Ini Dia Database MYSQL Pengertian Kelebihan Dan Kekurangannya

Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer terutama oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre atau Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. MySql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.
 



Kelebihan MYSQL
  1. Merupakan DBMS yang gratis/open source berlisensi GPL (generic public license);
  2. Cocok untuk perusahaan dengan skala yang kecil;
  3. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa menjalankan MySQL ini bahkan dengan spesifikasi hardware yang minimal sekalipun.
  4. Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi, misalnya LINUX, Windows, MacOS, FreeBSD, Solaris dan masih banyak lagi.
  5. Cepat dalam menjalankan perintah SQL/Structured Query Language misalnya ketika akan menyeleksi suatu data atau memasukkan suatu data karena MYSQL merupakan turunan dari konsep SQL.
  6. Multi user, artinya database dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  7. MYSQL memiliki antar muka/interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

Kekurangan MYSQL
  1. Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data.
  2. Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.
  3. Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
  4. Tipe Data Pada MYSQL
Tipe Data Numeric
  1.  INT, Adalah sebuah bilangan bulat berukuran normal yang dapat ditanda tangani atau unsigned. Anda dapat menentukan lebar ukuran data sampai dengan 11 digit.
  2. TINYINT, Adalah sebuah bilangan yang sangat kecil yang dapat ditandatangani atau unsigned. Anda dapat menentukan lebar ukuran data sampai dengan 4 digit.
  3. SMALLINT, Adalah sebuah integer kecil yang dapat ditandatangani atau unsigned.  Anda dapat menentukan lebar sampai dengan 5 digit.
  4. MEDIUMINT, Adalah sebuah bilangan menengah yang dapat ditandatangani atau unsigned. Anda dapat menentukan lebar sampai dengan 9 digit.
  5. BIGINT, Adalah Sebuah integer besar yang dapat ditandatangani atau unsigned. Anda dapat menentukan lebar sampai dengan 11 digit.
  6. Float (M, D), Adalah sebuah angka floating-point yang tidak dapat unsigned. Anda dapat menentukan panjang tampilan (M) dan jumlah desimal (D). Desimal presisi bisa pergi ke 24 tempat untuk sebuah Float.
  7. DOUBLE (M, D), Adalah sebuah presisi angka floating-point ganda yang tidak dapat unsigned. Anda dapat menentukan panjang tampilan (M) dan jumlah desimal (D). Desimal presisi bisa pergi ke 53 tempat untuk sebuah DOUBLE. REAL adalah sinonim untuk DOUBLE.
  8. DECIMAL (M, D), Adalah sebuah angka floating-point membongkar yang tidak dapat unsigned. Dalam membongkar desimal, desimal masing-masing sesuai dengan satu byte. Mendefinisikan panjang tampilan (M) dan jumlah desimal (D) diperlukan. NUMERIC adalah sinonim untuk DECIMAL.
Jenis Tanggal dan Waktu

DateTime, Adalah suatu kombinasi tanggal dan waktu dalam YYYY-MM-DD HH: MM: SS . Dan tipe data tersebut berukuran 8 byte.

Jenis String
  1. CHAR (M), Asalah sebuah data string yang tetap-panjang antara 1 dan 255 karakter, kanan diisi dengan spasi dengan panjang tertentu bila disimpan. Mendefinisikan panjang tidak diperlukan, tetapi defaultnya adalah 1.
  2. VARCHAR (M), Adalah sebuah Variabel string panjang antara 1 dan 255 karakter, misalnya VARCHAR (25). Anda harus menentukan panjang saat membuat bidang VARCHAR.
  3. BLOB atau TEXT, Adalah sebuah Field dengan panjang maksimum 65535 karakter. Gumpalan adalah “Objects Besar Biner” dan digunakan untuk menyimpan sejumlah besar data biner, seperti gambar atau jenis file lainnya. Fields didefinisikan sebagai TEKS juga memegang sejumlah besar data, perbedaan antara keduanya adalah bahwa macam dan perbandingan pada data yang tersimpan bersifat case sensitif pada gumpalan dan tidak case sensitif di bidang TEKS. Anda tidak menentukan panjang dengan BLOB atau TEXT.
  4. TINYBLOB atau TINYTEXT, Adalah sebuah BLOB atau TEXT kolom dengan panjang maksimum 255 karakter. Anda tidak menentukan panjang dengan TINYBLOB atau TINYTEXT.
  5. MEDIUMBLOB atau MEDIUMTEXT, Adalah Sebuah BLOB atau TEXT dengan kolom panjang maksimum 16777215 karakter. Anda tidak menentukan panjang dengan MEDIUMBLOB atau MEDIUMTEXT.
  6. LONGBLOB atau LONGTEXT, Adalah sebuah BLOB atau TEXT dengan kolom panjang maksimum 4294967295 karakter. Anda tidak menentukan panjang dengan LONGBLOB atau LONGTEXT
  7. ENUM, Adalah sebuah enumerasi, yang merupakan istilah keren untuk daftar. Ketika mendefinisikan sebuah ENUM, Anda membuat daftar item dari nilai yang harus dipilih (atau dapat menjadi NULL). Sebagai contoh, jika Anda ingin untuk memuat bidang “A” atau “B” atau “C”, Anda akan mendefinisikan Anda sebagai ENUM ENUM (‘A’, ‘B’, ‘C’) dan hanya nilai-nilai (atau NULL) pernah bisa mengisi bidang tersebut.


No comments:

Powered by Blogger.