Heboh Virus WannaCry Begini Cara Pencegahannya

Sejak pertengahan bulan mei 2017 lalu, ramai dibicarakan serangan siber yang dapat menginfeksi data pengguna komputer yang terhubung dengan internet, dimana data yang telah terinfeksi akan di kunci dan meminta sejumlah tebusan agar bisa.membuka data yang telah terkunci.  Serangan virus komputer yang disebut dengan ransomeware atau wannacry ini sempat membuat heboh dan beberapa negara melakukan antisipasi terhadap serang virus tersebut.
cara cegah wannacry ransome
ilustrasi

Virus WannaCry umumnya menyerang komputer yang menggunakan operasi sistem berbasis Windows. Nah, untuk menangkal atau melindungi komputer Anda dari virus Wanna Cry sebenarnya mirip dengan virus komputer lain, selama Anda rajin mengupdate antivirus, pacth Windows Anda dan berprilaku mengakses internet yang legal niscaya aman dari serangan virus komputer.

Baiklah apapun, untuk mencegah dan melindungi komputer Anda dari  Virus Wanna Cry, begini caranya seperti yang pernah di rilis Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) , langkah pencegahannya yaitu :
  1. Segera lakukan pemutusan koneksi jaringan internet dengan mencabut kabel LAN dan atau matikan koneksi WiFi.
  2. Matikan semua fitur Macros dan SMB Service, lalu aktifkan Firewall Block Port 139, 445, 3389.
  3. Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB flashdrive. lalu nstall Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke komputer.
  4. Scan komputer Anda dengan antivirus yang telah diupdate dengan menggunakan mode full scan.
  5. backuplah data penting Anda ke media penyimpanan lain yang aman dan bersih
Nah mulai sekarang, viasakan untuk secara berkala mengupdate antivirus maupun os windows anda dan juga berprilaku berinternet yang legal

No comments:

Powered by Blogger.