Sejarah Perkembangan Ponsel dalam kurun waktu 70 tahun terakhir, Dari Transceiver Backpack ke Smartphone.

Pada era sekarang hampir dipastikan setiap orang membawa dan memiliki  ponsel, dahulu merupakan barang langka dan mewah, penggunanya adalah kalangan terbatas dan tertentu saja. Sekarang hampir sudah menjadi kebutuhan pokok sehari - harinya.

Berbagai macam jenis ponsel dengan fitur yang canggih telah ada didalam genggaman setiap orang. Sebelum ada smartphone seukuran telapak tangan dengan fitur canggih, ada ponsel seperti Motorola RAZR dengan fitur kameranya . Sebelum itu juga, ada ponsel flip sederhana dengan kemampuan hanya telpon dan SMS.

Mungkin suatu hari ada jenis ponsel yang dapat ditekuk seperti sepotong plastik tipis.  Mungkin kedepan, Anda dapat menggunakan ponsel tanpa menyentuhnya, melakukan semua  multitasking dari implan selular saja.

Di bawah ini, sejarah  ponsel dan perkembangannya  dalam 70 tahun terakhir seperti yang di ulas di Wonder How To.  Alexander Graham Bell pasti akan bangga dengan perkembangan sepesat ini.
 1938
Ponsel, SCR-194 dan 195 adalah portable pertama AM radio, diproduksi oleh US Army Signal Corps Teknik Laboratorium di Fort Monmouth, NJ.  Dianggap sebagai "walkie talkie" pertama, perangkat ini beratnya sekitar 25 kilogram dan memiliki jangkauan 5 mil.  Mereka banyak digunakan untuk batalyon infanteri dan selama Perang Dunia II.

1940


Berikutnya adalah SCR-300 transceiver radio, dikembangkan untuk Militer AS oleh Motorola.  Kali ini radio FM portabel, beratnya 32-38 pounds dengan jangkauan 3 mil. Ini menggantikan-SCR 194 dan 195 dengan hampir 50.000 unit digunakan dalam Perang Dunia II oleh tentara Sekutu.


1943

Motorola memproduksi Handie talkie pertama untuk AS, berlabel SCR-536, 130.000 unit yang diproduksi dan digunakan selama perang. beratnya hanya 5 pon.  mempunyai daya jangkau 1-mil - 3 3 mil .

1946

Ditahun ini layanan telepon seluler komersial pertama diperkenalkan, yang disebut Mobile Telephone System (MTS) . Peralatan aslinya  besar, berbobot 80 pounds dengan band-band panggilan terbatas yang tersedia dari AT & T. Layanan ini tidak murah dengan biaya $ 30 per bulan (kira-kira $ 330 sekarang) dengan tambahan biaya per panggilan, perangkat ini digunakan oleh utilitas, operator armada truk, dan wartawan.

 1956
 
Ericsson Mobile System A (MTA) adalah sistem mobile otomatis pertama untuk mobile.  Pertama kali digunakan oleh Swedia, berat per unitnya setara dengan 300 iPhone.

 1964
dari perkmbangan sebelumnya dan adaptasi dari selular Bell baru pra Mobile Perbaikan Telephone Service (IMTS) , telepon selular mobil yang lebih maju dengan menekan tombol dan lebih ringan. Selama bertahun-tahun, mereka berhasil untuk menurunkan berat ponsel ke kisaran 20-pon.


1973

Dengan prototipe dari portabel (Dynamic Adaptive Jumlah Cakupan Area) Ponsel DynaTAC, mantan Wakil Presiden Motorola Martin Cooper perusahaan  swasta pertama yang membuat telepon selular menjadi praktis.

1982


Dengan ukuran yang mengesankan dari prototipe DynaTAC, sepenuhnya otomatis layanan selular internasional NMT ini merupakan generasi pertama ( 1G ) komunikasi mobile.
1983
10 tahun kemudian setelah prototipe, Motorola DynaTAC telepon selular dibuat tersedia untuk umum, beratnya di bawah 2 kilogram, tapi dengan harga hampir $ 4.000 (hampir $ 9000 sekarang)  bekerja pada AMPS , 1G analog layanan pertama di Amerika Utara, yang diluncurkan pertama kali oleh Ameritech di Chicago.

