Cara Cek Seberapa Persen Gerhana Matahari Tampak Di Lokasi Anda

Gerhana Matahari merupakan kejadian terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke Bumi, ini akibat dari dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan biasanya ini terjadi pada saat fase bulan baru.

Peristiwa Gerhana Matahari, seperti salaha satunya yaitu Gerhana Matahari Cincin yang terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dimana mengakibatkan,ketika saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Nah, jika ada peristiwa gerhana Matahari terjadi dan untuk dapat mengetahui seberapa tampak gerhana terjadi didaerah anda, berikut ini salah satu cara cek penampakan peristiwa gerhana matahari di lokasi atau di daerah anda.

 Caranya :

Pertama,  Bukalah pada browser perangkat komputer anda, lalu ketikan pada alamat browser yaitu : https://www.timeanddate.com/eclipse/map/2019-december-26 seperti tampak gambar dibawah ini atau untuk melihat gerhana lainnya bisa klik tautan ini  https://www.timeanddate.com/eclipse/list-solar.html :



Kedua, pada bagian Search for location masukan nama daerah/kota tempat anda tinggal,sehingga nantinya akan fokus ke lokasi dimana anda berada, akan tampak informasi terkait penampakan gerhanan matahari di lokasi anda.

 Ketiga, Untuk melihat pergerakan bulan dan matahari saat terjadinya gerhana matahari, anda bisa mng-klik pada "See animation of how it will look"  dihalaman ini akan tampak animasi pergerakan matahari dan bulan dan bumi. seperti pada gambar dibawah ini :


Selesai, semoga bermanfaat

Search related :
Detik-detik Gerhana matahari cincin 2019,Daftar daerah yang dilewati gerhana matahari cincin,25 Lokasi di Indonesia yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin Hari Ini,cara melihat gerhana matahari,kacamata khusus atau teropong, live streaming Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). link live streaming gerhana matahari cincin 2019

No comments:

Powered by Blogger.