Header Ads


WhatsApp Hadirkan Fitur Enkripsi Untuk Keamanan Percakapan Anda,

Selama ini ternyata percakapan di aplikasi WhatsApp  mempunyai celah keamanan yang memungkinan pihak yang tidak berhak untuk mengintip layanan pesan yang dilakukan melalui WhatsApp.  Akan tetapi baru - baru ini  WhatsApp yang baru saja dibeli Facebook telah mengumumkan  kalau semua teks dan video call akan dibentengi dengan enkripsi yang kuat. Seluruh pengguna WhatsApp yang jumlahnya sekitar 1 miliar, bisa mulai menikmati fasilitas itu jika telah update ke versi terbaru.
 
Cara Enkripsi Whatsapp pesan
Seperti apa sih fitur keamanan baru yang akan melindungi pesan instan WhatsApp Anda, sehingga akan sulit diintip - intip oleh pihak yang tidak berhak, berikut ini penjelasannya :
  1. Sistem keamanan menggunakan metode  enkripsi antar pengguna;
  2. Enkripsi end to end ini membuat komunikasi via WhatsApp privat
  3. Pesan, suara atau attachment yang terkirim via WhatsApp hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima
  4. Sistem ini  akan bekerja dimana setiap anda mengirim pesan ke pengguna lain, maka pesan anda akan langsung terlindungi oleh sebuah sandi otentik.
  5. Hanya penerima dan Anda sajalah yang memiliki sandi unik yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan Anda. 
  6. Enkripsi end-to-end ini selalu aktif, untuk semua pengguna yang telah  menggunakan versi terbaru WhatsApp dan tidak ada cara untuk menonaktifkan enkripsi end-to-end.
  7. WhatsApp  telah mengklaim tidak ada yang bisa menyadapnya bahkan  WhatsApp sendiri tidak bisa melakukannya.
  8. Untuk mengembangkan fitur keamanan ini  WhatsApp dibantu Open Whisper Systems yang merupakan pengembang aplikasi khusus untuk keamanan perangkat android atau mobile.
Nah, karena sekarang semua pesan WhatsApp terlindungi enskripsi, WhatsApp tentu bisa berkilah bahwa mereka tidak menyimpan data dimaksud contoh beberapa kasus pihak pengadilan  yang meminta informasi di WhatsApp sebagai bukti.

No comments:

Powered by Blogger.