1984
Kembali ke perangkat mobile yang lebih besar, Talkman Mobira dibawa waktu bicara yang panjang dengan biaya yang lebih murah. Para DynaTAC hanya bisa mengatur 60 menit waktu bicara.

1989
 
Selanjutnya adalah Motorola MicroTAC , yang memperkenalkan desain ponsel flip pertama.  Ini  adalah ponsel saku pertama di dunia.

1992
The Motorola Internasional 3200 menjadi digital berukuran tangan ponsel pertama yang digunakan 2G teknologi digital terenkripsi (diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai GSM ).

1993

Mungkin ini smartphone pertama didunia, Ponsel IBM Simon adalah sebuah ponsel, pager, mesin fax dan PDA, termasuk kalender, buku alamat, jam, kalkulator, notepad, email, gamer dan touchscreen dengan QWERTY keyboard.  Harganya  $ 899, (lebih dari  $ 1300 saat ini)

1994
Mobil telepon tetap populer, meski berukuran saku kecil-versi mereka, tetapi Motorola Bag Telepon (2900) adalah telepon mobil untuk memiliki karena waktu bicara panjang, hidup yang hebat baterai dan jangkauan sinyal yang superior. Mereka pertama kali bekerja dengan 1G jaringan, tetapi akhirnya menyeberang ke wilayah 2G.

1996
Motorola meluncurkan pertama clamshell ponsel dengan StarTAC ,  disebut "clamshell"-karena menyerupai kerang membuka dan menutup tutup. Ponsel ini bekerja pada jaringan 1G, tetapi akhirnya menyeberang ke dunia 2G.  Ini dikatakan terinspirasi oleh komunikator dari seri Star Trek asli.

1997


Ponsel Simon yang terdahulu ponsel yang canggih, tetapi Nokia 9000 Communicator adalah apa yang benar-benar membawa pada era smartphone. Ini adalah ponsel pertama yang juga bisa disebut mini-komputer (meskipun memiliki akses web terbatas). Ketika dibuka, desain clamshell membujur mengungkapkan sebuah layar LCD dan keyboard QWERTY penuh yang pertama pada ponsel.

1998
Nokia 8810 adalah ponsel pertama tanpa sebuah antena eksternal atau stub-antena, mungkin membuka jalan bagi iPhone dan droid.  Hal ini juga membuat ponsel lebih estetis, dengan tombol cover geser-nya.


1999
Salah satu ponsel paling populer dalam sejarah adalah Nokia 3210 , dengan lebih dari 160 juta dijual. Ini adalah salah satu yang pertama untuk memungkinkan pesan gambar, namun hanya terinstal yang seperti "Happy Birthday", dan merupakan salah satu yang pertama yang menyasar pasar kawula  muda.

Nokia 7110 adalah ponsel pertama yang menggabungkan Wireless Application Protocol (WAP), yang memberikan pengguna akses web mobile untuk perangkat sederhana yang dilucuti-down versi teks terbanyak, tapi langkah revolusioner untuk mobile internet.

GeoSentric yanag pertama kali membuat  ponsel pertama di dunia dengan sebuah navigator GPS yang terintegrasi dalam satu produk-the Benefon dan memungkinkan pengguna untuk memuat peta untuk melacak posisi dan gerakan.

Di Jepang, Kyocera Visual Telepon ( VP-201 ) adalah yang pertama memiliki kamera built-in, tapi itu dirancang terutama sebagai peer-to-peer telepon video, dibandingkan dengan tahun depan Sharp yang ini .

2000

Sharp pertama kali menluncurkan ke pasar, ponsel kamera dengan mereka -J SH04 (J-Phone), yang dirilis oleh J-Mobile di Jepang. Ini menawarkan hanya resolusi 0,1 megapiksel.
Olympus dipercaya untuk menjadi kamera pertama yang mengirimkan gambar digital melalui jaringan selular dengan mereka Deltis VC-1100.  Lainnya lebih dengan  Philippe Kahn  kamera ke ponsel dengan kabel untuk mengirim foto bayi baru lahir. Tapi J-SH04 yang merupakan pertama yang tersedia secara komersial ponsel memiliki sensor CCD terintegrasi, dengan Sha-Mail (Picture-Mail) infrastruktur.  Ini adalah awal dari apa yang kita kenal sebagai MMS .
2002
 
Tidak terlalu beda dengan J-Phone, Sanyo 5300 dari Sprint adalah ponsel kamera pertama yang dijual di Amerika Utara.
RIM BlackBerry 5810 bukan perangkat BlackBerry yang pertama, tapi itu yang pertama untuk memasukkan ponsel ke merek yang populer mereka hanya perangkat data. Seeorang yang Profesional yang membutuhkan akses langsung ke email mereka dan jadwal target utama bagi RIM, tapi built-in telepon berhasil menarik untuk semua orang. Kekurangannya? Tidak ada pembicara atau mikrofon.
 
