Tips Karaoke By Smule, Cara Install Aplikasi Smule Dan Tutorial Pemakaiannya

Yuk Karaokean  pake aplikasi Smule "Sing! Karaoke by Smule", suatu konsep sosial media pertemanan dengan cara bernyanyi bareng. Mulai kembali booming sejak ada pemberitaan di media tentang video seorang pengguna Smule yang berduet dengan Jessie J menyanyikan lagu Flashlight dengan sangat baik.  Oh ya, Smule sekarang sudah bisa dipasang pada  Smartphone berbasis Android. Ada apa aja sih di Smule ? ini dia :
  1. Smule memiliki database artis dan lagu yang lengkap (bahkan bisa ditambahkan sendiri), 
  2. Memiliki fitur yang lengkap, dari berbagai efek suara, sinkronisasi musik dan vocal, hingga memungkinkan untuk duet dengan pengguna lain,
  3. Salah satu sosial media pertemanan dengan konsep yang baru. Jadi, selain bisa untuk bernyanyi berkaraokean, kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang direkomendasikan oleh Aplikasi ini berdasarkan kesamaan jenis musik maupun teman yang sama. 
  4. Selain bernyanyi sendirian, kita juga bisa mengundang teman untuk berduet bersama kita atau kita bisa join ke lagu yang telah disiapkan seseorang untuk berduet.


Sebetulnya aplikasi Sing! Karaoke ini sudah ada sejak lama yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna Mac OS ,iPhone, iPod, dan iPad. Kemudian barulah tersedia untuk android sejak beberapa tahun yang lalu.  Perbedaanya

Nah, lanjut  lebih banyak tentang aplikasi ini, berikut ini secara lengkap ulasan tentang smule

# Cara Install Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android

Silahkan install aplikasi Sing! Karaoke by Smule, terlebih dahulu download melalui Google Play pada smartphone android anda.  Setelah terinstal maka akan muncul icon shortcut bergambar mikrofon dengan tulisan Sing! pada beranda andorid anda.

Yang Perlu Dilakukan Pertamakali Setelah Membuat Akun Smule dan Menginstal Aplikasi Sing! Karaoke by Smule :

  1. Silahkan Anda jalankan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule yang telah Anda instal. Kemudian Login menggunakan akun yang sudah Anda buat atau melakukan registrasi (apabila belum memiliki akun Smule). Setelah Anda berhasil Login, pertama kali yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan Setting akun dan Setting Profil. Klik pada tiga buah titik pada bagian atas (tepat di bawah jam) sehingga muncul menu Settings, Smule Apps, dan Help.
  2. Kemudian Anda pilih Setting. Maka Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa parameter pengaturan seperti terlihat di bawah ini.
  3. Klik pada bagian foto untuk mengupload foto yang akan dijadikan foto profil Anda.
  4. Kemudian pada bagian "Personal Message" bisa Anda isi semisal "Saya suka musik dangdut, yang hobby dangdut follow saya dong" atau "Suara saya jelek, tapi saya suka bernyanyi untuk bergembira", atau bisa tulisan lainnya.
  5. Kemudian pada sosial setting, Silahkan Anda aktifkan, klik login ke Facebook, kemudian Twitter , lalu Google+. Pengaturan ini berguna saat Anda hendak membagikan (share) secara cepat rekaman yang Anda buat.
  6. Pada Bagian Login Info, Anda bisa mengganti alamat email, mengganti username, dan mengganti password. Jangan lupa untuk meng-klik Submit Changes.
  7. Setelah Selesai melalukan pengaturan profil, kini Anda sudah siap untuk berkaraoke Ria, namun ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tampilan user interface aplikasi Sing Karaoke by Smule ini.

