Tips Membuka Sheet File Excel Yang Di Protect Tanpa Bantuan Aplikasi

Salah satu cara untuk mengamankan file Office Excel,  agar tidak bisa diubah datanya leh sembarang orang maka biasanya di lakukan proteksi dengan memberi password, sehingga sheet excel tersebut hanya berbatas orang tertentu yang tahu password yang bisa mengEdit atau mengubahnya. Lalu bagaimana jika suatu saat kalian lupa akan password tersebut? Sehingga  kesulitan untuk kembali mengubah (edit) file Office Excel. Jangan khawatir karena disini akan dibagi cara mudah untuk tetap bisa menggunakan file  Excel tersebut tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tips, seperti langkah berikut ini :

Pertama : Tentukan target file excel yang telah di protek dengan diberi password, Contoh Ffile disini bernama "Hitung Jembatan", pada sheet1 file "hitung jembatan" telah diberi password saat hendak diedit akan meminta password, seperti digambar ini  :



Kedua : Untuk menghilangkan proteksi password diatas, pertama kalian harus me rename file HITUNG JEMBATAN.XLSX menjadi HITUNG JEMBATAN.RAR (menjadi file winRAR), seperti gambar dibawah ini :


Nah, dari file HITUNG JEMBATAN.RAR Ini lah kita akan hilangkan password pada sheet1 tersebut.

Ketiga, Kalian buka HITUNG JEMBATAN.RAR, kemudian klik folder XL -> Woorksheet didalam forlder worksheet terisi file Sheet1 dan Sheet2 seperti pada gambar dibawah ini :


Bukalah file sheet1.xml dengan menggunakan notepad, lalu setelah terbuka, carilah tulisan "<sheetprotection algoritmaName=........ />" , kemudian kalian hapus. Lalu "save" dan copy kembali file sheet1.xml ke folder worksheet tadi. lalu exit jendela winrar.

Kelima : Setelah itu kalian rename kembali HITUNG  JEMBATAN. RAR Menjadi HITUNG JEMBATAN.XLSX (menjadi file dokumen excel) seperti gambar dibawah ini, sampai disini berarti proses  telah selesai.

Nah, jika tidak ada kesalahan dari langkah - langkah diatas, kalian sudah bisa membuka dan mengedit file HITUNG JEMBATAN.XLSX tanpa password.

No comments:

Powered by Blogger.