Salah satu ponsel pertama untuk melengkapi fiturweb fungsional penuh dan mengintegrasikan klien instant messaging (AIM) adalah Hiptop Danger pada tahun 2002, kemudian kembali mencap-Mobile Sidekick T. Fiturnya dapat mengolah pesan melalui fungsi  fitur keyboard. Juga fitur yang baru adalah layar LCD yang dapat diputar dan dibalik dengan di dukung fungsi keyboard QWERTY yang besar.

Mungkin melebihi prestasi BlackBerry, Microsoft Pocket PC Phone Edition mulai memenuhi pasar dan menyebar  seperti HP Jornada 928 Wireless Digital Assistant, menggabungkan yang terbaik dari PDA dengan jaringan nirkabel terintegrasi dengan kemampuan olah data. Dan ini adalah tambahan yang lebih maju dari  perangkat yang menggunakan Windows Mobile Classic yang dapat  menjalankan sebuah Windows XP versi mini
 

Telepon lain yang menambahkan dukungan fungsi PDA adalah Palm Treo 180 oleh Handspring, menjalankan Palm OS.
2004
Perangkat yang sangat populer berikutnya adalah ponsel kamera yang disebut RAZR Motorola , yang pertama kali dipasarkan sebagai fashion "telepon" di tahun 2004, menjual 50 juta unit di pertengahan tahun 2006. Ponsel ini hadir dengan tampilan baru dari ponsel - ponsel sebelumnya
2005
Smartphone Palm pertama yang beroperasi di luar dari Palm OS adalah Treo 700W , didukung oleh Windows Mobile. Ponsel ini adalah alternatif yang besar bagi pengguna yang membutuhkan akses ke perangkat lunak Microsoft di mana saja.
 
Percaya atau tidak, iPhone bukan ponsel pertama yang memiliki pemutar musik iTunes Apple terintegrasi. Ponsel  sejenis itu adalah Motorola ROKR E1, tapi ponsel ini hanya bisa mengelola 100 lagu dan tidak persis sama dalam pengolahan lagu dengan iPhone

2007

Steve Jobs memperkenalkan iPhone Apple , sebuah smartphone touchscreen revolusioner. Ini bukan smartphone yang pertama, tapi itu yang pertama untuk mendapatkan hak user interface, yang mengadaptasi 3G teknologi (yang telah tersedia sejak 2001 ).
2008

Smartphone yang pertama menjalankan Google Android OS. Ponselnya adalah HTC Dream smartphone slider. Dengan fitur keyboard QWERTY, full HTML web browser, Gmail, YouTube dan banyak lagi, dan membuka jalan bagi ponsel seperti Nexus 1 dan Motorola DROID.
2010
HTC EVO 4G dari Sprint adalah ponsel pertama untuk memenuhi 4G standar, berjalan di jaringan WiMAX, Dipasarkan dengan dukungan Android 2.1 dan memiliki salah satu menampilkan touchscreen terbesar, kamera 8MP, capture HD video, HDMI output, berkemampuan Mobile Hotspot dan Sense HTC.
 Hingga 2016

 Di Era sekarang smartphone Android dengan kamera bagus? Hampir semua orang, sangat menginginkan smartphone yang kameranya bagus agar bisa selfie atau foto-foto pemandangan. Apalagi anak muda yang keren kayak kamu, pasti hobi banget foto-foto. Dengan proecessor tercepat yang didesain dengan teknologi 16 nanometer Exynos 7420. Processor tersebut berakselerasi pada kecepatan Octa Core perpaduan dari Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57, dan peformanya akan disempurnakan oleh Ram 3 GB, pengolahan grafis Mali-T760, dan sistem operasi Android Lollipop terbaru.

4 comments:

  1. dari jaman walking talking yang medianya masih semi dua arah,trus muncul pager, baru deh ketemu ponsel.
    teknologi emang ga ada abisnya buat terus berkembang.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.