Cara Atasi 4G LTE Hilang di Redmi 3 ROM MIUI Global 8.5.1.0

Saat setelah  update ROM MIUI 8.5.1.0 di Xiaomi Redmi 3/Pro  di menu pengaturan jaringan pada menu pilihan prioritas 4G LTE hilang, jangan panik karena hilangnya pengaturan 4G LTE di Xiaomi Redmi 3/Pro disebabkan Xiaomi telah mengunci pengaturan 4G LTE melalui software MIUI Global yang mana dirilis untuk memenuhi ketentuan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari pemerintah Indonesia. Jadi apabila Xiaomi redmi 3/pro  Anda diupdate dengan ROM MIUI 8 Gobal resmi terbaru versi diatas MIUI 8.0.2.0 biasanya pasti pengaturan jaringan 4G LTE tidak muncul/ hilang.

cara_atasi_4G_hilang_xiaomi
Setelah di Install Fix 4G Global MIUI 8, Muncul kembali jaringan 4G di Xiaomi Redmi 3/Pro

Secara hardware Xiaomi Redmi 3 sebenarnya sudah mendukung jaringan internet 4G, namun sejauh yang diketahui sampai saat ini jika Anda menggunakan MIUI versi Global maka pengaturan jaringan internet 4G LTE tidak muncul,  kondisi hilangnya sinyal 4G setelah update seperti diatas,  dapat diatasi dengan beberapa cara.

Cara atasi hilangnya Sinyal 4G Xiaomi Redmi 3/Pro, ada beberapa cara seperti berikut dibawah ini :
  • Ganti ROM Anda dengan ROM China Stable/Developer, umumnya mengunakan ROM China ini sinyal 4G akan kembali muncul.
  • Lakukan Downgrade ke MIUI 7 Globa, dengan downgrade ke MIUI 7 sudah pasti akan muncul sinyal 4G.
  • Namun,jika Anda merasa sudah terlanjur update ke misal ROM 8.5.1.0 ingin tetap menggunakan ROM MIUI 8.5.1.0, sebaiknya instal fix 4G melalui TWRP Custom Recovery.
Misal Contohnya Xiaomi Redmi 3 Anda terlanjur diupdate secara normal (karena mendapat paket update dari xiaomi)  yaitu update  ROM MIUI 8.5 Stable versi 8.5.1.0. (LAIMIED) dan atau setelah melakukan flashing, Anda mendapatkan jaringan 4G tidak muncul dan melihat dipengaturan jaringan seluler Xiaomi Anda  ternyata tidak ada pilihan untuk mengaktifkan 4G LTE.

Nah,  jika Anda menemui kejadian seperti diatas tadi yaitu  hilangnya jaringan 4G xiaomi redmi 3/pro Anda setelah melakukan update ROM MIUI 8.5.1.0, untuk mengatasinya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memunculkan kembali pengaturan 4G LTE pada Xiaomi redmi 3/Pro yang hilang.


Persyaratan, Peralatan dan Software diperlukan :
  • Syarat utama Xiaomi redmi 3/Pro Anda harus sudah kondisi Terbuka (Unlock), Jika belum terbuka,  segera minta (request) Unlock ke xiaomi dengan cara masuk ke laman http://en.miui.com/unlock/   isi form beserta alasannya lalu kirim dan tunggu balasan persetujuan unclock untuk perangkat Anda dari xiaomi
  • Tentunya gunakan personal komputer (PC) dengan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, dan 10 (64 bit).
  • Download TWRP Custom Recovery  untuk Redmi 3/Pro.
  • Download Fix_LTE_MIUI8.zip
  • Atau software yang di download sesuaikan dengan perangkat Anda.
  • Bagi pengguna OS Windows 10 Disable driver signature enforcement Windows Anda terlebih dahulu.
(Peringatan! Backup Data sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini Dan Resiko ditanggung Sendiri apabila timbul kerusakan)

Langkah - Langkah atasi jaringan 4G xiaomi redmi 3/pro hilang  :

