Mau Banjir Traffic Video Youtube Anda ? Pakai Tips Ini !!

Beberapa pengalaman para mastah, biasanya memberi saran untuk mendatangkan traffic channel youtube harus optimalkan judul, deskripsi, tags. Tapi diluar itu, ada beberapa hal lain yang bisa anda pakai untuk meningkatkan traffic dari youtube.

Nah kali ini yang dibagi tips yang berbeda, berdasarkan pengalaman, membangun channel sendiri,
yang biasa digunakan agar video kita direkomendasikan oleh youtube :


Pertama, JUDUL YANG MEMBUAT PENASARAN
Biasanya buat "judul yang menarik" yang disarankan oleh para mastah, namun sepanjang pengalaman ternyata sekedar "judul menarik" tidaklah cukup, jadi anda harus buat judul yang MEMBUAT PENASARAN, ini untuk manfaatkan emosi penonton, saya sendiri masih penasaran dan tahu trik inipun saat baca judul video itu hanya menggunakan judul clickbaiting, tetap aja mengklik video tersebut karena judulnya.
Kedua, DESKRIPSI
Deskripsi itu penting, nah,  ada beberapa tips yang bisa dipake untuk deskripsi, white hat, atau gray hat.

  1. Masukkan judul di awal dan akhir deskripsi
  2. Masukkan deskripsi berbentuk artikel dengan keyword
  3. Masukkan link subscribe dengan shorten url (pake aja goo.gl)
  4. Masukkan link social media (google+, facebook, twitter, instagram)
  5. Masukkan tags di deskripsi (gray hat, kadang bisa dibanned, use with your own risk)
  6. Masukkan link wikipedia mengenai topik yang anda buat di akhir deskripsi (sebelum judul di akhir deskripsi)

Ketiga, TAGS
Pada bagian tags, banyak mastah yang pake google keyword planner, ada yang pake keywordtool.io, dan beberapa keyword lainnya, terserah masing-masing. Sebagai saran ini penting yaitu  masukkan nama channel anda sebagai tags pertama, karena ini yang akan jadi acuan tags channel anda sehingga pada saat orang menonton salah satu video anda, video anda yang lainnya akan muncul di sidebar recommended di sebelah kanan youtube

Keempat, THUMBNAIL
tidak banyak orang tahu bahwa images juga bisa dioptimasi, caranya klik kanan gambar thumbnail anda, lalu masuk ke properties, masuk ke tab details. di bagian DESCRIPTION, ubah Title, Subject, Tags dan Comment sesuai dengan video anda (title diisi judul, subject diisi deskripsi singkat, tags diisi tags), lalu tekan APPLY

lalu hal yang penting, buatlah THUMBNAIL yang konsisten dan professional. Konsisten itu maksudnya dari segi design (penggunaan warna, font, format thumbnail). sebisa mungkin masukkan salah satu dari 3 elemen krusial, yaitu gambar orang (gambar anda sendiri klo misalnya anda gamer, atau gambar orang berlari kalo nichenya sport, dan sebagaianya ), gambar perempuan atau bayi (untuk clickbaiting), dan gambar object zoom (kalo misalnya nichenya mobil, gambarnya mobil di zoom).

pada kasus lain, banyak juga yang pake thumbnail dengan lingkaran dan tanda panah warna merah. atau thumbnail yang berlebihan (misalnya video tentang para pesulap terbaik, thumbnailnya ada gambar orang nyolok hidung tembus ke mata, yang sudah jelas itu editan photoshop)

Kelima, NAMA VIDEO
seperti halnya thumbnail, pada saat mengupload video, nama video juga bisa dioptimasikan, juga bisa dikasih deskripsi, tags, dsb. caranya sama seperti thumbnail diatas.  

Hal - hal lain yang penting untuk diperhatikan  :

Setiap kali meng-upload video baru ke YouTube, Anda memiliki kesempatan untuk mengisi bagian kotak deskripsi.Banyak marketer yang mengabaikan fitur ini, padahal manfaatnya cukup ampuh untuk mendapatkan traffic.

Untuk melakukannya, Anda bisa mencantumkan 5-6 kata Call-to-Action (CTA) pada bagian awal deskripsi, lengkap dengan URL dari website Anda. Misalnya seperti, “Dapatkan Subscriber Lebih Banyak di [alamat URL]”. Jangan lupa menggunakan (http://) agar viewers bisa langsung meng-klik-nya dengan cepat dan mudah. Setelah itu, masukkan 1-2 paragraf untuk mendeskripsikan video Anda.
Keywords Pada Judul Video

Sebelum video Anda ditonton oleh banyak orang, Anda harus memastikan bahwa video tersebut mudah ditemukan.

Sama seperti Google, YouTube juga menggunakan keywords untuk menentukan penemuan video. Oleh sebab itu, cantumkan keywords yang relevan pada judul video Anda.

Misalnya, Anda hendak meng-upload video tentang cara merawat sepatu kulit. Daripada hanya menuliskan judul “Merawat Sepatu Kulit”, Anda bisa menggantinya dengan “Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis dengan 5 Langkah Mudah”.Dengan begitu, peluang bagi video Anda untuk muncul di bagian atas hasil pencarian YouTube akan semakin besar.

Cara ini bisa dibilang merupakan yang paling mudah, tapi justru paling sering diabaikan. Pada setiap video yang di-upload, Anda harus mengatakan CTA (Call To Action) secara spesifik dan beri tahu bagaimana viewers dapat mengakses website Anda, serta keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dari hal tersebut.

Tidak perlu banyak berkata-kata, Anda bisa melakukannya dengan dialog sederhana seperti, “Terima kasih telah menonton video saya”.

Semakin banyak views, semakin besar peluang untuk mendapatkan traffic. Komunitas online seperti LinkedIn dan Quora dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk menjaring banyak views.

Perlu diingat bahwa mayoritas komunitas tidak suka jika ada seseorang yang meletakkan link konten mereka secara berlebihan, tetapi biasanya mereka lebih terbuka pada orang-orang yang berbagi video bermanfaat.

Jumlah views juga berpengaruh pada ranking hasil pencarian. Jadi, jika bisa mendapatkan banyak views, peluang untuk mendapat ranking teratas akan semakin tinggi pula.

Traffic merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan kampanye digital marketing. Semakin banyak jumlahnya, semakin besar tingkat konversi yang didapat, sehingga berpengaruh juga pada penjualan.

Semoga cara di atas bisa membantu Anda untuk memaksimalkan YouTube untuk mendapatkan traffic menuju website.

No comments:

Powered by Blogger.