Penyebab Komputer Anda Lambat

Kian hari perangkat komputer anda kian melambat sehingga menyebabkan banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer dan laptop yang sangat lemot. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer anda berjalan lambat,  seperti berikut :

1. File temp. yang terlalu besar.
Ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. ketika folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini akan memperlambat kinerja komputer anda. Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan folder tersebut, bisa juga dengan bantuan software, ada benyak jenis software untuk mengatasi ini dan gratis mudah didapatkan.

2. Terlalu banyak program yang terinstall

Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan.

3. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi

Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi salah satu contoh pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat dan lambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

4. Karena virus
Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.

5. Kerusakan pada komponen komputer

Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.

Semoga bermanfaat,

No comments:

Powered by Blogger.