# Mengenal User Interface (Antar Muka) Aplikasi Sing! Karaoke by Smule pada Android.

Setiap kali membuka aplikasi Sing! Karaoke by Smule,kita langsung masuk pada tab menu Sing! Karaoke by Smule!, artinya setiap kita masuk kita dianggap akan bernyanyi. Dalam Tab Sing! Karaoke by Smule  tersebut ada pilihan Lagu-lagu yang masuk kategori 'Recommended' , 'Top Hits' , Community', dan yang lainnya seolah menjadi menu utama padahal bukan, itu hanyalah Sub Menu, sedangkan menu utamanya adalah Tab Sing! Karaoke by Smule.
Sebenarnya  ada 5 Tab utama pada aplikasi Sing! Karaoke by Smule! pada Android, Yaitu Tab Feed, Tab Listen, Tab Sing, Tab Notifications, dan Tab Profile. Silahkan Anda lihat pada gambar di bawah ini, perhatikan letak kelima Tab tersebut yang berada di bagian bawah tampilan aplikasi.
  1. Tab Feed, yang diwakili oleh ikon bergambar dua orang berjejer,
  2. Tab Listen, yang diwakili oleh ikon bergambar Headphone,
  3. Tab Sing, yang diwakili oleh ikon bergambar mic (mikrofon),
  4. Tab Notification, yang diwakili oleh ikon bergambar lonceng, dan
  5. Tab Profile, yang diwakili oleh ikon bergambar Orang setengah badan..
Berikut ini adalah penjelasan tiat-tiap Tab Utama pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule   di Android:

1. Tab Feed

Seperti halnya facebook yang memiliki Tab 'Berita Terkini', Twitter yang memiliki 'Timeline', atau Blackberry Messenger yang memiliki 'Recent Updates', Aplikasi Sing! Karaoke juga memiliki hal serupa yang bernama Feed. Pada Tab Feed ini kita akan mendapatkan laporan terbaru dari orang-orang yang kita follow, misalnya saat dia menyukai (memberi like) atau mengomentari sebuat rekaman, saat dia membuat rekaman baru, saat dia Join pada sebuah rekaman, dan berita lainnya... Info tersebut berguna bagi kita karena selain kita bisa ikutan nimbrung, atau sekedar ikut menyukai, kita juga bisa ikutan Join apabila ada lagu yang kita suka, Nah pada Tab Feed ini juga ada ikon untuk mencari (menambahkan) teman. Perhatikan Gambar di atas, Pada bagian atas sebelah kanan, di bawah petunjuk jam, ada ikon 2 orang berdampingan dengan tanda plus di sampingnya. Klik ikon tersebut untuk menambahkan teman.

Cara Menambahkan Teman Facebook pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas (lihat Gambar di Atas) maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian Klik pada Facebook Friends, maka akan nampak seperti pada gambar di bawah ini:

Silahkan Anda tambahkan (follow) beberapa teman Anda sudah bergabung atau memiliki Akun Sing! Smule. Anda juga bisa mengundang teman lain untuk mendownload dan bergabung ke Smule.
Cara Mencari (Menambahkan) Teman Sing! Karaoke Menggunakan ID Username Yang Sudah Diketahui

Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas, Klik pada ikon Search (gambar kaca pembesar), Kemudian silahkan Anda ketik (masukkan) username yang akan Anda cari, setelah ketemu user yang dicari , silahkan Anda klik, maka Anda akan masuk ke halaman profilnya, yang kemudian bisa Anda follow atau sekedar mendengarkan beberapa rekamannya.

2. Tab Listen

Namanya juga Tab Listen, pasti gunanya buat mendengarkan. Ya, pada Tab Listen ini kita disuguhi banyak rekaman, baik itu rekaman solo (sendirian) maupun duet. Kadang kita lagi gak mood untuk bernyanyi, dan hanya ingin sekedar mendengarkan rekaman terbaik dari para pengguna Sing! Karaoke by Smule! di seluruh dunia.

Sebetulnya Tab Listen pada aplikasi Sing! Karaoke by Smule! ini dibuat untuk menampilkan rekaman-rekaman terbaik, karena para pengguna yang membuka Tab Listen ini pastinya ingin mendengarkan suatu rekaman yang keren kan?, rekaman yang keren yaitu ditandai dengan banyaknya jumlah Play atau Jumlah Love, sehingga yang ditampilkan dalam Tab Listen tersebut kebanyakan memiliki jumlah Play ataupun Love yang banyak. Logikanya, semakin banyaknya love atau Play maka kemungkinan besar penampilannya bagus, dan banyak diputar.

