4 langkah atasi virus baru dan lokal yang tidak terdeteksi antivirus di komputer

Paling menjengkelkan memang kalo tiba - tiba komputer kita ngadat/hang atau tidak bekerja sebagaimana biasanya, kemungkinannya penyebabnya adalah virus salah satunya. Postingan kali ini membahas bagaimana cara cepat dan sederhana tapi ampuh dalam membasmi virus baru dan virus lokal yang biasanya tidak terdeteksi oleh antivirus di komputer.

Langkahnya berikut ini:

1. Matikan Virus di Memori
Tekan Ctrl + Alt + Del untuk tampilkan Windows Task Manager – Lalu ke bagian “Processes”, terus klik bagian “User Name” untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat bagian-bagian yang mencurigakan. Bila banyak yang di-loading pada memori, sebaiknya dimatikan dahulu startup yang otomatis ter-loading pada bagian bawah kanan (gambar speaker dan jam). Matikan semua dengan cara “quit” atau “exit” dari programnya.

Loading virus ke memori biasanya berupa EXE file. Langkah ini untuk mencegah virus untuk menyebar terlebih dahulu lewat memori kita. Matikan semua file EXE yang loading di memori kita yang sudah kita urutkan sebelumnya berdasarkan “User Name”. Jangan mematikan file yang kategori “System”, “Local Service”, dan “Network Service”, karena bisa membuat sistem kita Hang atau Freeze.

2. Non-aktifkan Virus di StartupEdit startup,Caranya klik menu Start>Run>msconfig – setelah itu akan tampil “System Configuration Utility”. Lalu pilihlah “Startup”, pilih file - file yang diperkirakan mengandung virus dengan cara membuang contreng (chek box) / disable atau kalo bingung, sebaiknya pilih “Disable All” dulu sementara, nantinya aktifkan kembali setelah bersih dari virus.

3. Hapus File Virus dari Komputer
Carilah dengan menggunakan fasilitas “search” pada WIndows, klik menu Start>Search, lalu carilah file EXE virus (contoh: Happy.exe) yang sebelumnya loading di memori atau startup. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari WIndows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.

4. Hapus Virus dari System Registry
Tahap ini adalah tahap terakhir. Kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita. Pilihlah Start>Run>regedit – lalu ke menu “Edit” pilihlah “Find” (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin kita hapus (contoh: Happy.exe), lalu pilih “Find Next”. Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut (berikut dengan foldernya kalau ada).

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol “F3″ atau di menu pilih “Edit” terus “Find Next”. Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan terhapus semuanya sampai bersih, dalam arti registry komputer bebas dari loading virus tersebut. Karena kalau tidak pekerjaan ini akan sia-sia.

1 comment:

  1. Pintar,..triknya,..berguna, dah dicoba, langsung ok

    ReplyDelete

Powered by Blogger.