Tips Aman Pakai Zoom Hadapi Serangan Peretas 'Zoombombing'

Akhir - akhir ini banyak pengguna Zoom dikagetkan dengan info yang menyatakan platform video conference itu ternyata memiliki banyak celah masalah keamanan privasi. Namun  demikian, Zoom masih digunakan banyak orang dan terus jumlah penggunanya meroket selama kondisi ini. Sebenarnya semua hal yang terkait dengan dunia maya di internet pasti memiliki risiko, termasuk juga dalam menggunakan aplikasi Zoom.



Dalam hal ini, isu permasalahan yang muncul dalam pemakaian Zoom, yaitu peretasan pada saat melakukan meeting online zoom yang dikenal denga zoombombing. Istilah zoombombing dimaksudkan ketika ada penyusup yang mengganggu kegiatan meeting kalian, atau bahkan informasi dalam meeting bisa bocor ke orang lain.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Zoom agar tetap aman dan tidak mudah diretas oleh pihak lain, antara lain :

Pertama, Sebisa mungkin,  jangan menggunakan Personal Meeting ID untuk rapat. Kalian sebenarnya, disini  bisa membuat ID khusus untuk setiap pertemuan atau video meeting. Cara membuat ID khusus di Zoom untuk keamanan ekstra bisa lihat DISINI

Kedua, Untuk mencegah ZoomBombing , Aktifkan fitur "Waiting Room" sehingga kalian dapat melihat siapa yang mencoba bergabung dengan rapat, sebelum mengizinkan mereka mengakses. Untuk mengaktifkan fitur Waiting Room,  Buka account management dan pengaturan akun, dan scroll ke bawah ke opsi 'Waiting Room' lalu aktifkan . 


Ketiga, Setelah pengaturan "Waiting Room" diaktifkan, pilih siapa saja yang bisa menghadiri misalnya : 
  • 'All Participants'
  • menempatkan semua orang di ruang tunggu secara default, 
  • dan 'Guest Participants Only'  
  • menambahkan orang-orang di berbagai akun Zoom atau yang tidak masuk ke ruang tunggu. 
  • Kalian juga dapat mengizinkan peserta lain untuk menerima orang dari 'Waiting Room'
Keempat, Setelah diaktifkan, Waiting Room juga dapat diatur untuk pertemuan tertentu. Untuk melakukan ini, jadwalkan pertemuan terlebih dahulu di opsi 'Schedule Meeting',



Kelima, manfaatkan secara maksimal, peran admin (host) diperlukan disini untuk antisipasi serangan peretas, seperti :
  • Megendalikan Waiting Room, 
  • Memilih 'Manage Participants'
  • Sementara opsi 'More' akan memberikan beberapa opsi, termasuk memasukkan seseorang ke 'Waiting Room'
  • Setelah pertemuan dimulai, calon peserta rapat dapat diterima dari daftar tunggu di bawah 'Manage participants' (kelola peserta). 
  • Atau, seluruh yang ada di 'Waiting Room' dapat diterima sekaligus  Dengan mengklik 'More' pada 'Video Participants' mereka dapat dikirim ke 'Waiting Room' selama panggilan. 

Video Cara Install Zoom Cloud Meetings
 

No comments:

Powered by Blogger.