Namun kenyataannya tidaklah demikian, banyak yang tidak sesuai harapan, dan ada yang aneh, yaitu, jumlah Play dan Love ada yang terlihat janggal. Sebagai contoh, Jumlah Play hanya 100, tetapi jumlah Love mencapai 500 lebih. Dimana letak keanehannya? begini, untuk memberikan Love, kita harus mendengarkan rekaman tersebut terlebih dahulu, setelah itu barulah kita beri love. Nah, apabila ada rekaman yang memiliki jumlah Play 100 artinya rekaman tersebut hanya dimainkan (didengarkan) sebanyak 100 kali, sehingga jumlah love maksimal seharusnya ada 100. nah, kalau jumlah love-nya mencapai 500, berarti yang 400 adalah penilaian yang tidak fair karena memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu, dan entah bagaimana caranya bisa memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu.

3. Tab Sing

Pada Tab Sing ini kita disuguhi berbagai lagu yang masuk ke dalam kategori-kategori tertentu, lagu-lagu tersebut tidak semuanya bisa dinyanyikan oleh pengguna non VIP, namun ada banyak pula yang bisa dinyanyikan secara gratis tanpa harus berlangganan VIP, Kategori-kategori tersebut antara lain: 
  1. Recommended: berisi lagu-lagu yang direkomendasikan ke kita, berdasarkan kemiripan dan kesamaan penyanyi dari lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan, atau lagu-lagu rekomendasi dari orang yang kita follow. 
  2. Top Hits: Berisi Lagu-lagu yang paling-sering dinyanyikan alias populer di kalangan pengguna Sing! Smule.
  3. Community: Berisi lagu-lagu yang sedang tren di komunitas tertentu (Saya sendiri kurang begitu paham).
  4. New: Berisi kumpulan lagu-lagu yang baru direlease atau diunggah (diupload) ke database Sing! Smule. Bukan berarti lagu baru lho... tetapi lagu yang baru masuk, misalnya saja Lagu Barbie Girl dari Aqua, itu lagu udah dari tahun 1997, tapi masuk kategori New karena baru masuk ke databasenya Sing Smule.
  5. Free: Kumpulan lagu-lagu yang bisa dinyanyikan secara gratis oleh para pengguna non VIP,
  6. Partner Artist: Berisi lagu-lagu dari para artis yang bekerjasama dengan Smule, artisnya asli lho... dan suaranya juga asli suara mereka, karena mereka (para artis) yang bekerjasama dengan Smule juga memiliki akun Smule, jadi kita bisa nyanyi duet bareng sama mereka. banyak yang free, jadi gak harus jadi member VIP.
  7. Kids: Berisi kumpulan lagu anak-anak (dalam bahasa Inggris), International Nursary Songs
  8. Classics: Berisi kumpulan lagu-lagu jadul.
  9. Soundtracks: Berisi kumpulan lagu-lagu yang menjadi sountrack film Box Office terkenal.
  10. K-Pop: Berisi kumpulan lagu-lagu korea.
  11. VIP-Only: Berisi lagu-lagu yang hanya bisa dinyanyikan oleh pengguna yang berlangganan VIP.
  12. All Songs: Berisi semua lagu yang ada dalam database Sing Smule dari A sampai Z

  13. Dan Aneka kategori Genre seperti Pop, Hip Hop, Rock, R&B, dan Country.

Pada daftar lagu, silahkan Anda klik pada bagian gambar thumbnail untuk mendengarkan cuplikan musiknya, atau langsung Anda klik kotak Sing di sebelah Judul Lagu untuk langsung bernyanyi berkaraoke Ria.

Apabila Anda ingin mencari Judul Lagu atau Penyanyi tertentu, Anda bisa klik ikon Search pada bagian atas (ikon gambar kaca pembesar), lalu ketikkan nama penyanyi atau judul lagu yang Anda cari, misalnya saja Anda ketik Glenn Fredly, maka akan muncul semua lagu yang dinyanyikan oleh Glenn, dan pilihlah lagu yang akan Anda nyanyikan.

4. Tab Notifikasi

Tab Notifikasi berisi pemberitahuan apabila Ada aktivitas yang berkaitan dengan kita atau apabila ada undangan Duet (Open Call).

Pada Tab Notifikasi, Terbagi menjadi 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Activity Dan Sub Tab Invites.