Jika Xiaomi Anda belum terpasang TWRP, Install terlebih dahulu TWRP ke perangkat Xiaomi Anda dengan cara :
  • Ektrak file hasil download TWRP recovery diatas, hasil ekstrak membentuk folder TWRP dan beberapa file  untuk install TWRP recovery.
  • Segera off  Xiaomi Redmi 3/Pro lalu masuk ke Fastboot Mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Down dan Power secara bersama.
  • Masih dalam mode fastboot, hubungkan Xiaomi Redmi 3 ke komputer menggunakan kabel data (usahakan gunakan kabel data yang  original / berkulitas) sebelumnya  pastikan juga di Device manger Windows Anda sudah terdapat ports(com & LPT) qualcomm HS-USB QDLoader 9008.
  • Lalu kembali ke folder TWRP yang sudah didownload dan diekstrak tadi, Cari di folder TWRP dan klik file bat Ê++³-ó+Ùrecovery(ðÞʬ¤+¢Ôbl-°).bat , setelah di klik maka akan muncul jendela CMD Lalu tinggal enter dan tunggu proses file bat tersebut, lalu enter setiap selesai dan jeda (kurang lebih 4 x Enter) seperti gambar berikut ini :  

  • Setelah sukses, perangkat akan reboot otomatis masuk ke TWRP Recovery Mode Anda bisa reboot perangkat dan masuk ke perangkat Anda dengan normal.
  • Sampai disini berarti langkah install/pasang TWRP recovery ke perangkat xiaomi Anda telah berhasil dan perangkat Anda.
Langkah Install / Pasang File Fix Global 4G di Xiaomi Redmi 3/Pro ROM MIUI 8.5.1.0 
  • Jika xiaomi redmi 3/pro Anda telah terpasang TWRP, Hidupkan  Xiaomi Anda secara normal, lalu hubungkan perangkat Anda dengan PC, copy file Fix_LTE_MIUI8.zip  ke internal storage xiaomi Anda (jangan dimasukkan ke dalam folder tapi diluar saja).
  • Setelah itu xiaomi Anda Off-kan kembali, lalu hidupkankan  kembali dengan cara tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersama (sampai terasa getar), ini fungsinya  untuk masuk ke menu TWRP pada xiaomi Anda. Apabila sudah berhasil masuk  akan muncul menu TWRP di xioami Anda seperti ini :

  • Rubah Bahasa TWRP menjadi bahasa Inggris (bila masih memakai bahasa selain English),  dengan cara klik tombol sebelah kanan lalu gulir ke bawah lalu pilih English dan Swipe.
  • Hubungkan Xiaomi Redmi 3 ke komputer lalu copy file Fix_LTE_MIUI8.zip ke internal storage perangkat xiaomi Anda (jangan dimasukkan ke dalam folder).
  • Lalu pilih dan klik Install pada menu TWRP dan arahkah ke file Fix_LTE_MIUI8.zip yang sudah di copy dan tersimpan ke internal perangkat xiaomi Anda lalu  Swipe untuk flash
  • Tunggu sampai selesai lalu Wipe Cache,
  • kemudian tekan  Reboot dan tunggu Xiaomi Redmi 3 Anda sampai selesai reboot, proses reboot biasnaya  agak lama kurang lebih 5-10 menit loading proses.
  • Setelah proses reboot berhasil perangkat xiaomi Anda akan masuk secara normal, kemudian      cek dan  pilih  pengaturan tipe jaringan prioritas, sampai disini seharusnya pilihan prioritas LTE sudah muncul. 
  • Anda juga bisa mencoba setting 4G xiaomi redmi 3/pro anda dengan cara mengetikan kode tertentu Cara Atasi Sinyal 4G hilang dengan Kode Di Smartphone Anda
Demikianlah cara mengatasi jaringan 4G tidak muncul setelah update ROM MIUI 8.5.1.0

No comments:

Powered by Blogger.