deskripsi dan kata kunci. Meta tag meringkas tentang apa isi situs anda. Meski masih menjadi kontroversi dalam Tips SEO antara merugikan karena justru membatasi dan menguntungkan karena bisa lebih fokus, META tags masih memainkan peran instrumental dalam search engine berbasis meta. META tag yang Anda butuhkan untuk menjadi yang paling diutamakan adalah:

   1. description
   2. keywords


META tags ini mungkin sangat penting. Aku berkata "mungkin" karena SEO sebagian besar merupakan hipotesis yang disebabkan oleh perubahan algoritma dari mesin pencari. Meskipun W3C menyatakan bahwa atribut tags tidak harus berada dalam urutan tertentu, tetapi saya melihat perbedaan yang signifikan ketika saya memiliki tags dan attributes dalam penempatannya yang dibahas di sini. Satu-satunya penyimpangan dari daftar di atas adalah bahwa Title tags harus datang sebelum META deskripsi.
 
Searches related to apa sih SEO : manfaat seo cara membuat seo contoh seo fungsi seo cara kerja seo seo adalah cara menggunakan seo apa itu seo youtube

No comments:

Powered by Blogger.