Sub Tab Activity

Sub Tab Activity berisi pemberitahuan apabila ada aktivitas pengguna Sing Smule yang berkaitan dengan akun kita, misalnya : 
  1. Apabila ada yang menyukai (memberi love) atau berkomentar pada rekaman kita (baik solo maupun duet),
  2. Apabila ada yang mem-follow kita,
  3. Apabila ada yang Join (bergabung untuk berduet) pada Open Call yang kita buat,
  4. Apabila ada yang menyebut kita (mention) dalam sebuah komentar (walaupun komentar tersebut bukan pada rekaman kita), dalam Invitation (Undangan Berduet), dan Personal Message pada halaman profilnya...
Sub Tab Invites

Sub Tab Invites pada aplikasi Sing! Karaoke by Smule ini berisi notifikasi apabila ada yang mengundang Open Call (mengajak berduet). Sub Tab Invites ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Public Invites dan Direct Invites


Public Invites, kita tidak perlu begitu ambil pusing apabila kita mendapat notifikasi Public Invites ini, karena undangan berduet tersebut tersebar secara umum ke semua teman (follower) si pengundang. Jadi, kalau kita mau nyanyi dan tahu lagunya maka kita bisa join (menanggapi dengan bernyanyi), tapi kalau kita gak tahu lagunya atau pas lagi gak ada mood untuk bernyanyi, ya abaikan saja.

Pada notifikasi ini kita juga mendapatkan rekomendasi Open Call dari pengguna lain yang tidak kita follow. Aplikasi Sing! merekomendasikan Open Call tersebut berdasarkan lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan sebelumnya. Notifikasi ini tidak muncul dalam notifikasi yang sebenarnya, namun rekomendasi Open Call ini hanya muncul saat kita kita membuka Notifikasi Public Invite, itu pun letaknya di bagian bawah.
Saat Anda memfollow seseorang dan melakukan Direct Invite untuk mengundangnya berduet dengan Anda, sadarilah bahwa orang yang Anda follow tersebut bisa saja memiliki ratusan hingga ribuan Direct Invite pada saat bersamaan yang tidak mungkin bisa ditanggapi satu per satu. Jadi harap Anda maklumi apabila dia tidak menanggapi undangan Anda.

Orang yang melakukan Direct Invite untuk Anda sudah pasti dia adalah Follower Anda. Hanya dengan melakukan beberapa klik atau mencentang langsung username Anda maka Anda akan memperoleh notifikasi undangan Direct Invite. Logikanya sih seharusnya Anda bisa mengabaikan undangan tersebut karena yang mengundang adalah follower kita. Namun terkadang ada rasa sungkan dan tidak enak hati kalau tidak menanggapinya.

5. Tab Profil

Inilah Tab yang paling sering kita buka. Tab Profil ini menampilkan tentang profil kita sebagai pengguna Sing! Karaoke. Halaman Profil inilah yang sedikit menentukan seberapa besar kemungkinan orang akan memfollow kita setelah mengunjungi profil kita.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang yang membuka profil kita. Yaitu melihat foto profil kita, melihat username kita, melihat jumlah follower dan following,  Membaca pesan singkat, dan yang paling penting adalah mendengarkan beberapa rekaman kita pada Sub Tab Recording (sekarang jadi Channel).

Apabila suaramu dirasa keren, maka tak segan-segan dia akan memfollow kita dengan harapan bakalan bisa duet nyanyi bareng. Setelah itu barulah dia akan membuka Sub Tab Open Calls (sekarang jadi Invites), dan mencari lagu yang mungkin ada yang dia suka. Beruntunglah kalau dia sampai Join di salah satu Open Calls yang kamu buat. Untuk itu, pasanglah foto dan Pesan singkat semenarik mungkin.
Tab Profil umumnya memiliki 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Recording (Channel) dan Sub Tab Open Call (Invites). Namun ada juga halaman Profil yang memiliki Sub Tab Songs, seperti milik saya pada gambar di atas. Sub Tab Songs Muncul apabila akun tersebut pernah menyumbang (upload) lagu ke database Sing! Karaoke by Smule.

Sub Tab 'Recording' (update: Sekarang 'Channel')

Sub Tab Recording, berisi semua rekaman yang pernah kita buat, baik itu rekaman kita sendiri, Open Call yang kita buat, maupun rekaman hasil dari kita Join ke Open Call orang lain.

