Cara Edit Header Dan Footer Lembar Kerja Microsoft Excel

Biasa olah data di excel, tentunya tidak asing dengan Header (catatan kepala) yaitu teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu   tampil   pada   setiap   halaman, berupa nomor halaman, tanggal, jam dan sebagainya. Sedangkan   Footer   (catatan   kaki)  sama dengan header hanya saja letaknya berada di bawah lembar kerja dokumen.


Informasi yang ditulis pada Header atau Footer biasanya judul topic atau tema dan lainnya yang akan muncul di setiap halaman dokumen. Nah pemakai juga  dapat menyisipkan gambar pada Header maupun Footer. Tata letak tulisan dapat diatur yaitu berada di kiri, tengah, atau kanan dokumen.
Pada Header dan Footer bisa juga membuat tanggal Cetak atau waktu cetak sebuah lembar kerja secara otomatis mengikuti tanggal dan waktu yang dikomputer, ada beberapa fungsi yang terdapat didalamnya antara lain sebagai berikut:  
  1. Nomor Halaman (Page Number)
  2. Jumlah halaman (Number of Pages)
  3. Tanggal Saat ni (Current Date)
  4. Waktu Saat ini (Current Time)
  5. Posisi Folder File (File Path)
  6. Nama File (File Name)
  7. Nama Sheet (Sheet Name) dan
  8. Gambar latar (Picture)
Buka file Excel klik Menu Insert, Kemudian Klik  menu Header dan Footer pada Group Text

Format Halaman dari Normal berubah menjadi Page Layout, di lembaran atas terdapat tiga kolom Header dan Footer,  tentukan dimana posisi yang akan anda tempatkan catatan, tanggal, nomor atau waktu, untuk mengembalikan ke lembaran Normal (awal) klik menu Normal samping Zoom  dengan berbentuk gambar tabel yang terdapat di sudut kanan bawah lembar kerja.


Jika menempatkan di lembar bawah, posisikan mouse di kolom Heder kemudian klik Go To Footer
format Footer sama dengan Header di atas terdapat tiga kolom juga.
                          
Format tersebut akan terbaca di setiap halaman selanjutnya termasuk nomor halaman yang secara otomatis berurutan. Jika menulis catatan sebelum nomor maka ketiklah catatan text kemudian klik Page Number atau Format lainnya.

Cara memberikan Header dan Footer di microsoft excel.

Header dan footer pada lembar kerja microsoft excel digunakan untuk memberikan keterangan yang berada diatas (header) dan dibawah (footer) dari lembar kerja kita. Dengan header dan footer penulis dapat memberikan pesan atau keterangan yang bertujuan untuk meperjelas dan memberikan identity dari dokumen tersebut.

Memberikan header dan footer pada microsoft excel hampir sama dengan memberikan microsoft word, kita hanya perlu mengatur pada pengaturan page layout pada microsoft excel. untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut untuk memberikan header dan footer pada microsoft excel:

  • Buka lembar kerja microsoft office excel anda.
  • Selanjutnya pada klik menu page layout pada menu bar
  • Pada group page setup, pilih menu margin.
  • Selanjutnya akan ada jendela yang muncul, pilih menu custom margin di bagian paling bawah
  • Maka akan muncul jendela Page Setup


  • Pilih menu Header/Footer
  • Isi Header pada kolom Header dan isi kolom footer untuk memberikan footer.
  • Jika ingin memberikan isi header dan footer sesuai dengan keinginan anda, klik Custom header dan Custom Footer
  • Klik OK jika sudah selesai.


Bisa juga mengedit saat anda ingin mencetak lembar kerja tersebut seperti gambar dibawah ini :



No comments:

Powered by Blogger.