Tips merawat segala Motor Matic

Beberapa cara agar motor matic anda lebih awet, dan bisa mencegah kerusakan berat terjadi, tentunya ini dapat menghemat keuangan kita.


  1. Lakukan servis umum setiap 2 bulan sekali, cek karburator, cek    busi, buka filter udara dan cek   rantai.
  2. Servis karburator setiap 3 bulan sekali.
  3. Perhatikan V.Belt (letaknya disamping kiri roda) diganti tiap    25.000 km dan diservis tiap 10.000   km.
  4. Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen - komponen mesin. Ganti oli tiap     2.000 km, jangan ditunggu sampai minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik dan kinerja mesin.
  5. Tiap 15.000 km klep harus dibersihkan agar mesin dalam kondisi yang selalu prima dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
  6. Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
  7. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan    starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
  8. Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada    memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.
  9. Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani dan pastinya setiap melakukan service kita mendapatkan garansi 1 minggu jika terjadi hal-hal yang kurang baik bisa kembali lagi untuk diservis.

sumber : bocah2mbakalan.blogspot.com

No comments:

Powered by Blogger.