Sub Tab 'Open Calls' (update: Sekarang 'Invites')

Yang dimaksud dengan Open Call adalah ajakan untuk berduet bagi siapa saja yang mau. Duet disini bukan berarti nyanyinya bareng dalam waktu yang bersamaan. Tapi duet disini bernyanyi secara terpisah. Orang yang membuat Open Call (mengajak Duet) akan menyanyikan bagiannya terlebih dahulu yang kemudian di save dan ditampilkan dalam Sub Tab Open Calls ini.

Setelah membuat Open Call akan ada pilihan untuk melakukan undangan ke semua follower atau undangan melalui Direct Invite ke orang-orang yang kita follow. Orang yang diundang tersebut akan mendapatkan notifikasinya. Sehingga ada tiga cara untuk Join ke Open Call, yaitu melalui undangan (Baik Direct maupun Public), melalui kunjungan profil, dan melalui Sing! Karaoke by Smule. Dua pilihan terakhir menjadikan kita sebagai tamu tak diundang, si pembuat Open Call akan terkejut apabila tiba-tiba ada yang Join selain Followernya. Tak masalah, justru dia akan senang.

Pada Sub Tab Open Calls ditampilkan semua Lagu ajakan untuk berduet. Apabila kita mengunjungi profil orang lain, kita bisa langsung join atau melihat dahulu penampilan dari beberapa orang yang sudah Join sebagai pembanding, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Lagu-lagu pada Tab Open Calls (Invites) akan menghilang dari tab tersebut apabila sudah Closed (sudah tidak aktif), Namun kita masih bisa menemukannya pada Tab Recordings (Channel).

Lagu-lagu yang Open memiliki masa aktif tertentu tergantung siapa yang membuatnya. Apabila yang membuat Open Call adalah pengguna biasa maka hanya akan memiliki masa aktif selama 2 hari, sedangkan apabila pembuatnya adalah member VIP maka akan memiliki masa aktif selama 7 hari. Dan apabila pembuatnya adalah Artis yang bekerjasama dengan Smule, bisa memiliki masa aktif hingga 1 tahun.

Sub Tab Songs
Sub Tab Songs ini hanya akan muncul apabila kita pernah mengupload lagu ke database Sing! Smule, dan lagu tersebut akan ditampilkan pada Sub Tab Songs sebagai penghargaan dari kontribusi kita.
Demikianlah penjelasan lengkap tentang User Interface aplikasi Sing! Karaoke by Smule. Setelah menguasai aplikasinya, kini waktunya untuk beraksi alias bernyanyi. Apabila Anda kesulitan menggunakan aplikasinya, berikut ini adalah panduan lengkapnya
# Cara Bernyanyi Karaokean Menggunakan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di HP Android

Silahkan pilih lagu yang akan Anda nyanyikan, misalnya 'Kasih Putih' atau 'Bingo' yang gratisan. Anda klik pada kotak Sing di sebelah judul lagu. Kemudian akan muncul pilihan:
1. Solo

Ada banyak pilihan, tetapi sebagai tahap awal untuk belajar, silahkan Anda pilih "Solo" yang artinya Anda akan bernyanyi sendirian. Lalu nyanyikan hingga selesai.

Setelah selesai bernyanyi, Anda akan masuk ke bagian editing. Pada bagian editing, Anda bisa memilih berbagai efek vokal yang tersedia, seperti terlihat pada dua foto di atas. Ada POLISH, POP STAR, STUDIO, INDIE, STAR DUST, dan GRUNGE Khusus untuk FX STUDIO hanya bisa digunakan oleh member yang berlangganan VIP.

Pada bagian ini, Anda juga bisa mengatur Volume vocal Anda agar seimbang dengar musiknya, jangan sampai suara vocal terlalu keras atau terlalu kecil.

Ada kalanya vocal Anda tidak sinkron dengan musiknya, misalnya suara Anda lebih cepat daripada musiknya, atau suara Anda sedikit terlambat dari musiknya. Hal tersebut bisa Anda perbaiki dengan meng-klik pada Tulisan 'Vocal Out Of Sync?' . Maka akan muncul slider yang berfungsi untuk memajukan atau memundurkan vocal beberapa milisecond,.

