Kursus Latihan Mengemudi Borneo Di Singaraja

Hari Gini belum bisa bawa mobil?, walaupun belum bisa setir mobil paling tidak tau tentang bagaimana sih orang yang setir mobil itu? atau apa saja yang mesti diketahui untuk bisa setir mobil, Nah yang perlu diketahui yaitu :



  1. Posisi  tongkat Prosneling dan  urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untuk mundur)
  2. Putaran Stir full kekanan dan kekiri
  3. Tempat Pedal Kopling tekan atau injak dan lepaskan secara perlahan
  4. Posisi pedal Gas seberapa efek powernya
  5. Pedal Rem seberapa tekanannya!
Bila hal tersebut sudah dikenali, maka mulailah dengan mengetahui teori mengemudi, seperti ini nih :
  1. Sebelum menyalakan mesin mobil, sebaiknya dilihat dan pastikan posisi tongkat prosneling  (stik prosneleng)  posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan kekiri serta ke depan dan ke belakang.   Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam    tahap awal
  2. Untuk tahap berikutnya periksa kembali Hand rem atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri   tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah   kiri,namun bila type mobil anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebut berada di    sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya    turunkan tuasnya.
  3. Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemuadidengan nyaman, senyaman mungkin, karena posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk  kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam  mengemudi bersadarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan  badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan kedepan mobil, lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita, majukan dulu bila  jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara full.  Atau mundurkan bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan  pegangan  tangan kita di posisi stir. Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan  putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri , akhirnya kita tidak   bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki  tikungan  atau menghidardari rintangan.
  4. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik    nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi    setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full    kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua    kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T.
  5. Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka mulailah anda menghidupkan posisi mesin    kendaraan putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan     terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedo miter mobil anda     beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange namun di posisi     tersebut  kondisi mesin mobil belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi kanan , maka secara     sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin    mobil anda . AWAS kami harap anda janga dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena    kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam tahap kita belajar mengemudi.
  6. Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah    kiri sendiri karena di bawah ada 3 pedal . Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling    saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas kopling  dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal GAS dengan lembut, bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus tahu itu . Bila berada di posisi  aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba  untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata
  7. Lalu tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi    prosneleng keposisi kiri, atau anda  tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke    arah depan bila anda menginnginkan untuk melaju kedepan, namun bila anda menginginkan untuk    melakukan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan sampai mentok lalu anda    tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi prosneleng atret (krek)
  8. Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai   body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secara perlahan sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan  perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan katan dari kaki kiri  maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan anda dari pedal Rem dengan catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil
  9. Bila mobil anda sudah molai bergerak jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan  semuanya baik pedal Kopling tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu   stanby di posisi Rem , sampai anda bisa merasa rileks dan sedikit tenang serta bisa sedikit    menikmati laju dari mobil tersebut.
  10. Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rileks     walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi     sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada  posisi kopling angakat habis atau lepas habis     namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit      sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki      kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas     tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan , lakukan penyentuhan dengan lembut topangkan     kaki kanan tersebut di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya      pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus,      sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil yang anda     kemudikan,namun tentunya cukup pelan saja
  11. Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman lakukan pemutaran stir dengan tenang    dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki     kanan posisikanstandby di posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila    menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk    ke posisi tikungan. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal    yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar    kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti    akan fatal. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulkan kecelakaan di posisi menikung.
Itulah sedikit toeri awal mengenal sebelum ada belajar mengemudi, kemudian untuk prakteknya sebaiknya dicari pendamping/ pengajar mengemudi yang sudah pengalaman, salah satunya tempat kursu mengemudi Borneo Singaraja.

Kursus Mengemudi Borneo sudah berdiri sejak lama, dan telah menghasilkan pengemudi - pengemudi handal, terdapat anke  program pelatihan mengemudikan yang variatif  yang dipandu dipandu oleh trainer bersertifikasi & kendaraan manual yang terawat bersih dan kondisi prima.  Lokasi Kursus Mengemudi Borneo terletak di Jalan Ahmad Yani Barat No. 176  Telp (0362)29581 Singaraja Bali, Phone: 0821-4402-2222.

No comments:

Powered by Blogger.