Apa Yang Dimaksud Dengan Hit, Pageview, Visits, Unique Visitors, Bandwidth / Data Transfer, Traffic Viewed Dan Traffic Not Viewed, Robot Spider ?

Apa itu Hit?
Setiap permintaan ke webserver (baik itu gambar, teks, file lain, maupun request yang alamatnya salah sehingga menghasilkan kode error 404) akan menghasilkan 1 hit. Teknisnya, 1 hit adalah 1 HTTP request ke website Anda. Angka hit (biasanya) akan lebih besar dari jumlah file yang direquest, karena request yang bersifat resume dan yang gagal (kode respon 404, 302, 500, dll) pun akan direkam.

Hit akan lebih besar daripada pageview, visits, unique visits.

Setiap pengunjung membuka sebuah halaman HTML website Anda, mungkin saja menghasilkan beberapa hingga belasan/puluhan hit, karena di halaman website Anda tersebut dapat berisi banyak gambar, link ke file Javascript dan CSS.

Meskipun ini adalah data yang paling 'mentah', namun data ini yang paling reliable untuk dibandingkan antara satu website dengan website lain, atau satu website di server hosting yang lama dengan di server hosting yang baru.

Apa itu pageview (jumlah halaman)?
Pageview (jumlah halaman) di program AWStats didefinisikan sebagai hit terhadap file berekstensi teks seperti HTML, TXT, dll yang berhasil (kode respon 200). Di MWN, ekstensi file skrip seperti PHP pun dianggap sebagai teks, jadi jika skrip PHP Anda banyak menghasilkan gambar, perhitungan pageview website menjadi kurang akurat/representatif.

Pageview adalah sebuah pendekatan/perkiraan terhadap jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung. Antara satu program statistik/server hosting dan program/server lain bisa saja berbeda karena definisi persis pageview dan settingnya bisa berbeda. Jadi ketika membandingkan dua data pageview, perlu mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.

Apa itu visits (kunjungan)?
Visits (kunjungan) di program AWStats didefinisikan sebagai request oleh klien dengan alamat IP dan browser yang sama dalam rentang waktu 30 menit. Misalnya seorang pengunjung mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu halaman lain di menit ke-20, dan halaman lain lagi di menit ke-40. Maka ketiga request (hit) ini dianggap satu visit yang sama karena semuanya terjadi dalam rentang di bawah 30 menit. Namun jika seorang pengunjung lain mengakses sebuah halaman di menit 1, lalu baru mengakses lagi di menit 35, maka kedua hit ini akan dianggap dua buah visit yang berbeda.

Visits merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak kunjungan yang dilakukan terhadap website Anda. Karena kunjungan memang merupakan sesuatu yang sulit didefinisikan secara eksak, karena kebiasaan browsing orang yang berbeda-beda. Bisa saja seseorang membuka website Anda lalu mengklak-klik beberapa halaman selama beberapa menit, lalu menutupnya. Satu kunjungan yang jelas. Tapi bisa juga seseorang lain membuka website Anda, lalu membuka window atau program lain dan bekerja selama beberapa jam, baru kembali lagi ke browser yang tadi belum tertutup. Satu kunjungan atau dua? Belum lagi cara-cara browsing lain yang berbeda.

Log webserver tidak mencatat cookie, sehingga sesi kunjungan tidak dapat dideteksi dengan jelas. Karena itulah digunakan perhitungan pendekatan yang cukup umum yaitu selang waktu 30 menit.

Jadi ketika membandingkan dua data visits dari dua program/server hosting yang berbeda, ada baiknya mengingat hal ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.

Apa itu unique visitors (pengunjung unik)?
Unique visitors (pengunjung unik) di program AWStats didefinisikan sebagai visits dalam 1 bulan yang dilakukan oleh komputer dengan alamat IP dan browser yang sama.

Unique visitors akan lebih kecil atau sama dengan visits, karena bisa saja seorang pengunjung melakukan beberapa visits ke website Anda dalam 1 bulan.

