Ketahui Tentang Kabel Coaxial Sebagai Penghubung Antenna

Kabel Coaxial atau disebut Koaksial , digunakan untuk menghubungkan antenna dengan peralatan pemancar atau penerima dimana kabel ini mempunyai impedansi spesifik, seperti yang digunakan dalam wireless LAN dengan menggunakan kabel coaxial dengan impedansi 50 ohm. Selain itu juga bisa sebagai penyambung televisi danuntuk membangun suatu jaringan komputer.

Beberapa komponen dan bagian yang terdapat pada kabel Coaxial ini, antara lain:
  1. pada bagian kabel Coaxial terdapat kabel tembaga yang berada di tengah, dimana kabel tersebut berfungsi sebagai media pengantar aliran listrik.
  2. lapisan plastik, lapisan ini berfungsi sebagai pemisah antara kabel tembaga dan lapisan metal yang membalutnya .
  3. lapisan metal, lapisan ini berfungsi sebagai pelindung untuk bagian inti dari kabel, dan juga berfungsi sebagai  pelindung dari pengaruh gelombang elektromagnetik dari luar.
  4. Lapisan plastik terluar, pada bagian ini adalah bagian yang melindungi keseluruhan komponen kabel yang berada di dalam, dan juga bagian yang langsung berhubungan dengan tangan manusia.
  5. Salah satu jenis saluran transmisi ini, yang secara praktis mempunyai bidang aplikasi yang luas.  Dari  struktur penampang  kabel, terdapat tiga  komponen utama:  penghantar dalam, penghantar luar dan  dielektrik pengisolir  kedua penghantar tersebut.

Kelebihan kabel jenis ini bila dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber optik, kabel coaxial memiliki kisaran harga yang lebih murah, Jangkauan serta kecepatan transmisi yang dimiliki oleh kabel Coaxial lebih tinggi, meskipun masih memiliki beberapa batasan-batasan jangkauan tertentu.

Teknologi yang dimiliki dan diterapkan pada jaringan kabel Coaxial masih terbilang sangat umum dan mudah dipahami. Namun, di kabel jenis ini  merupakan komponen yang paling mematikan dalam instalasi wireless Internet  karena memiliki redaman. Pada tabel di bawah diperlihatkan redaman dari beberapa jenis coax pada frekuensi 2.4GHz. 


No comments:

Powered by Blogger.