Cara Menggunakan Google Classroom | Buat Kelas, Join Class, Kirim Tugas

Disaat stay at home tidaklah menghentikan proses belajar mengajar secara keseluruhan, karena  kegiatan tersebut hanya pindah, dari kontak fisik ke platform online. Nah, salah satunya platform yang populer digunakan untuk proses belajar online yaitu Google Classroom, mungkin dikarenakan  platform ini tidak hanya mudah digunakan, namun juga memiliki banyak fitur yang mendukung proses belajar mengajar secara online.

Dengan google classroom, para pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat dalam class online.  Platform Google Classroom tidak hanya tersedia melalui situs web saja, tetapi juga dalam bentuk aplikasi yang bisa dipakai pada smartphone, tablet, iPhone, dan iPad.



Nah, bagi kamu yang masih bingung menggunakan platform gratis bernama Google Classroom ini, japung.com akan memberbagi langkah -langkah mudah  di bawah ini.
  • Pertama, tentunya kalian harus memiliki akun Google atau Gmail.
  • Kemudian, Buka browser Chrome, lalu ketik situs classroom.google.com. Untuk yg berbasis aplikasi bisa download di Google Play Store atau Apple Apps Store.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta memilih akun Google atau Gmail yang akan digunakan untuk mengakses Google Classroom, Klik Get Started, dan pilih email Google yang ingin kamu pakai. 
  • Setelah masuk,  Klik ikon tanda plus (+) di pojok kanan atas, yang nantinya akan muncul dua pilihan: 'Join Class' dan 'Create Class'. Di sini biasanya dosen atau guru akan membuat kelas dengan memilih 'Create Class'. Sementara para pelajar atau mahasiswa memilih 'Join Class' dengan memasukkan kode kelas yang dibagikan oleh si pengajar.
  • Nah Sebagai Guru untuk membuat kelas, Kalian  klik 'Create Class', kalian akan diminta untuk mengisi Class name, Section, Subject, dan Room. Setelah terisi, maka kelas buatan kamu telah tersedia. Ada kode yang bisa dibagikan kepada pelajar untuk ikut bergabung di kelas yang kamu buat.
  • Untuk membuat tugas, kamu bisa ke bagian Classwork dan klik '+ Create'. Kamu dapat memberikan tugas dalam bentuk foto, dokumen, PDF, atau tulisan langsung di Google Classroom.
    Pembuatan tugas di Google Classroom juga terintergrasi dengan G Suite, seperti G Docs, G Slides, G Sheets, dan lainnya. Pelajar juga bisa mengerjakannya di luar Google Classroom, baru kemudian diunggah file-nya kembali.
CARA INSTALL GOOGLE CLASSROOM DI HANDPHONE DAN LAPTOP / PC
Searches related to CARA PAKAI GOOGLE CLASSROOM cara menggunakan google classroom untuk siswa cara menghapus kelas di google classroom cara membuat tugas di google classroom journal google classroom google classroom download tutorial google classroom google classroom outline google classroom for students

No comments:

Powered by Blogger.