Pengertian dan Jenis I/O Ports

Proses sistem komputerisasi yang meliputi, input, proses, output, dan storage, proses tersebut yang lebih dikenal dengan port, Dimana Port I/O (Input/Output) adalah gerbang konektor input/output pada komputer seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB.  Port I/O juga berguna untuk menghubungkan perangkat elektronik di luar komputer seperti seperti printer, scanner, maupun barcode reader.

Jenis port I/O secara umum:

Port Serial (COM)

adalah port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim dengan sistem serial, artinya data 8 bit dikirim bergantian dari bit 0 sampai bit 7. Dulu Serial Port menggunakan koneksi jenis DB-25 dan DB-9 Male, namun kini kebanyakan Serial Port menggunakan koneksi DB-9.


Serial Port menggunakan model transfer data serial dengan format UART (Universal Asyncronous Receiver Transmitter) yang artinya antara kedua sisi tidak ada clock sinkronisasi. Pada koneksi UART dikenal dengan 2 pin yang disebut Tx dan Rx. Tx adalah pin yang berfungsi sebagai pengirim data dan Rx adalah pin yang berfungsi sebagai penerima data.

Port Paralel (LPT)

Parallel port adalah port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim dengan sistem parallel, artinya data 8 bit dikirim langsung bersama-sama dari bit 0 sampai bit 7. Parallel port juga dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Parallel Port menggunakan koneksi jenis DB-25 Female. LPT sendiri diambil dari singkatan kata Line Printer.


Parallel Port pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 oleh Robert Howard and Prentice Robinson dari Centronics. Interfacing port dari Centronics ini kemudian dengan cepat menjadi standar industri. Parallel Port diimplementasikan pada komputer IBM pertama kali pada tahun 1981.

Parallel port dua arah mulai di pakai IBM pada tahun 1987, kemudian Hewlet Packard (HP) juga memperkenalkan versi dua arah yang dikenal sebagai Bitronics, yang dipakai pada LaserJet 4 di tahun 1992. Antarmuka Bitronics dan antarmuka Centronics kemudian digantikan oleh standar IEEE 1284 pada tahun 1994

Port USB
Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik, dan ini merupakan awal ditinggalkannya  port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play (bukan lagi Plug and Pray). Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus berkecepatan tinggi semacam IEEE 1394.

 Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:
  1. Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps (bahkan untuk versi terbaru, bisa mencapai kecepatan 480 mbps)
  2. Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
  3. Diterima secara luas, baik dari sisi hardware, software (baca: sistem operasi), ataupun pengguna
  4. Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh

Jenis-jenis Port I/O antara lain :

Port PS/2
Port Paralel (LPT)
Port Serial
Port VGA
Port USB
Port LAN
Port Modem
Port Firewire (IEEE 1394)
Port Audio

No comments:

Powered by Blogger.