Header Ads

Hadirnya Layanan Koneksi Internet WiFi selama Penerbangan

Hal yang kadang menyebalkan dalam angkutan penerbangan udara adalah peringatan untuk mematikan semua gadget (terutama ponsel) ketika pesawat sudah hendak lepas landas. Ini biasanya dengan alasan, dapat mengganggu kinerja perangkat avionik selama dalam penerbangan.

Ini tentu akan membuat penumpang pesawat jadi mati gaya dan hanya punya pilihan seperti membaca  majalah, termenung atau tidur. Tidak jadi soal kalau hanya penerbangan selama 60 menit, Tapi bagaimana bila lebih dari 3 jam? Namun menurut beberapa riset,saat ini permasalahan akses internet selama di dalam kabin pesawat sudah tuntas dan siap jadi standar baru di pertengahan tahun 2012.

Dimulai oleh United Continental Holdings yang menjalin kerja sama dengan Panasonic Avionics Corporation, untuk memasang standar WiFi berbasis koneksi satelit di kabin pesawat. Sebagai langkah awal, lebih dari 300 armada pesawat akan dipasangi sistem ini.

Armada angkutan udara lainnya yang telah terpasang layanan WiFi  salah satunya adalah  Pesawat Emirates A380, penumpang A380 ini sudah dapat melakukan browsing, berbagi, mengirim dan menerima email atau tweet selama dalam perjalanan di udara. 


Para penumpang Emirates ini dapat mengakses layanan Wi-Fi di udara dengan menggunakan perangkat Wi-Fi, termasuk smartphone, tablet dan laptop. Caranya pun mudah, para pelanggan hanya perlu membuka koneksi wireless dan masuk (log on) ke jaringan OnAir dengan mengikuti langkah-langkah sederhana.


Di Cina ada armada udara Air China yang juga sedang menguji layanan WiFI dalam beberapa penerbangan domestik, Uji Coba itu akan terus dilakukan pada penerbangan tambahan pada bagian pertama 2012.


Sementara itu di Indonesia sendiri menurut keterangan SM Investor Relation Garuda Ikhsan Rosan layanan internet ini akan dipasang di pesawat baru Garuda, seperti Airbus 330-200, dan Boeing 737-800NG yang baru didatangkan, serta Boeing 777-300ER yang sebenarnya sudah terpasang dan akan didatangkan pada Mei 2013. So kita tinggal nunggu aja berarti,...


No comments:

Powered by Blogger.