Ini Nih Beda kW Dengan kWh Listrik

Dua istilah ini yaitu kW (kilo watt) dan kWh (kilo watt hour). Namun tidak jarang masih ada yang bingung dengan penggunaan kedua istilah ini. Kilo berarti seribu, berarti 1 kW = 1000 W dan 1 kWh= 1000 Wh. Kali ini kita akan bahas secara ringkas kedua hal ini sebegai berikut :


kW (kilo watt)

kW adalah satuan dari daya (power). Secara definisi daya adalah banyaknya energi yang mengalir dalam setiap satu satuan waktu.  kW sendiri sebenarnya adalah kJ/s (kilo Joule per detik). Kilo Joule adalah satuan energi dan detik adalah satuan waktu. Biasanya kW atau W digunakan untuk mengkarakteristik dari sebuah peralatan elektronik seperti setrikaan, lemari es, AC, rice cooker, dan lain-lain.

Dalam hal ini menunjukkan kebutuhan daya listrik yang disediakan agar peralatan tersebut dapat aktif   dengan baik. Sebagai contoh misalkan daya listrik yang disediakan oleh PLN ke sebuah rumah adalah 900 Watt. Suatu waktu semua peralatan listrik dalam rumah tersebut dinyalakan. Jika ditotal, semua daya yang dibutuhkan adalah 1200 W. Apa akibatnya? MCB akan turun karena daya lisrtik dari PLN kurang dari yang dibutuhkan.

VIDEO PILIHAN : KODE RAHASI LISTRIK TOKEN



Selain itu kW juga digunakan untuk menentukan daya output dari sebuah solar panel. Biasanya kapasitas dari sebuah solar panel ditunjukkan dengan daya outputnya. Misal sebuah solar panel memiliki kapasitas 100W maka ini berarti solar panel tersebut akan menghasilkan 100 W jika menerima standar kondis uji (Standard test condition)

kWh (kilo watt hour)

kWh adalah satuan dari energi. Sama halnya dengan Joule. Jika daya dikalikan dengan waktu maka mengahasilkan energi.
Contoh jika setrikaan 200W digunakan selama 1 jam maka ini berarti setrikaan tersebut mengkonsumsi energi sebanyak 200 Wh. kWh digunakan untuk menentukan tagihan PLN dengan tariff tertentu.

PLN mengukur berapa banyak kWh yang digunakan oleh sebuah rumah kemudian mengalikan dengan tariff per kWh nya. 1 kWh artinya energi yang setara dengan daya sebesar 1 kW yang berlangsung konstan selama 1 jam. Karena kWh adalah satuan energi maka dapat dikonversikan menjadi Joule. Karena 1 h (1 jam) adalah 3600 detik maka 1 kWh = 1 kJ/s x 3600 s = 3600 Joule.

No comments:

Powered by Blogger.