Cara Men-Trace Atau Melacak IP Address Seseorang

Ada yang ingin tau cara men-trace atau melacak IP Address seseorang? Dalam posting ini dishare bagaimana cara melacak/ trace ip seseorang. Banyak  sebenarnya cara untuk men-trace IP, dengan memakai  Yahoo Messenger(YM), Facebook dan Juga Whatsapp, Caranya men-trace dalam posting ini cukup sederhana seperti dibawah ini :



Tracing via facebook

Facebook sudah ada fitur yang memungkinkan kita untuk berbagi lokasi atau disebut dengan Live Location. Jadi, kita bisa berbagi lokasi secara live dimanapun kita berada. Berbagi lokasi juga bisa dalam group chat. Bisa dibilang saat ini fitur pada Facebook ini sedang menyaingi fitur pada Google Maps. Selain bisa berbagi lokasi pengguna, fitur terbaru Facebook ini juga memungkinkan kita untuk melakukan pencarian lokasi teman ataupun keluarga.Caranya dengan :
  1. Buka aplikasi Messenger lalu pilih ikon dengan nama ‘Location’. Ikon ini kita pilih agar kita bisa berbagi lokasi keberadaan kita dengan teman-teman. Selain memilih ikon ‘Location’, bisa juga memilih ikon ‘More’ untuk memilih lokasinya secara lebih spesifik.
  2. Kita bisa melihat tampilan peta dari lokasi terkini kita sendiri sebagai pengguna Facebook. Kita bisa melihat pilihan berwarna biru. Pilih opsi tersebut untuk mulai membagikan lokasi kita pada teman-teman Facebook.
  3. Setelah fitur berbagi lokasi tersebut diaktifkan, maka teman-teman Facebook kita bisa melihat pergerakan kita selama 60 menit kedepan.
  4. Jika kita ingin melacak keberadaan atau lokasi teman yang juga berbagi lokasi, maka kita bisa melihatnya secara langsung bagaimana pergerakannya. Bahkan kita bisa mengetahui berapa kira-kira estimasi waktu sampai tiba dilokasi teman kita yang dituju.
  5. Jika kita ingin mematikan fitur berbagi lokasi, maka kita bisa memilih opsi ‘stop sharing’. Secara otomatis, teman-teman kita tidak akan bisa lagi mengetahui lokasi terkini keberadaan kita.
  6. Bagi yang menggunakan fitur pencarian lokasi di Facebook untuk pertama kali mungkin akan kebingungan dengan fungsi ikon jam dibagian bawah kanan peta. Disana tertera durasi waktu. Seperti yang disebutkan diatas, bahwa kita bisa berbagi lokasi selama 60 menit kedepan. Ini berarti teman-teman kita bisa mengetahui posisi dan pergerakan kita selama 60 menit saja. Ikon jam dibagian bawah peta tersebut menunjukkan durasi waktu yang tersisa sampai 60 menit habis. Jika sudah melewati durasi waktu 60 menit, maka fitur berbagi lokasi tersebut mati secara otomatis. Tapi kita bisa menghidupkannya kembali kapanpun.
Selain bisa berbagi lokasi kita secara update, kita juga bisa berbagi lokasi secara spesifik. Misalnya saja jika kita ingin melakukan pertemuan dengan teman di cafe atau lokasi tertentu. Maka kita tinggal memilih opsi ‘Location’ atau ‘More’. Selanjutnya, kita bisa memilih ikon dengan warna merah yang ada dibagian atas kanan. Ikon tersebut digunakan untuk kita memilih lokasi pertemuan yang kita inginkan.
 

Trace via yahoo mesesnger :

Buka jendela prompt pada windows lalu Ketikan perintah command prompt :  netstat -a atau -n
Lalu bisa memakai perintah : c:/tracert <IP address>
Untuk yang visual,  coba dengan s/w visualroute , di googling aja untuk mendownloadnya

Langkah lainnya :

Pada command prompt (cmd.exe) gunakan perintah:

-Tracert (TraceRoute)
-NSLookUp (NameSpaceLookUp)

Cara untuk men tracert <ip address>

Contoh:

C:\>tracert 192.168.0.1
Perintah tracert tersebut , akan mendaftar semua nodes dari IP asal ke IP tujuan.

Untuk mengetahui DNS name saja, ketikan :

nslookup <ip address>

Contoh:

C:\>nslookup 192.168.0.1

Untuk cara mudah mengetahui lokasi seseorang seperti kota, negara dan lainnya, langsung berkunjung ke www.whatismyipaddress.com , setelah itu masukin IP hasil dari belajar trace diatas.

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. gan tolong dong klo cara kita mengetahui paket internet yang kita pake gimana?
    soalnya semua yg urus teknisi
    tapi sekarang2 nge lag terus
    curiga pindah ke paket kecil lg
    soalnya pernah kejadian
    skrg teknisi nya sibuk trs susah dihubungi
    warnet must go on
    hhe

    ReplyDelete
  2. bang, bisa kasih gambarnya juga ga? kurang paham:(

    ReplyDelete

Powered by Blogger.