Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Harddisk

Mengenal Fungsi Motherboard, Processor, Memori dan Harddisk ini adalah sebuah artikel komputer Mari kita bahas satu persatu.

Fungsi Motherboar Motherboard adalah sebuah komponen komputer yang terdiri dari papan elektronik dan tertanam berbagai macam komponen-komponen elektronik, chip dan slot. Pada motherboard inilah nantinya komponen komputer lainnya seperti memori, VGA Card, Sound Card dan lain sebagainya akan tertanam. Jadi motherboar adalah induk dari semua komponen komputer, termasuk didalamnya tertanam processor. Jadi untuk mendukung kinerja sebuah komputer diperlukan motherboard yang berkualitas.

Fungsi Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Dari pengertian tersebut maka banyak khalayak yang menyebut processor sebagai otaknya komputer. Semakin cerdas otak sebuah komputer maka semakin cerdas juga kerja sebuah komputer. Semakin bagus sebuah processor juga akan semakin cepat komputer dalam melakukan pemorsesan data.

Fungsi Memori Kalau saya mengibaratkan maka memori pada komputer yang berupa kepingan ini adalah sebagai asisten dari processor. Fungsinya sebagai penyulai tenaga terhadap performen komputer. Sebab setinggi apapun kekuatan processor yang digunakan tidak akan berjalan secara efektif tanpa didukung oleh memori yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang tinggi pula. Kekuatan dari komputer akan digunakan saat kita menjalan aplikasi-aplikasi pada komputer. Komputer seperti sekarang yang bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau multi task, maka memerlukan memori yang handal. Memori bisa disebut juga sebagai penyimpan data sementara yang kemudian akan dikirim ke penyimpanan sebenarnya yaitu harddisk.

Mengenal Fungsi Hardisk yang sebenarnya tempat menyimpan data hasil olehan kita pada komputer. Sementara ini ada kesimpangsiuran tentang memori dan hardisk. Para pengguna komputer awam beranggapan bahwa memorilah yang menyimpan data pada komputer. Memang antar hardisk dengan memori pada dasarnya sama-sama memori, tapi berbeda fungsi. Memori pada komputer berfungsi untuk mendukung akselerasi komputer sedangkan hardisk adalah untuk penyimpanan data pada komputer. Jadi semakin besar kapasitas hardisk yang dimiliki akan semakin banyak data yang dapat kita simpan. Saat ini ukuran minimal sebuah hardisk adalah 120 GB, sebuah ukuran yang cukup untuk menyimpan banyak data film baik VCD maupun DVD.

Semoga bisa menambah wawasan

2 comments:

Powered by Blogger.