Cara Atasi Gagal Booting (Bootloop) Windows 10 Secara Lengkap

Bila Anda menemukan masalah gagal booting saat masuk ke  operation system(os) windows 10 komputer/laptop Anda (bootloop) jangan buru- buru cemas dan membawa ke tempat reparasi.  Error booting sesaat loading Windows terjadi berulang dan tidak pernah masuk ke halaman Windows secara normal biasanya terjadi dikarenakan seperti :
  • utak-atik dan salah edit registry;
  • virus;
  • Jarang bahkan tidak pernah mendefrag partisi;
  • pernah install driver namun tidak sesuai dengan perangkat keras;
  • Kehabisan daya laptop (baterai) dan mati saat proses Update Windows;
  • dan lainnya

cara atasi gagal booting windows 10
ilustrasi

CARA ATASI GAGAL WINDOWS 10 :
 

Cara atasi yang paling mudah yaitu menginstal ulang windows 10 Anda, namun ini membutuhkan tenanga dan waktu karena tentunya akan dibarengi dengan menginstall kembali software - software lainnya. Padahal permasalahan tersbeut diatas dapat diselesaikan tanpa harus melakukan install ulang OS Anda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat mengatasi permalasahan tersebut tanpa melakukan install ulang OS Anda

Langkah awal

Cobalah dengan memakai cara masuk kebagian safe mode, apabila masih memungkinkan masuk ke safe mode OS Anda, setelah masuk  lakukan pengubahan terhadap apa yang anda lakukan sebelumnya sebelum masalah tersebut terjadi. Apabila cara tersebut diatas belum dapat menyelesaikan, saatnya melakukan langkah kedua. Langkah Kedua

Langkah masuk ke safe mode belum dapat menyelesaikan, berikut langkah lain yang dapat dicoba. langkah ini,  Anda membutuhkan CD/DVD atau Flashdisk Operating System Windows yang bootable dan sesuai dengan yang Anda pakai.caranya yaitu :
  1. restart komputer atau laptop anda.
  2. saat muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 (kombinasi sesuaikan dengan perangkat Anda) untuk merubah setting Booting.
  3. Masukkan CD/DVD/Flashdisk Master Windows Anda.
  4. Ubah pada menu BIOS, First Boot menjadi ke CD/DVD. Sedangkan jika anda menggunakan flashdisk  ubah First Boot menjadi USB.
  5. Tekan F10 untuk melakukan save lalu restart  anda.
  6. Setelah di restart akan muncul tulisan 'Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ' Tekanlah tombol apapun pada keyboard.
  7. Tunggu beberapa saat sampai masuk ke installer Windows, lalu pilih Repair Your Computer.
  8. Beberapa saat kemudian komputer akan melakukan cek sistem terlebih dahulu. Click Next.
  9. Selanjutnya akan muncul jendela task yang memiliki 5 pilihan bagi anda. Anda dapat mencobanya satu persatu dari atas kecuali opsi Windows Memory Diagnostics.
  10. Note : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

Nah, Pilihan terakhir yaitu menggunakan Command Prompt maka akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos. selanjutnya langkahnya yaitu :
  1. Ketik DIR C: Ini untuk memanggil semua data yang ada pada Local Disk C khususnya sistem agar dapat diakses dan diperbaiki.
  2. Ketiklah salah satu opsi di bawah ini satu persatu (tidak sekaligus), mulailah dari yang paling atas terlebih dahulu. Lalu tekan ENTER.
  • bootsect.exe/nt60 c:
  • bootsect.exe/nt60 all
  • bootrec /fixmbr
  • bootrec /fixboot
  • bootrec.exe /rebuildbcd
  • bootsect /nt60 all /force /mbr
Jika ada tulisan 'The operation completed succesfully' silahkan restart komputer.

Langkah tersebut diatas sering berhasil untuk mengatasi booting yang error di windows atau tidak dapat masuk windows.  Sarann terakhir, Jika tidak berhasil, anda harus melakukan install ulang.


Artikel terkait

2 comments:

  1. Semua telah dicoba tp tetap gagal, sy terahir instal dapodik, spek lapy corei3 ram 6gb,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.