Silahkan Anda coba geser-geser slider tersebut untuk mensinkronkan antara vocal dan musik. Sebetulnya ini adalah fitur yang berguna, namun sayangnya masih ada kesalahan dan ini dikeluhkan oleh banyak pengguna. Pada saat sinkronisasi sudah pas, namun pada saat setelah di-save hasilnya suara vocal lebih cepat daripada musiknya atau sebaliknya. Solusinya, untuk mengatasi masalah sinkronisasi vocal dan musik pada aplikasi Sing! Smule ini, silahkan Anda baca Tipsnya di bagian akhir artikel ini.

Cara Mengganti Tampilan Cover (Foto) Rekaman Lagu pada Sing! Karaoke by Smule

Anda juga bisa mengganti cover rekaman yang Anda buat dengan foto yang Anda inginkan. Setelah melakukan editing dan save, Anda akan masuk ke bagian Customize. Pada bagian ini, Klik pada thumbnail foto, maka akan muncul pilihan.
Anda bisa memotret langsung atau bisa juga menggunakan foto yang ada di Galery Anda. Setelah itu, Anda juga bisa memberi keterangan singkat mengenai rekaman yang baru saja Anda buat, misalnya , "Lagu Anak2 ini mengingatkanku padamu.." seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Anda juga bisa menentukan apakah rekaman Anda tersebut dapat terlihat oleh publik, atau hanya Anda sendiri yang bisa melihat rekaman tersebut.
Setelah selesai dengan kustomisasi, silahkan Anda save. Maka Anda akan masuk pada bagian share Seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Aktif kan Facebook atau Twitter, atau keduanya untuk membagikan rekaman tersebut ke teman-teman Anda di Facbeook dan follower Anda di Twitter. Anda juga bisa membagikannya langsung melalui Line, Messenger, SMS, atau mendapatkan link-nya untuk keperluan tertentu.
2. Duet

Cara penggunaannya sama persis seperti bernyanyi Solo. Bedanya, saat Anda memilih mode Duet, Anda hanya akan menyanyikan lirik yang menjadi bagian Anda (Part 1 atau Part 2), sementara Part Lain sisanya untuk dinyanyikan pengguna lain yang nantinya akan join ke Open Call yang Anda buat.

Nyanyikan Lagu hingga selesai, Save, lakukan kustomisasi seperti pada bagian Solo di atas, kemudian Invite semua follower Anda untuk join pada Open Call yang baru saja Anda buat. Anda bisa juga melakukan Direct Invite ke orang-orang yang Anda follow.

Hasil rekaman Anda akan muncul pada Sub Tab Open Calls pada halaman profil Anda. Berbeda dengan rekaman Solo yang sudah tidak bisa diutak atik, Rekaman Open Call hanya berisi Suara Anda, sehingga bisa menghasilkan banyak kombinasi tergantu seberapa banyak pengguna yang Join ke Open Calls yang Anda buat.

3. Group

Group juga merupakan Open Calls pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule, yaitu mengajak orang untuk bergabung, bernyanyi bersama-sama. Bedanya dengan Duet, kalau duet setiap ada orang yang Join maka akan menghasilkan rekaman tersendiri secara terpisah. Misalnya saja saya, benikey membuat Open Call lagu "Yesterday", saat ada yang Join misalnya si A, maka akan mengasilkan rekaman baru dengan Judul "Yesterday" dinyanyikan oleh benikey + A, begitu juga saat si B Join, akan menghasilkan rekaman baru dengan judul "Yesterday" dinyanyikan oleh benikey + B, begitu seterusnya, setiap aja yang join akan menghasilkan rekaman yang baru.

