Peristiwa Langka Transit Venus

Mengapa Transit Venus yang  terjadi (06/06/2012) menjadi sangat langka dan sayang dilewatkan. Fenomena astronomi ini bisa diamati dengan mudah baik dengan mata telanjang atau dengan teleskop mulai dari ukuran paling sederhana, sehingga sangat sayang jika dilewati begitu saja.




Transit Venus adalah peristiwa saat posisi planet berada di antara Matahari dan Bumi sehingga akan tampak sebagai titik hitam yang bergerak di muka Matahari. Nah berikut ini alasan transit venus ini sangat langka :
  1. Frekuensi terjadinya transit sangat jarang, Dalam satu abad hanya terjadi dua kali transit Venus. Masing-masing dengan jangka waktu 8 tahun, namun peristiwa berikutnya harus menunggu lebih dari seabad, 121 tahun atau 105,5 tahun tergantung periodenya. 
  2. Transit Venus terakhir kali terjadi tahun 2004 dan berikutnya terjadi 6 Juni 2012. Setelah itu, baru tahun 2117 transit Venus akan kembali terjadi. 
  3. Tidak setiap kalau terjadi transit Venus. Hal ini terjadi karena orbit Bumi dan Venus punya perbedaan sekitar 3,4 derajat. Posisi sejajar dan lurus hanya terjadi berulang dengan periode 8 tahun, 121 tahun, 8 tahun, dan 105,5 tahun. 
  4. Transit hanya terjadi untuk dua planet inferior atau planet dalam yakni Merkurius dan Venus. Hal ini karena kedua planet itulah yang mungkin melintas di antara Bumi dan Matahari. Sementara planet lainnya tidak mungkin terjadi transit dengan Matahari.
  5. pada peristiwa transit Venus tanggal 6 Juni 2012, tidak seluruh daerah yang bisa mengamatinya. Beruntung, seluruh wilayah Indonesia masuk dalam wilayah pengamatan. Wilayah Indonesia Timur dapat mengamati peristiwa tersebut dari awal hingga akhir yang berlangsung sekitar 6 jam. Sementara wilayah Indonesia barat dapat mengamati lebih dari 5 jam.

No comments:

Powered by Blogger.