Perbedaan Monitor LCD dan LED

Teknologi LED (Light Emiting Dioda) Backlight mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD yang ada saat ini atau menyerupai warna aslinya.
 LCD
LCD adalah Liquid Clear Display, sebuah jenis dari layar. Layar LCD ini tipis dan hemat energi daripada layar CRT/Cembung, sehingga efisien dalam penggunaannya.

 LED

Sedangkan LED, merupakan teknologi yang lebih baru menggunakan LED, sehingga lebih hemat energi dan lebih jernih. Kalau dibandingkan, layar LCD akan terlihat lebih terang, dibandingkan LED yang tidak terlalu putih/terang sehingga nyaman dilihat.

Perbedaannya kira - kira seperti dibawah ini
:

LED :

  1. Kualitas warna gambar lebih tajam dibanding LCD
  2. Menghemat energy 40 persen dibandingkan televisi LCD dengan ukuran yang sama
  3. Bebas merkuri dan desain yang sangat tipis
  4. Tebal televise LED sekitar sepertiga tebal LCD dengan ukuran yang sama
  5. Sedangkan bobotnya biasanya separuh dari LCD

LCD :

  1. Kualitas gambar bagus, tapi image bisa tampak ‘terbakar’ di display
  2. Mercury digunakan dalam proses manufaktur
  3. Harga lebih murah dibandingkan LED

Pada monitor yang belum menggunakan backligt LED (Light Emitting Diodes), masih menggunakan suatu modul yang bernama inverter. inverter ini berfungsi untuk menyuplai listrik ke sistem penerangan yang berupa Fluorescent lam ( lampu neon kecil ). sehingga lebih memakan daya listrik.

Jadi kesimpulannya,perbedaan diantara keduanya hanya terletak pada backlight.

1.Liquid Cystal Display (LCD) dengan backlight Fluorescent lamp
2.Liquid Crystal Display (LCD) dengan backlight Light Emitting Diodes (LED).

LED yang di gunakan yaitu led yang seperti pada senter atau pada lampu sen mobil. jadi tidak lagi memerlukan inverter, karena untuk menyalakan LED hanya memerlukan daya listrik yang kecil. sehingga lebih hemat enregi atau listrik. jadi bukan LCD nya yang menggunakan sistem teknologi LED.  Sepertinya LCD yang lebih baik dari TFT sekarang ini hanya ada Pada LCD Handphone high End. Biasanya di sebut dengan Layar OLED. tekhnologi OLED ini terdapat pada wafer LCD-nya hal ini juga berlaku pada LCD Notebook.

No comments:

Powered by Blogger.