Cara Ketahui Ban Mobil Anda Tidak Seimbang

Terkadang kita merasa jalannya mobil tidak seimbang, tentunya membuat perasaan menjadi was-was dan tidka nyaman, ini biasanya salah satunya  karena ban yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan ban dapat menyebabkan kerusakan, tidak nyaman dalam berkendraan dan ini termasuk juga pada kendaraan baru untuk itu perlu Anda mengidentifikasi gejala ban yang tidak seimbang.

Untuk  mengetahui  gejala Ban Tidak Seimbang Pada Mobil Anda sangatlah  mudah, ban mobil yang tidak seimbang akan terasa  saat  mengendarai mobil. Selanjutnya,  segeralah memperbaiki  masalahnya  setelah anda merasakan  gejala ban yang tidak seimbang, karena jika dibiarkan akan  berpengaruh terhadap  stabilitas dan kinerja mobil.


Inilah 5 gejala pada mobil yang ditimbulkan oleh ban tidak seimbang, yaitu :

1. Telapak Ban Aus Tidak Merata

Seringlah memeriksa keausan ban,, jika ban aus ini akan tampak pada  telapak ban  mobil Anda yang tidak normal, nah itu sebenarnya adalah petunjuk yang mengindikasikan tingkat ban yang tidak seimbang. Oleh karena itu, kami menyarankan pemeriksaan visual terhadap ban mobil anda sesering mungkin.

Jika Anda melihat bagian sisi ban lebih aus  dari pada yang lain, ini menunjukkan ban mobil anda  tidak seimbang. Mengganti ban dengan yang baru adalah menjadi solusi terbaik,  tetapi anda juga merotasi dengan ban yang lain  sebagai perbaikan sementara. Dan jangan lupa untuk menyeimbangkan ban segera setelah Anda memasang yang baru.

2. Bantalan Yang Rusak Dan Guncangan Buruk

Bearing dan guncangan buruk juga merupakan salah satu indikasi yang mengarah ke ban mobil yang tidak seimbang. Bearing dan guncangan ini biasanya terjadi dalam kondisi ekstrem atau ketika mobil anda berfungsi diluar kewajaran ( mengangkat beban yang berlebih ). Anda harus mengambil tindakan segera terhadap gejala-gejala ban yang tidak seimbang ini untuk mencegah kerusakan lebih parah  pada mobil anda.

Guncangan tiba-tiba juga akan menghambat kinerja mobil seiring dengan jarak yang ditempuh. Jika Anda tidak menyelesaikan masalah ini segera, Anda mungkin akan menghabiskan banyak uang untuk mengganti banyak komponen mobil Anda. Ini juga akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ban kendaraan Anda, yang berakibat pada penurunan kinerja.

3. Getaran

Kemudi yang bergetar merupakan alah satu sinyal paling awal yang bisa anda ketahui untuk mengetahui bahwa ban yang tidak seimbang. Bahkan ketidak seimbangan di ban  dapat menyebabkan getaran pada  roda kemudi.

Awalnya, getaran ini hanya akan terbatas pada setir saja , namun jika dibiarkan akan menganggu komponen - komponen yang ada pada dasbord depan. Hingga yang paling parah tempat duduk di depan dan di belakang akan mulai merasakan getaran dan ini akan membahayakan.

4. Masalah Dengan Kemudi

Ban yang tidak seimbang benar-benar dapat menjadi tantangan bagi anda untuk mengemudikan kendaraan di jalanan dengan kecepatan tinggi. Pengemudi akan dibuat tidak nyaman dan tidak menyenangkan serta membuat kenderaan  lebih sulit untuk dikontrol.

Tingkat ban yang tidak seimbang juga akan mengurangi  putaran  ban mobil. Ini  juga dapat meningkatkan resiko menghadapi kecelakaan mobil karena respon roda  kemudi mobil yang berkurang.

5. Efisiensi Bahan Bakar Menjadi Boros

Ban yang tidak seimbang akan menghabat kerja  mesin mobil Anda. Ya, kamu dengar ini mungkin berlebihan. Saat anda mengendarai kendaraan anda dengan ban yang tidak seimbang, ini akan  mengakibatkan mesin bekerja lebih ekstra. Kerja ekstra pada  mesin mobil akan berakibat buruk pada  kinerjanya  dan fungsi komponen - komponen mesin. Kerja mesin yang berlebihan mengakibatkan efisiensi bahan menjadi lebih buruk dan boros.

Untuk mengatasi ban yang tidak seimbang pada ban mobil anda adalah segeralah lakukan pemeriksaan dan periksa semua kondisi ban. Lakukan spooring dan balancing roda pada kendaraan anda

No comments:

Powered by Blogger.