Cara mengetahui Perangkat dalam Komputer


Setiap perangkat (device) memiliki ID vendor dan ID device yang tertanam dalam perangkat masing-masing. Bila kita dapat mengetahui ID ini, kita dapat menemukan sesuatu yang kita cari (yang kita butuhkan). Di lingkungan Operating System Windows mudah sekali untuk mengetahui ID yang kita maksud ini.  Caranya:
  1. Buka Device Manager (Control Panel ►System►Hardware►Device Manager) atau bisa juga melalui klik kanan My Computer ►Properties►Klik tab Hardware►Klik tombol Device Manager.
  2. Hardware (perangkat keras) komputer yang belum dapat dikenali oleh OS, akan diberi tanda warna kuning dengan tanda tanya (?) dan juga dengan tulisan Unknown device.  Jadi sangat mudah sekali ditemukan.
  3. Klik kanan pada Device yang belum diketahui tadi dan klik Properties
  4. Di dalam window Properties klik tab Details dan pilih Device Instance Id dari kotak pilihan drop down
  5. Anda akan menemukan tulisan seperti berikut.
PCI\VEN_8086&DEV_27DC&SUBSYS_30868086 &REV_01\4&1E46F438&0&40F0
  1. Artinya, kode yang ditunjukkan dengan warna merah itu merupakan ID Vendor atau pembuat device (perangkat) tersebut. Dan yang berwarna hijau, merupakan ID dari perangkat (device). Jadi seperti ini,

Vendor ID = 8086
Device ID = 27DC 
  1. Langkah selanjutnya buka website PCI DATABASE. Situs ini lumayan dikenal sebagai penyedia informasi mengenai perangkat. Dan cari data yang anda dapatkan tadi, ID Vendor dan ID Device. Setelah dapat anda pasti akan diarahkan langsung ke tempat mendownload software driver tadi.


No comments:

Powered by Blogger.