Nah, pada mode Group ini, semua orang yang Join akan ditumpuk menjadi sebuah rekaman tunggal. Misalkan saya membuat Open Call Group lagu Yesterday. Saya rekam suara saya. Ketika ada yang Join, misalnya si A, maka rekaman tersebut akan tertumpuk yang tadinya hanya ada suara saya namun pada rekaman yang baru ada tambahan suara si A, begitu juga saat si B ikutan Join, maka pada rekaman terakhir akan ada tambahan suara si B, sehingga totalnya ada 3 suara, yaitu suara saya, suara si A, dan suara si B.... begitu pula seterusnya... Cukup jelas kan..
Cara Join Ke Open Call (Invites) Agar Bisa Karaokean Gratis Pakai Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Ada 3 cara untuk Join ke Open Call. Yaitu, melalui undangan, melalui kunjungan profil, dan melalui Sing, Melalui Undangan dan melalui kunjungan profil sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya. Kini akan saya jelaskan cara Join Open Call melalui Sing! Karaoke by Smule, Silahkan Anda cari lagu yang ingin Anda nyanyikan sesuai pilihan Anda, Lalu klik 'Sing". Perhatikan Gambar di bawah ini... Saat Anda melakukan sing, pilihlah "Join The Others Open Calls pada bagian bawah"
Maka akan ada list Open Calls dari semua pengguna Sing! Smule yang membuat Open Call pada lagu tersebut, dan orang-orang tersebut kemungkinan besar tidak ada yang Anda kenali. Silahkan Anda pilih dari list tersebut yang suaranya bagus dan enak untuk diajak duet atau sesuai selera Anda, Anda bisa memutarnya satu per satu. Setelah itu Anda bisa langsung Join atau terlebih dahulu masuk ke halaman profilnya untuk melihat rekaman dari beberapa orang yang sudah join yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai pembanding.

Cara Memberikan / Invite Free Solo (Bernyanyi Sendiri) Secara Gratis Kepada Pengguna Non VIP di Aplikasi Sing! Karaoke By Smule 

Apabila Anda bukan member VIP, namun ingin bernyanyi karaokean sendirian secara gratis tanpa harus berduet, Anda bisa menggunakan cara ini. Syaratnya, Anda harus memiliki seorang teman VIP yang telah Anda follow dan dia mau berbaik hati membuatkan Open Call solo buat Anda. Apabila dia tidak tahu caranya, silahkan Anda menyuruhnya untuk membaca langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih lagu yang akan dibuat Free Solo;
  • Klik Sing lalu pada pilihan Solo, Duet, Group, pilihlah Duet;
  • Tunggu hingga loading penuh dan siap untuk bernyanyi;
  • Ketika sudah siap, biarkanlah musik mengalun sendiri, Jangan bernyanyi ya, sehingga akan didapatkan Open Call yang hanya ada musik saja, sehingga setiap orang yang Join bisa bernyanyi Solo secara gratis.
  • Tidak perlu menunggu hingga musik selesai. Cukup 30 detik musik mengalun, bisa langsung di-Save, Turunkan Volume Sekecil Mungkin.
  • Catatan: Hampir semua lagu bisa dibuat Free Open Call, terutama lagu-lagu Indonesia sudah pasti semuanya bisa. Namun ada beberapa lagu yang khusus untuk VIP dan tidak bisa digunakan oleh pengguna biasa, misalnya lagu Thubtumper - Chumbawamba, Yang bisa nyanyi solo cuma member VIP, dan yang bisa join di Open Call juga hanya VIP.

Cara Menjadi VIP Secara Gratis Sing! Karaoke by Smule

Pasti keyword ini banyak dicari di google. Memang ada celah untuk menjadi member VIP secara gratis di aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android. Saya menemukan cara tersebut bahkan secara tidak sengaja. Dan kemungkinan bakalan banyak orang yang akan menemukan cara tersebut juga secara tidak sengaja. Namun saya tidak akan membagikan cara tersebut. Saya menghargai ide dan kreatifitas developher Smule yang sudah bekerja keras untuk menciptakan aplikasi luar biasa ini.

Bahkan walaupun saya mengetahui cara untuk menjadi member VIP secara gratis, saya tetap membayar untuk menjadi member VIP, lagian biaya berlangganannya tidaklah mahal-mahal amat bila dibandingkan dengan apabila kita mengunjungi tempat-tempat Karaoke sungguhan. Lagian  ada banyak keuntungan yang kita peroleh selain berkaraoke, di aplikasi ini kita juga bisa mendengarkan ulang hasil karaoke kita yang tersimpan di server Smule. Kita juga bisa mendapatkan teman-teman dari seluruh penjuru dunia yang bisa mendengarkan rekaman kita.

