Header Ads

Peristiwa langka Transit Venus

Peristiwa saat planet venus berada di antara Matahari dan Bumi ini disebut Transit Venus, sebenarnya mirip dengan terjadinya gerhana Matahari oleh Bulan(Bulan berada di antara Matahari dan Bumi di posisi sejajar).Saat terjadinya Transit Venus karena jaraknya yang sangat jauh dengan bumi menyebabkan kita hanya melihat Venus seperti titik yang melintasi piringan Matahari tidak seperti  Gerhana Matahari, Bulan yang melintas tampak menutupi seluruh permukaan Matahari karen jarak Bulan jauh lebih dekat ke Bumi dibanding Venus.

Venus yang kerap tampak menghiasi langit fajar atau senja ini dengan cahaya yang terang (dijulukin Bintang Kejora) akan terlihat dari bumi melintasi matahari pada tanggal 06 Juni 2012, Planet Venus akan berada di muka Matahari, tampak sebagai bintik kecil.


Peristiwa Transit Venus kadang disebut Gerhana venus ini merupakan peristiwa langka, terakhir terjadi tahun 2004.  Setelah tahun ini, Transit Venus baru akan terjadi 105,5 tahun lagi, 11 Desember 2117.


Indonesia secara umum akan dapat melihat Transit Venus sejak Matahari terbit. Untuk Lokasi terbaik  mengamati transit Venus 2012 di Indonesia adalah di wilayah Indonesia bagian Timur dan sebagaian wilayah Indonesia bagian tengah.


Transit Venus harus diamati dengan teleskop yang telah dilengkapi filter Matahari. Pengamatan yang lebih baik sebaiknya pergi ke planetarium atau observatorium terdekat. Ada satu peringatan yang mesti diperhatikan Pengamatan tanpa pelindung bisa mengakibatkan kebutaan.   (google)

No comments:

Powered by Blogger.