4 Langkah Troubleshooting Komputer Yang Mati

Ketika akan menyalakan komputer , namun komputer anda tidak bisa menyala alias mati atau tidak ada respon sama sekali dan mungkin juga lampu komputer yang biasanya menyala, sekarang tidak.

 
Kondisi seperti itu tentu membuat kita kaget atau takut (kalau minjam komputer orang he.he) dan bahkan mengesalkan. Tetap tenang dan lakukan analisa dan langkah - langkah seperti dibawah ini untuk mengetahui penyebabnya :
  1. Periksa terlebih dahulu kabel power di komputer, apa sudah terpasang dengan    baik (tidak  longgar).  Periksa semua kabel yang menghubungkan komputer, monitor, UPS atau stabilizer, apakah sudah   terpasang dengan baik. bisa jadi hanya UPS dan stabilizer anda yg rusak,  coba nyalakan   komputer tanpa memakai UPS/stabilizer, lihat apakah komputer anda menyala.
  2. Apakah anda pernah melakukan perubahan pada perangkat komputer anda sebelumnya,  coba  dingat - ingat terlebuh dahulu.seperti memindahkan komputer, atau mengutak atik bagian dalam komputer, atau mengubah    setting BIOS, atau juga merupah voltage power supply kalo iya coba kembalikan seperti semula.
  3. Kalau pernah merubah setting BIOS dan anda tidak bisa mengubahnya kembali karenakomputer tidak ada respon maka anda perlu me-reset BIOS secara manual.Baca manual mainboard komputer anda pada bagian me-reset BIOS, lakukan dengan benar.
  4. Dengarkan apakah komputer anda mengeluarkan suara  beep panjang atau berulang-ulang?  untuk  mengenali arti suara beep tersebut Klik disini

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan , tetapi komputer tetap tidak menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komputer, umunya kerusakan terjadi pada :

  • Kerusakan biasanya pada Power supply, bila lampu poer komputer tidak menyala
  • Kerusakan pada VGA Card, Mainboard & memori, bila komputer menyala tetapi layar monitor  gelap. Kerusakan terntentu pada hardidsk juga bisa menyebakan hal yang demikian.
  • Kerusakan pada layar monitor (LCD), bila komputer menyala da ada suara beep 1 x dan lampu  hardisk menyala, dan semua kipas berjalan.

Bila anda sudah mengetahui dengan pasti maka segeralah dilakukan perbaikan sendiri atau segera menghubungi teman anda yang bisa atau juga teknisi dan menjelaskan kerusakannya dengan tepat, sehingga biaya dapat diukur dan  bisa lebih menghemat.

2 comments:

  1. ini kurang lengkap

    saya minta diperlengkap ya _biar lengkap

    ReplyDelete

Powered by Blogger.