Tekanan Angin Ban Mobil Anda, Ini Nih Kondisi Idealnya

Ban dan roda merupakan bagian yang penting dari kendaraan (mobil), untuk itu rasanya wajib selalu mengecek tekanan angin mobil secara berkala, tekanan angin yang kurang maupun berlebih dalam ban akan mempengaruhi stabilitas dan kenyamanan ketika berkendara yang berimbas  juga pada masalah keselamatan dijalan.

Cara ketahui Ukuran Ban Mobil Normal
Beberapa pengemudi mungkin belum paham tentang besaran tekanan angin yang normal untuk sebuah mobil. Sebelumnya mesti  diketahui juga bahwa besaran tekanan angin ban setiap mobil  tentunya berbeda dipengaruhi salah satunya oleh beban mobil.

Secara umum, besaran tekanan ban paling ideal untuk bekendara bagi mobil-mobil penumpang tipe menengah seperti MPV dan Mini-SUV berkisar 30 hingga 32 PSI. Sementara untuk mobil lebih kecil seperti sedan atau city car biasanya memiliki tekanan angin sekitar 28 – 30 PSI.

Nah, berikut ini beberapa besaran tekanan ideal/ normal pada beberapa mobil dari  berbagai sumber.
  • Avanza/Xenia 30 – 32 PSI
  • Suzuki Ertiga 29 – 35 PSI
  • Toyota Fortuner 30-33 PSIHonda Mobilio (R15) 30 PSI
  • Honda Civic (R17) 35 PSI
  • Honda Brio (R14) 26 – 29 PSI
Contoh besaran tekanan angin pada mobil diatas, jelas dipengaruhi oleh ukuran rims atau velgnya. Sebenarnya ukuran tekanan angin yang normal biasanya tertera pada dinding ban, ataupun biasanya  pada stiker yang tertempel pada bagian bawah pintu supir.

Oh, iya untuk diketahui biasanya tekanan ban depan dan belakang itu berbeda. Ban depan bisa lebih besar tekanan anginnya dari pada ban belakang, sering ditemui pada kendaraan FWD dimana beban kendaraan dominan ada didepan, dari mulai mesin hingga transmisi semua ada didepan. Ditambah lagi dengan beban wheel drive yang ditanggung roda depan membuat bannya juga harus memiiliki ketahanan tinggi.

Saran, melakukan pengecekan tekanan angin paling sedikit sekali dalam sebulan atau saat akan bepergian jauh.

2 comments:

Powered by Blogger.