Tips Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Antara Suara Vocal dan Musik

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, masalah utama sebagian besar para pengguna Sing! Smule di Android adalah masalah sinkronisasi antara suara vokal dan musik. Saat rekaman (saat nyanyi) sudah pas, tetapi setelah di-save tiba-tiba menjadi tidak sinkron, padahal sudah melalui tahapan sinkronisasi (apalagi yang tidak melakukan sinkronisasi).

Ada yang suara vocalnya terdengar lebih awal, ada juga yang suara vokalnya terdengar terlambat, sehingga ketukannya menjadi tidak pas. Padahal saat Anda bernyanyi sudah pas. Bahkan pada saat melakukan proses sinkronisasi juga sudah pas, tetapi jadi berubah setelah di-save. Berikut ini tips yang kemungkinan bisa untuk mengatasi masalah sinkronisasi tersebut.
  1. Pertama-tama silahkan Anda bereksperimen dengan bernyanyi menggunakan lagu yang temponya tinggi seperti 'Basketcase - Greenday', mengapa harus yang temponya tinggi? karena dengan tempo tinggi akan lebih terlihat ke-tidaksinkron-an dalam periode mili detik sehingga mudah untuk dikoreksi Sedangkan apabila menggunakan lagu bertempo lambat seperti "My Heart Will Go On' maka apabila suara vokal lebih cepat atau lebih lambat 1 detik pun tidak akan begitu terasa, sehingga sulit untuk dikoreksi.
  2. Setelah Anda bernyanyi, silahkan Anda pilih efek (FX) yang Anda suka, saran saya gunakanlah FX Indie atau FX Polish. Kemudian pada bagian bawah pilihan FX ada tulisan "Vocal Out Of Sync?", silahkan klik tulisan tersebut sehingga muncul pengaturan sinkronisasi vocal. Mainkan musik lalu silahkan Anda geser-geser ke kanan atau ke kiri cursor (pointer) pada pengaturan sinkronisasi tersebut. Apabila suara vocal terdengar terlambat (ketinggalan) maka geser cursor (pointer) ke arah kiri atau klik arah panah kiri beberapa kali hingga pas. Begitu juga sebaliknya, apabila suara vocal terdengar lebih awal daripada musik maka geser cursor (pointer) ke arah kanan beberapa kali hingga pas. 
  3. Saran saya gunakanlah klik daripada menggeser cursor (pointer), karena dengan menggunakan klik kita bisa menghitung berapa kali klik saat mensinkronkan hingga tepat sinkron. Setelah Anda merasa suara vocal dan musik sudah benar-benar sinkron, silahkan Anda klik "Lanjutkan" lalu simpan. Anda jangan merasa senang dulu, ini barulah langkah permulaan. Sekarang coba Anda dengarkan hasil rekaman Anda tadi, apabila memang sudah benar-benar pas maka saya ucapkan selamat kepada Anda karena kok kebetulan sekali HP Anda punya sinkronisasi yang pas dengan Smule.
  4. Padahal umumnya yang terjadi adalah  hasil rekaman pasti tidak pas, ada yang suara vocalnya lebih cepat dan ada pula yang suara vocalnya ketinggalan. Nah, berikut ini adalah tips yang akan saya berikan untuk mengatasinya. Saya ambil contoh, ketika saya masih menggunakan HP LG G4, yang terjadi adalah suara vocal saya ketinggalan sepersekian detik oleh musik. Saya bereksperiment menyanyikan lagu 'Basketcase' hingga 3 kali.
  5. Yang kedua kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 3x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Setelah saya save hasilnya adalah suara vocal saya masih terdengar terlambat sepersekian detik, namun sangat kecil sekali, nyaris terdengar sudah sinkron, namun berkat kejelian saya, saya masih merasa kurang sinkron sehingga saya mengulangi dengan eksperiment ketiga.
  6. Yang ketiga kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 4x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Dan setelah di-save, hasilnya sangat akurat.Tepat sinkron dengan menambahkan 4x klik ke arah kiri.
Mungkin Anda bisa saja mengulang hingga puluhan kali untuk mendapatkan jumlah klik yang paling tepat sinkron.


Search key : trik member VIP Smule Gratis, cara pake smule gratis, karaoke gratis smule, vip gratisan

No comments:

Powered by Blogger.