Apa Sih ORACLE Kelebihan Dan Kekurangannya ?

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam mengolah data. Oracle Database adalah sebuah Sistem Database yang cukup terkenal. Sistem ini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri.



Kelebihan ORACLE
  1. Scalability, kemampuan menangani banyak user yang melakukan koneksi secara simultan tanpa berkurangnya performance secara signifikan. Dalam dokumentasinya, Oracle menyebutkan bahwa database Oracle dapat melayani puluhan ribu user secara simultan;
  2. Reliability yang bagus, yaitu kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jikaterjadi kegagalan fungsi pada sistem seperti disk failure;
    Stability, yaitu kemampuan untuk tidak crash karena beban yang tinggi
    Availability,yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service tetap;
    Multiplatform, dapat digunakan pada banyak sistem operasi sepertiWindows, Unix, Linux dan Solaris;
  3. Mendukung data yang berukuran besar. Berdasarkan dokumentasinya, Oracle dapat menampung data sampai 512 petabyte(1 petabyte= 1024 terabyte);
  4. Security yang cukup handal;
  5. Ketika kita mengakses database dan kemudian ada kejadian seperti listrik mati  misalnya maka data yang sudah kita simpan tidak rusak/hilang. Oracle memiliki kemampuan flashback, sehingga semua jenis transaksi yang salah akan dapat dikembalikan. 
  6. Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit servertersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
Kekurangan ORACLE
  1. Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari;
  2. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan Aplikasi;
  3. Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan kurang cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah;
  4. Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal.
Tipe Data ORACLE

Tipe data adalah suatu klasifikasi atau suatu jenis dari suatu informasi atau data tertentu. Didalam Oracle database menyediakan sebuah built-in tipe data serta beberapa kategori tipe data untuk jenis yang dapat di tentukan oleh pengguna dan dapat digunakan oleh penggunannya. selanjutnya ada beberapa penjelasan mengenai tipe-tipe data yang terdapat didalam Oracle:
  1. CHAR (Size), adalah string dengan panjang karakter tetap sebesar ukuran (Size). Tipe data ini mempunyai kemampuan menyimpan karakter. Dan dalam penyimpanannya Oracle pun menentukan bahwa nilai yang disimpan dalam tipe data CHAR ditentukan oleh ukuran, jika anda memasukan sebuah nilai yang ukurannya lebih pendek dari ukuran panjang kolom maka Oracle akan mengisikan nilai kosong pada untuk ukuran panjang kolom yang tersisa, dan jika anda mengisikan nilai yang telalu panjang dari ukuran kolom maka Oracle akan menghasilkan pesan ERROR. Karena tipe data CHAR memiliki nilai maksimum penyimpanan nilai yaitu hanya sebesar 2000 bytes.
  2. VARCHAR2,  tipe data ini menempatkan string variabel panjang. Saat anda membuat tipe data VARCHAR2 anda akan dimintai menyertakan jumlah maksimal byte atau karakter data yang dapat diisikan kedalamnya. Dan kemudian Oracle akan menyimpannya asalkan nilai yang anda masukan tidak melebihi batas maksimum kolom tersebut, tetapi apabila anda memasukan nilai melebihi dari batas yang di tentukan maka Oracle akan menampilkan pesan ERROR. Dan maksimum ukuran yang dapat disimpan oleh tipe data VARCHAR adalah sebesar 4000 bytes.
  3. NUMBER, tipe data NUMBER ini mempunyai presisi p dan s digit dibelakang koma apabila anda  mengabaikan p dan s berarti dianggap sebagai tipe number floating point. Tipe data ini menyimpan bilangan interger sampai maksimum dari digit integer tersebut.
  4. DATE, Tipe data DATE ini memiliki fungsi untuk menyimpan waktu dan tanggal didalam sebuah informasi, dengan komponen waktu yang dibulatkan ke detik terdekat. Untuk dapat menampilkan tipe data tersebut dalam teks harus menggunakan fungsi to_char.
  5. LONG, tipe data LONG memiliki karakter dengan ukuran panjang yang bervariasi, hingga mencapai 2 GB(tipe data seperti ini tidak dapat digunakan sebagai primary key). Kolom LONG memiliki banyak karakteristik kolom VARCHAR2. Anda dapat menggunakan kolom LONG untuk menyimpan string teks panjang. Panjang nilai LONG mungkin dibatasi oleh memori yang tersedia pada komputer Anda.
  6. LONGRAW, Tipe data LONG RAW berupa binary data dengan ukuran maksimal 2 GigaBytes tidak dikonversi oleh oracle (data mentah apa adanya, spasi dihitung 1 karakter). Dapat digunakan untuk menyimpan grafik, sound, dokumen, atau array data biner, yang penafsirannya tergantung pada penggunaan masing-masing.
  7. TIMESTAMP, tipe data TIMESTAMP ini mirip dengan date. Tetapi di dalam tipe ini terdapat komponen waktu yang dapat langsung ditampilkan tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu dengan fungsi to_char.
  8. CLOB, tipe data CLOB ini memperbolehkan penyimpanan objek dengan ukuran yang sangat besar sekitar 4 GB. Clob mirip sekali dengan VARCHAR2 hanya saja tipe data ini mempunyai kapasitas maksimum yang lebih besar.
  9. BLOB, tipe data BLOB ini memperbolehkan penyimpanan objek binary yang besar dan tidak terstruktur. Contoh dari tipe data blob adalah suara dan video.
  10. RAW, tipe data RAW berupa binary data dengan ukuran maksimal 255 bytes. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang tidak secara eksplisit dikonversi oleh Oracle database ketika memindahkan data antar sistem yang berbeda.


No comments:

Powered by Blogger.