11 Jenis Bentuk Bodi Mobil, Ini Dia Detilnya

Bodi mobil merupakan bagian kendaraan berfungsi membawa barang atau penumpang, terbuat dari komponen yang ringan dan kuat sebab untuk melindungi penumpang didalamnya, selain itu  didesain aman dan  memberikan kenyamanan.

Desain bodi juga sangat berpengaruh dan faktor minat dan ketertarikan tersendiri bagi para calon pembeli, serat daya saing antar produsen  sehingga era kini banyak jenis - jenis body mobil yang ditawarkan oleh makin variatif mengikuti tren zaman.

Berikut adalah jenis-jenis bodi mobil yang sudah ada di Indonesia.
  1. Sedan
  2. Coupe
  3. Lift Back ( Hatch Back)
  4. Convertible
  5. Pick Up
  6. Van dan Wagon
  7. SUV (Sport Utility Vehicle)
  8. MPV (Multi Purpose Vehicle)
  9. Roadster, 
  10. Cabrio
  11. Convertible
  12. Shooting Brake
     
1. Sedan


Ciri Utama dari jenis Mobil ini memiliki tiga pilar utama, A-B-C. Tidak hanya itu, lokasi mesin, ruang kabin dan bagasi yang terpisah juga syarat sebuah sedan.  Umumnya sedan memiliki kapasitas 5 orang dengan 4 pintu penumpang. Jadi jenis Sedan cocok dibutuhkan bagi pengguna mobil dengan mobilitas tinggi sehari-hari dan tidak membutuhkan daya angkut penumpang terlalu banyak.

2. Coupe

 
Jenis mobil ini berpintu dua, sepintas mirip dengan sedan, model bodi untuk  mengakomodir minat masyarakat yang tak membutuhkan banyak ruang penumpang, dan atau sehari-hari hanya menggunakan mobil berdua atau bahkan sendirian.



Di beberapa model coupe ini juga menyediakan ruang kabin yang berfungsi untuk mengangkut sampai 5 penumpang. model lainnya juga seiring perkembangannya, Coupe pun ada yang digunakan oleh mobil berpintu 4.

3. Hatchback / Lift Back




Masih berbasis sedan, seperti sedang pada umumnya hatchback mempunyai daya angkut 5 penumpang, namun berbeda dengan Estate yang buntutnya dibesarkan menjadi kabin, hatchback justru memangkas bagian bagasi sehingga ruang bagasi yang ditawarkan model ini pasti tak seluas sedan.

4. Convertible

Jenis ini mempunyai ciri khas bagian atapnya dapat dilipat, sehingga  mobil jenis ini dapat diubah ubah pada bagian atasnya, ingin dipakai dalam keadaan atap tertutup atau atap terbuka  dan jenis ini  masih dibagi lagi kedalam dua jenis, yakni hard convertible dan soft top convertible.

5. Pick Up.

Mobil jenis bodi ini lebih mengedepankan daya angkut barang yang tinggi, dengan bak terbuka di bagian belakang, daya angkutpun menjadi lebih luas, varian Pickup yang lain ada penmbahan kabin seperti  Single Cabin, Double Cabin ataupun Extra Cabin yang bahkan dilengkapi penggerak 4 roda untuk mengakomodir kebutuhan.


6. Van dan Wagon



Jenis ini merupakan mobil yang berbagi basis dengan sedan hanya bedanya  hanya pada keberadaan pilar D yang membuat model wagon memiliki ruang tak terpisah dengan bagasi. Namun karena pilar D tersebut, atap mobil pun bisa dibuat lebih panjang dan kaca di baris ketiga pun bisa disematkan sehingga bentuk mobil secara keseluruhan tampil berbeda. Fleksibilitas dan akomodasi ruang pun meningkat. Bahkan beberapa model menyajikan kursi yang juga bisa dilipat di bagian belakang kabin.

7. SUV (Sport Utility Vehicle)

Memiliki ketangguhan sendiri, dalam penggunaanya mempunyai daya jelajahnya yang lebih mumpuni berkat ground clearance ataupun skema penggerak 4x4, dan ini termasuk turunan  mobil mobil Jeep yang dikenal dulu. SUV dahulu dikenal sebagai kendaraan yang bertubuh besar dan tampilan yang sangar. Namun, seiring perkembangannya, SUV pun kini tampil lebih humanis, dan memiliki beragam dimensi, Big SUV, Medium SUV, Compact SUV, Mini SUV hingga Crossover.

8. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Dari segi peruntukkan, MPV memang memiliki keunggulan dalam fleksibilitas penggunaan. Ruang yang lapang, alih fungsi kabin yang mudah, adalah kemampuan yang ditawarkan mobil jenis ini. MPV pun sejatinya memiliki kapasitas angkut 6-7 penumpang. Tergantung jenisnya, bahkan bisa lebih besar lagi.

9. Roadster

Jenis Roadster ini biasanya  dikenal dengan mobil yang memiliki 2 kursi tanpa atap yang permanen

10. Cabrio  

Jenis termasuk semi-convertible merupakan mobil yang memiliki atap yang terbuat dari bahan tekstil dan dapat dilipat, Varian lainnya menggunakan kaca pada bagian belakang.

11. Shooting Brake

Shooting Brake disebut - sebut sebagai masterpiece  dalam industri otomotif, sehingga menjadi inspirasi sejumlah produsen untuk varian kendaraannya. Sebagai gambaran, Shooting Brake merupakan salah satu jenis mobil dengan bentuk satu pintu di setiap sisi, dan mengotak sedikit di bagian belakang. Bagian belakang mobil ini biasanya memiliki satu atau dua bukaan pintu bagasi.
Pada awalnya, jenis mobil ini adalah kendaraan mewah yang dimodifikasi untuk digunakan pemain olahraga yang membutuhkan akses mudah seperti yang ditawarkan tipikal mobil biasa. Adapun Top Gear menggambarkan Shooting brake sebagai "persilangan antara mobil estate dan mobil coupe. Hampir semua mobil model Shooting Brake sebagian besar datang dalam bentuk hatchback.

No comments:

Powered by Blogger.