Ragam Sistem Operasi Komputer dan Sistem Operasi Mobile

Sistem operasi computer :
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)

Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

TONTON JUGA : SETTING INTERNET HP 4G MENJADI RASA 5G


UNIX

UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

LINUX

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

Pada komputer Desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer diantara varian antarmuka pengguna lainnya. Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware.

Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga. Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

MAC OS (MACINTOSH OPERATING SYSTEM)

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :

1.MAC OS Klasik

Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking

2.MAC OS X

MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.

Kelebihan MAC OS :

1.Stabil, karena menggunakan UNIX.
2.Multitasking.
3.Tampilan (UI) sangat bagus.
4.Aman dari Malware.

MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah.

Sistem operasi mobile  :

Handphone bisa dibilang teknologi yang akan menyingkirkan komputer desktop kedepannya terutama dalam masalah pengaksesan data dari Internet. Smartphone saja, versi “pintar”-nya handphone, sudah semakin lumrah di Indonesia, kalau tahun 2000-an awal orang-orang yang memakai smartphone hanya orang-orang kaya, sekarang smartphone sudah bisa dibeli oleh berbagai golongan.

IOS

Sistem operasi besutan Apple ini merajai share sistem operasi mobile dengan penggunaan handset Apple yang cukup luas juga seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad. Ditambah juga dengan pengguna gadget Apple yang aktif bersurfing ria di Internet dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mengkonsumsi data dari Internet plus marketting Apple yang cukup unik menurut saya sehingga tidak aneh jika Apple berada di atas puncak share sistem operasi mobile.

Android

Android dengan logo uniknya yaitu “Robot Ijo” sebetulnya sudah ada sejak lama, namun semenjak tahun 2009 perkembangan Android melesat dengan cepat. Mobile OS dari Google ini memberikan kebebasan yang sangat luas untuk para developer dan terintegrasi penuh dengan teknologi Google. Aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk Android juga sudah banyak sekali sehingga pengguna Android mempunyai banyak variasi dalam menggunakan aplikasi di Android. Dengan dukungan dari Google, si raja mesin pencarian dan periklanan digital, Android menempati posisi kedua di share mobile OS.

Symbian OS

Dulu sebelum iOS dan Android belum terkenal seperti sekarang, mobile OS Symbian dari Nokia bisa dibilang rajanya pasar mobile OS. Namun sekarang pamornya sudah tergeser oleh iOS dan Android. Walaupun begitum, Symbian tetap memiliki basis yang cukup besar di pasar mobile OS karena penggunanya pun masih banyak. Jika tidak ada inovasi baru pada Symbian, mungkin lama-lama mobile OS satu ini akan terpuruk dan tinggal sejarah.

Windows mobile OS

Microsoft bisa dibilang raja-nya sistem operasi komputer namun tidak untuk mobile. Windows Mobile seri terbaru juga yang saya dengar tidak banyak memberikan fitur-fitur yang unik dan wah, kalah dengan para pesaing lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan Android yang notabene adalah mobile OS gratisan sedangkan Windows Mobile OS dan iOS dengan ke-eleganannya. Microsoft menurut saya harus bisa melakakukan sesuatu yang inovatif dengan Windows Mobile OS mereka jika mereka mau menyingkirkan pesaing-pesaing mereka.

2 comments:

  1. hii gan, mungkin anda juga perlu berkunjung dimari untuk menambah referensi materi, semoga bermanfaat dan bisa membantu

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/05/asal-usul-os.html

    thanks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.