Pesawat Jatuh Penyebab Umumnya Ini Dia Penjelasannya Dan Spesifikasi Boeing 737 Max 8, Pesawat Lion Air yang Jatuh

Penyebab jatuhnya pesawat umunya seperti yang dimuat pada laman kompasiana yang memuat  kejadian dibelahan dunia, berdasarkan penyelidikan dan pengalaman selama ini yang dikupas  pada  rblaw.net, dan dengan catatan kecelakaan pesawat dari planecrashinfo.com serta sumber lainnya, ternyata ada 5 penyebab  umum terjadinya kecelakaan suatu pesawat.

1. Kelalaian Pilot.

Kelalaian pilot masih dianggap sebagai penyebab utama terjadinya sebuah kecelakaan. Hampir setengah kecelakaan yang terjadi dikaitkan dengan ini, baik kesalahan pilot dalam mencermati perubahan cuaca, faktor mental dan kejiwaan, maupun kesalahan teknis lainnya seperti saat takeoff dan landing. Tahun 1976, pesawat jatuh di Afrika Selatan karena pilot mengalami serangan jantung sementara co-pilot tak bisa mengendalikan pesawat dengan baik. Sementara tahun 2002,  pesawat milik Laooagint.maskapai juga jatuh karena pilot dan co-pilot tidak memeriksa katup bahan bakar.

2. Masalah teknik.

Penyebab kedua terjadinya kecelakaan pesawat dikaitkan dengan masalah teknik. Menurut rblwa.net, 22% penyebab kecelakaan dipicu masalah teknis. Umumnya dikaitkan dengan desain pesawat yang gagal menghadapi cuaca ekstrim. Tahun 1982, pesawat milik maskapai Aeroflot jatuh di Rusia karena adanya kesalahan pada sistem peringatan dini yang menyebutkan adanya indikasi kebakaran di kedua mesin sehingga pilot dan kru panik. Padahal kedua mesin berfungsi baik.

3. Cuaca buruk.

12% kecelakaan pesawat menurut rblwa.net disebbkan oleh cuaca buruk. Badai, petir dan kabut dituding sebagai penyebab utamanya. Tahun 2007, pesawat Adam air jatuh diperairan Majene, Sulawesi Barat.  Hasil dari penyelidikan menyebutkan, Adam air mengalami kerusakan alat bantu navigasi Inernal Reference System akibat cuaca buruk. (dikutip dari kompas oleh teguhtimur.com) sebelumnya tahun 2000, sebuah pesawat milik maskapai Wuhan Al, China, jatuh setelah disambar petir yang menyebabkan pesawat meledak di udara.

4. Sabotase.

Sabotase memilki andil sekitar 9% dari semua kecelakaan pesawat. Kasus yang paling menonjol adalah sabotase atas tiga pesawat untuk ditabrakkan ke Pentagon dan gedung kembar WTC pada  11 September 2001. Jumlah korban yang ditimbulkannya mncapai ribuan orang dan mendapat perhatian yang luas dunia inernasional.Kejadian teranyar tanggal 17 Juli 2014 lalu di mana sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Malaysia ditembak jatuh saat melintasi wilayah udara Ukraina.

5. Human Error Lainnya.

Sekitar 7% kecelakaan pesawat menurut rblwa.net juga disebabkan  oleh kesalahan manusia lainnya. Tak hanya kesalahan itu disebabkan oleh pilot, tapi juga oleh penumpang. Pengendali lalu lintas udara juga turut andil dalam persentase ini. Tahun 1997, pesawat garuda nomor penerbangan GA 152 jatuh di Sibolangit , Sumatera Utara mengakibatkan 234 orang tewas. Penyebabnya karena Air Traffic Control dianggap salah mengarahkan pesawat yang terjebak cuaca buruk.

Selain 5 penyebab kecelakaan pesawat secara umum tersebut, masih banyak faktor lain yang turut diperhitungkan. Misalnya migrasi burung. Sebagai contoh, pernah pesawat Amerika Serikat jatuh karena menghantam puluhan ribu  burung jalak setelah  lepas landas. Sementara tahun 2009, kedua mesin pesawat US Airways tak berfungsi setelah bertabrakan dengan  migrasi angsa Kanada. Pesawatpun jatuh. Ada juga pesawat yang jatuh karena pilotnya ketiduran, mengantuk, dan mendapat serangan jantung. Namun, kejadian paling unik konon terjadi tahun 1979. Sebuah Pesawat milik Pakistan terbakar dan jatuh. Penyebabnya karena kompor minyak tanah seorang penumpang mengalami kebocoran!

Nah, berkaitan dengan lion air yang hilang kontak masih menunggu hasil keterangan resmi dari pihak yang berwenang.

Pesawat Lion Air JT-610dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di sekitar Tanjung Karawang, Jawa Barat, merupakan  pesawat Boeing 737 Max 8.

Seperti yang dimuat pada laman dream co.id, Penggunaan pesawat ini diumumkan Lion Air pada Juli 2017. Lion Air mengklaim pesawat Boeing 737 Max 8 bisa terbang lebih lama tanpa mengisi bahan bakar dengan jangkauan terbang mencapai 7 jam 30 menit.

Diklaim pesawat ini memiliki fitur double winglet. Mesin Boeing 737 Max 8 mampu meredam suara mesin sebesar 40 persen. Selain digunakan untuk Lion Air, tiga unik pesawat itu juga akan digunakan untuk Malindo Air di Malaysia.

Pesawat Boeing 737-Max 8 punya bobot kosong yang lebih ringan dan berat lepas landas maksimum yang lebih ketimbang A320neo. Bobot maksimat pesawat ini menjapai 82 ton.
Sementara untuk kecepatan, pesawat ini mampu mencapai 842 kilometer per jam, atau 0,70 mach.

Dijelaskan dalam info sumber lain , Boeing 737 MAX 8 didesain sebagai pesawat yang efisien bahan bakar dan nyaman bagi penumpang dengan suasana kabin yang lebih senyap.

Ujung mesin CFM LEAP-1B di pesawat B737 MAX didesain bergerigi untuk mengurangi suara bising yang keluar dari mesin pesawat. (Airways Magazine)
Bahan bakar 737 MAX juga diklaim lebih hemat 20 persen dibanding generasi 737 saat ini (737 NG).

737 MAX akan meningkatkan kemampuan varian B737 Next Generation (NG) dengan daya jelajah terbang 340-570 mil laut lebih jauh, menjadi 3.500 mil laut (6.500 km).


key search : pesawat jatuh hari ini,lion air lost kontak,Pesawat Lion Air JT 610 hilang kontak usai lepas landas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.detik pesawat jatuh perawaain kerawang,lion air C/S PK-LQP Flight #lion air, serpihan diair,jumlah penumpang korban,Detik-detik penerbangan dan menghilangnya pesawat Lion Air JT 610 terekam dalam rute dan data di aplikasi Flightradar24,Foto: Puing-puing Lion Air Kembali Ditemukan,Captain Bhavye Suneja. Pilot #spesifikasi b737 max-8 #profil pesawat b737,Evakuasi Korban Pesawat Lion Air #boeing jatuh lagi #lion air jatuh #pesawat jatuh #tanjung karawang #basarnas ,identifikasi korban,pesawat lion air jatuh detik detik lost kontak,video amatir, petir juga menyambarpesawat terbang

1 comment:

  1. Hi there, everything is going well here and ofcourse every
    one is sharing information, that's genuinely good, keep up writing.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.