Unique visitors merupakan upaya pendekatan/perkiraan untuk mengetahui berapa banyak orang (pengunjung) yang mengunjungi website Anda. Ketika membandingkan dua data unique visitors dari dua program/server hosting yang berbeda, ada baiknya mengingat keterbatasan ini dan memaklumi perbedaan yang ada. Bandingkan juga hit-nya.

Apa itu bandwidth / data transfer?
Data transfer adalah jumlah total data, dalam satuan byte atau KB (kilobyte) atau megabyte (MB) atau gigabyte (GB), yang dikeluarkan oleh website Anda untuk melayani permintaan dari pengunjung.

Untuk file-file statik seperti HTML dan gambar (GIF/JPG/PNG), ukurannya akan kurang lebih sama dengan ukuran file yang bersangkutan. Misalnya, dalam 1 bulan sebuah gambar berukuran 50KB direquest sebanyak 1000 kali. Maka data transfer untuk gambar tersebut adalah sekitar 50KB x 1000 = +- 50MB.

Untuk file skrip, ukurannya bukanlah ukuran kode sumber (source code) skrip tersebut, melainkan ukuran output dari skrip. Bisa saja sebuah skrip terdiri dari beberapa baris saja, tapi outputnya beratus-ratus KB. Maka yang diukur adalah output yang sekian ratus KB tersebut.

Semakin besar data transfer, semakin besar pula kebutuhan bandwidth untuk website tersebut.

Di MWN, setiap paket hosting memiliki batasan jumlah data transfer per bulan yang diizinkan. Namun saat ini jika sebuah website melebihi batasan data transfer ini, website belum akan diblokir atau dikenai biaya tambahan.

Apa itu traffic viewed dan traffic not viewed?
Website dapat diakses oleh manusia dan oleh program (skrip/robot/spider). Program penganalisis web seperti AWStats mencoba mengukur trafik yang dihasilkan oleh manusia saja, karena umumnya trafik oleh skrip/robot tidak diperhitungkan jika bicara tentang harga website atau harga iklan. Trafik oleh skrip/robot bisa dihasilkan dengan mudah dan dapat membuat laporan statistik menjadi tidak akurat.

Di AWStats, akses oleh manusia dinamakan traffic viewed. Akses oleh robot/spider/skrip/spam disebut traffic not viewed.

Data yang dilaporkan untuk adalah untuk traffic viewed saja, tidak untuk traffic not viewed. Tapi jumlah traffic not viewed diperlihatkan juga di laporan statistik.

Apa itu robot/spider?
Robot/spider adalah program yang mengakses halaman-halaman website (umumnya secara otomatis). Contoh robot/spider adalah milik search engine seperti Google, atau program pendownload masal seperti Wget.

Bagaimana memblokir robot/spider?
Tidak semua robot bersifat merusak/merugikan website Anda. Robot seperti milik search engine justru diharapkan, karena akan membantu halaman-halaman website Anda terdaftar lebih banyak di search engine. Robot baru akan merugikan bila terlalu cepat/banyak mengakses website sehingga membuat website/server menjadi pelan atau bahkan error. Untuk memblokir robot dapat digunakan file robots.txt (http://www.robotstxt.org/) atau dengan memblokir alamat IP-nya lewat .htaccess. Jika Anda butuh bantuan teknis, dapat menghubungi technical support kami.

Mengapa ada pengunjung yang tidak diketahui negaranya?
Negara sebuah pengunjung diperoleh dari database alamat IP. Database ini tidaklah selalu lengkap dan akurat, karena pemakaian sebuah alamat IP oleh berbagai ISP di dunia tidaklah selalu bisa dimonitor secara sentral. Namun pada umumnya ini bukan masalah, karena hanya sebagian kecil saja (mis: di bawah 5-10%) pengunjung yang tidak diketahui negaranya. Sebagian besar diketahui dan dari data tersebut Anda dapat melihat dari negara mana saja mayoritas pengunjung Anda.



Sumber : http://kb.masterweb.net

3 comments:

  1. oooo gitu ya gan,,, jadi robot spider itu penting ya??? saya baru tau,,, gan gimana ya caranya supaya kita tau kalo blog kita itu dofollow atau gak>>???

    http://rickieshops.blogspot.com/
    mohon kunjungannya gan... thanks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.