Agar Facebook Dan Instagram Kamu Aman Tidak Mudah Diretas Nah Hal - Hal Ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Dan Hindari

Jejaring sosial yang satu ini masih tetap digandrungi, tak terkecuali di Indonesia juga penggunanya tetap banyak, Bahkan di Indonesia menurut salah satu survey sempat menduduki posisi keempat sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Nah, untuk tetap aman  dalam menggunakan facebook. Berikut ini hal hal yang bisa dan sebaiknya tidak dilakukan anda saat menggunakan facebook.

1. Sebaiknya gunakan Password yang Sulit Ditebak
Password hal paling penting untuk keamanan akun anda, untuk itu hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan password yang sulit ditebak baik oleh mesin maupun orang - orang yang kamu kenal. Cobalah gunakan kombinasi password dengan huruf, angka dan karakter khusus,  hindari kombinasi password pendek.

2. Aktifkan Two-Factor Authentication
Media Facebook dan Instagram terbaru telah  memiliki fitur keamanan two-factor authentication atau autentikasi dua-faktor. jadi dengan mengaktifkan fitur ini, saat kamu ingin login ke perangkat lain (misalnya masuk lewat web browser) selain diminta memasukkan password, Facebook akan mengirimkan kamu notifikasi lewat aplikasi Facebook di smartphone. Biasanya isinya adalah konfirmasi apakah kamu benar login lewat web browser atau tidak. Jika benar kamu yang login lewat web browser, kamu bisa mengkonfirmasinya. Jika bukan, kamu bisa menolak untuk login sehingga si penjahat siber tak bisa masuk akun kamu. Selain itu autentikasi dua faktor ini juga bisa dikirim melalui SMS ataupun email.

3. Jangan Klik Link Sembarangan
Kalau kamu menerima email yang isinya link dengan iming-iming hadiah, jangan langsung semangat untuk mengekliknya. Bisa jadi link atau tautan tersebut adalah jebakan phishing yang mengarahkan kamu untuk masuk ke akun Facebook. sebaiknya diabaikan dan jangan pernah login.

4. Jangan Pilih Opsi "Remember Me" saat Login Lewat Komputer Umum
Komputer dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya dengan kehadiran opsi "Remember Me" setelah kamu login ke akun media sosial atau email. Satu hal yang harus kamu ingat, saat kamu login menggunakan komputer kantor, warnet, atau komputer umum yang bukan milik kamu, pastikan untuk tidak mengiyakan opsi "Remember Me" tersebut.

Pastikan juga untuk selalu me-log out akun kamu setelah menggunakan komputer umum. Hal ini perlu dilakukan agar akun kamu tetap aman dan tidak diakses oleh siapapun, termasuk orang yang kamu kenal.

Nah Selanjutnya, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya anda hidari atau jangan  lakukan di Facebook yaitu:

Hindari Informasi Tanggal Lahir, Nomor Kontak, Tempat Tinggal, Status hubungan, Identitas Keluarga Yang Terlalu Detil dan Terbuka Di Facebook

Tanggal lahir adalah sesuatu yang sangat penting. Untuk membuka rekening, membuat KTP, kartu kredit dan sebagainya yang ditanyakan adalah tanggal lahir. Jadi seharusnya Anda tidak sembarangan mengobral tanggal lahir tersebut. Dengan diketahuinya tanggal lahir Anda oleh orang yang tidak Anda kenal (terutama orang jahat) berarti membuka peluang untuk terjadinya kejahatan. Nomor HP yang sering Anda pergunakan untuk kepentingan resmi kantor atau membuka rekening dan sejenisnya alangkah baiknya tidak Anda perlihatkan di Facebook. Apabila memang Anda membutuhkan nomor kontak yang Anda pajang di Facebook berilah nomor HP khusus yang tidak Anda pergunakan pada urusan resmi.

Perlu Anda ketahui bahwa yang mengetahui profil Facebook tidak hanya teman-teman Anda sendiri melainkan semua pengguna Facebook di seluruh dunia. Sehingga keberadaan Anda tidak mungkin untuk diketahui orang yang tidak Anda kenal sama sekali, bukan.

Dengan diketahuinya pasangan Anda memungkinkan dapat dijadikan sebagai data pendukung pelacakan diri Anda jika ada orang jahat yang menjadikan Anda sasaran.

Mencantumkan identitas semua anggota keluarga secara detail di Facebook adalah sangat riskan untuk terjadi peluang pelacakan data pribadi Anda.

Informasi Kondisi Rumah & Kepemilikan Harta Benda

Memamerkan semua barang-barang berharga milik Anda di Facebook ini juga dapat membuka peluang tindakan kriminal. Selain dari pada itu, ketika bepergian ke luar kota dengan waktu yang cukup lama alangkah baiknya tidak Anda posting di Facebook. Misalnya berlibur ke suatu tempat yang jauh dari rumah Anda selama beberapa hari.

Membuat Status Negatif

Menuliskan kata-kata yang tidak sopan atau membuat kritikan-kritikan yang Anda tujukan ke seseorang dapat memberikan efek negatif pada diri Anda. Orang yang Anda kritik pasti tidak akan nyaman.

Foto Pribadi yang Tidak Sopan

Apa yang Anda posting di Facebook adalah cermin diri Anda sendiri. Sehingga sangat tidak etis jika Anda memamerkan sesuatu yang seharusnya tidak pantas untuk dipamerkan kepada orang lain di Facebook.

Membagikan Tanpa Mengetahui yang di Share

Kalau yang Anda share adalah sesuatu yang baik, itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika yang Anda bagikan adalah sesuatu yang negatif maka Anda akan kena juga karena orang yang membuat dan men-share adalah sama saja hukumnya. Menyukai, Menonton, berkomentar di Link Tidak Jelas

Sama halnya dengan men-share, apabila yang Anda sukai dan berkomentar di link yang tidak jelas maka dampaknya tidak hanya diri Anda sendiri namun juga pada teman-teman Anda di Facebook.

Unggah Foto Pribadi dengan Resolusi Tinggi

Foto pribadi dengan resolusi tinggi dapat menjadi sasaran empuk para editor photo. Sekarang ini dengan software tertentu dapat merekayasa foto dan gambar dengan sangat mudah. Foto dengan resolusi yang tinggi apalagi dengan tampak seluruh tubuh sangat terbuka terjadi peluang kejahatan.

Menandai Orang Lain dengan Posting Anda

Kadang sebagian orang tidak merasa kalau perbuatan menandai orang (tag) dengan status yang dibuatnya adalah kurang sopan. Alangkah sebaiknya sebelum men-tag seseorang minta ijinlah terlebih dahulu karena siapa tahu orang yang Anda tag  tidak suka dengan status yang Anda buat.

Itulah beberapa hal yang seharusnya Anda tidak lakukan di Facebook demi keamanan dan kenyamanan berselancar di jejaring sosial. Lebih baik tidak melakukan semua hal di atas dari pada menyesal dikemudian hari

Related Post : 
Cara Lihat Pesan Di Facebook Yang Telah Dihapus
Hal - Hal Penyebab FB Anda Diblokir 

No comments:

Powered by Blogger.