Starter Motor Mati, Jangan Buru - Buru Salahkan AKI Motor, Bisa Jadi Bukan, Ini Penjelasannya!

Starter motor anda tiba-tiba mati alias macet gk mau di starter, awalnya biasanya berpikir  mengarah pada aki motor apalagi pemakaian yang sudah lumayan lama. Ternyata buktinya setelah dicek masih bagus yang ditandai dengan cahaya lampu yang masih terang benderang, juga suara klakson masih terdengar keras. Nah ini  berarti bukan aki kan. 

Nah bagi anda pemilik kendaraan bermotor, apabila suatu saat starter anda tidak bisa hidup, jangan buru-buru berpikir bahwa aki alias batere biang keladinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan saat starter motor mati.

1. AKI / Battery



Periksa aki motor anda, apakah masih berfungsi dengan baik. Cara mengetahui aki masih bagus atau tidak, posisikan kunci kontak pada posisi ON, apakah lampu Netral dipanel spedometer hidup atau gelap, bisa juga dari cahaya lampu (bagi motor yang mengandalkan lampu direct) atau dari suara klakson, masih nyaring atau sudah sember atau bahkan cuma tinggal getaran saja. Untuk memastikan gunakan Multimeter, apabila tegangan aki masih di kisaran 12-13,7V pertanda aki masih dalam keadaan bagus. Periksa juga kondisi sekring yang terpasang di aki tersebut, masih nyambung atau sudah putus.

2. Tombol Starter
Ini hal sepele yang kadang terlupakan atau diabaikan. Periksa apakah tombol masih berfungsi dengan baik. Karena posisi tombol berada pada area terbuka yang selalu terkena hujan dan debu, tombol ini sering sekali macet karena korosi yang dialami. Cek dengan cara buka tombol starter dan cek apakah masih nyambung atau sudah putus. Pengecekan bisa dilakukan dengan Multimeter.

3. Otomatis starter/bendik/relay

Periksa apakah bendik masih berfungsi dengan normal atau tidak. caranya, posisikan kontak pada posisi ON lalu tekan tombol starter, apabila masih ada bunti tek-tek-tek saat tombol starter ditekan itu berarti bendik masih pada kondisi yang bagus.

4. Dinamo Start

Inilah tersangka terakhir dalam kasus matinya starter sepeda motor. Sebelum membuka dinamo starter, jangan lupa test dahulu pada kabel suplay di dinamo tersebut. caranya buka kabel (biasanya warna merah) yang ada di dinamo tersebut. Untuk test gunakan multimeter yang di posisikan pada VDC. sambungkan node merah ke kabel dinamo dan node hitam ke bodi motor, lalu tekan tombol starter, apabila jarum multimeter masih bergerak berarti masalah ada pada komponen dalam dinamo tersebut. akan tetapi bila jarum tidak bergerak, sebaiknya urungkan niat anda untuk membongkar dinamo tersebut. Nah apabila jarum bergerak, sudah dapat dipastikan anda harus membongkar dinamo tersebut, siap-siaplah anda untuk membawa motor kesayangan anda ke bengkel.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan ketika motor kesayangan anda tidak dapat distarter otomatis.

No comments:

Powered by Blogger.