20 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Traffic Blog / Web Anda

Hasil dari blogwalking ke berbagai blog  para master, sekaligus mengamati berbagai perkembangan blog teman, dan telah juga menerapkannya, maka ada beberapa cara sederhana sebenarnya untuk  meningkatkan traffic blog,  seperti :
1. Mendaftarkan blog - Web ke Search Engine
Mendaftarkan blog anda ke berbagai search engine terutama Google, Yahoo dan MSN agar blog anda terindex oleh mesin pencari. Saran, maksimalkan layanan Google  seperti google webmaster tools, google analytic dan google alert untuk mempermudah index google dan membantu memonitor perkembangan blog anda.

2. Membuat Posting /  Content secara Kontinyu dan berkala
Buatlah Posting secara kontinyu dan berkala, minimal 2 (dua) posting dalam sehari, usahakan posting yang memang dari bahasa sendiri (maksudnya bukan hanya sekedar copy paste) kalu bisa yang orisinil (hasil pemikiran sendiri), posting yang berkualitas, tulis sesuatu yang sedang tren, gosip terbaru dan terpanas. Pastikan optimasi keyword untuk postingan tersebut tepat, maka blog anda berpotensi ramai pengunjung dari Search Engine. Berdasarkan pengalaman sendiri,  Jika ini dilakukan secara disiplin selama 3 (tiga) bulan maka Blog anda akan memperoleh 1(satu) page rank dari google.  

3. Pilih Template Blog
Desain dan layout blog menjadi penting untuk menentukan apakah pengunjung akan betah
berlama-lama di blog anda atau tidak. Untuk itu pastikan navigasi, warna dan elemen-elemen dalam blog tidak error, juga hindari broken link ( link rusak ). Untuk itu pilihlah template blog yang baik.

4. Meta Keywords
Edit template blog anda dengan memberi meta keywords pada title, keywords dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO Blog anda.

5. Submit ke Site / Blog Directory
Daftarkan juga blog anda keberbagai site / blog directory yang gratis seperti  Blogflare, freewebsubmission, Topseratus, dan lain - lain.

6. Tukar Link / Link Exchange
Cara ini cukup populer dikalangan blogger. Tukar link dengan blog lain terutama yang mempunyai tema yang sama akan cepat menaikkan peringkat blog anda di mata search engine dan akan
membawa traffic.

7. Link Internal
Bangun Link internal postingan anda antara posting yang satu dengan yang lain yang mempunyai topik sama. Kalo bisa gunakan anchor text yang relevan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO.


8. Sign Up ke Social Bookmarking Site
Sign Up ke Social Bookmarking Site seperti Digg, Reddit atau Stumble Upon dan dapatkan plugin untuk dipasang di blog anda. Jika artikel anda disukai oleh pembaca maka mereka dapat mensubmit artikel anda ke Social Bookmarking Site melalui plugin tersebut.

9. Dummy Blog
Buat blog-blog baru lainnya untuk mendukung blog utama anda. Beri link menuju blog utama di blog-blog tersebut. Selain mendapatkan backlink untuk SEO, diharapkan pengunjung yang datang ke blog-blog dummy anda. tersebut dapat dikenalkan ke blog utama anda.

10. Download Gratis
Buat artikel / template untuk download gratis e-book, software, mp3 atau yang lainnya. Mayoritas netter menyukai hal-hal yang berbau gratis.

11. Tagging Image
Tagging image adalah memberi identitas / nama pada gambar atau image di postingan. Ini berguna agar image anda terindex oleh search engine.

12. Iklan Baris
Ini juga untuk mencari backlink. Iklankan blog anda di situs-situs iklan baris dan beri link menuju blog anda.

13. Comment di Blog Lain
Berjalan-jalan ke blog lain dan beri komentar terutama pada blog yang mempunyai tema yang berhubungan dengan blog anda. Dikolom komentar biasanya disediakan tempat untuk menuliskan URL pemberi komentar.

14. Subscribe Feedburner
Gunakan layanan feedburner untuk pengunjung yang ingin berlangganan artikel blog anda via email. Ini menjaga pengunjung blog anda agar selalu tahu tentang update blog anda dan menarik mereka kembali.

15. Sesuaikan Iklan
Jangan menaruh terlalu banyak iklan pada blog agar tidak mengganggu pembaca anda. Ini juga berguna agar loading page blog anda tidak lambat.

16. Gabung di Site Social Networking
Join ke berbagai site social networking atau jejaring sosial dan tempatkan link blog anda di profil, bulletin atau apa saja yang memungkinkan. Berbagai jejaring sosial populer dunia dapat anda ikuti
seperti myspace, facebook, friendster dan sebagainya.

17. Belajar SEO
Untuk mendapatkan traffic dari search engine, SEO mutlak diperlukan. Perdalam kemampuan optimasi content dengan belajar SEO ke blog-blog yang tenar dan sudah terbukti kehebatan ilmu SEO-nya.

18. Join Forum dan Mailing List
Join ke berbagai forum dan mailing list yang berhubungan dengan tema blog anda dan tempatkan link / signature di tempat yang memungkinkan. Aktiflah di forum atau mailing list tersebut dan anda akan mendapatkan trafik dari sesama anggota forum / mailing list.


19. Domain Sendiri

Tips ini adalah salah satu yang belum bisa saya realisasikan. Menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog anda tampak lebih profesional.

20. Melakukan Ping Blog.

Banyak  Layanan Web penyedia ping secara gratis didapat di internet, Fungsi dari Ping Blog untuk memberikan informasi kepada search engine bahwa kita baru saja  meng-update atau melakukan perubahan terhadap blog kita, agar  perubahan atau artikel-artikel  yang baru aja dilakukan dan  dipublikasikan dapat segera dideteksi atau terindex oleh search engine.



7 comments:

  1. jawara mau nanya, knp koq diskripsi, dan keyword org lain bs tau? maturnuunn..

    ReplyDelete
  2. Blajar Trik SEO,dan membuat posting yg tidak hanya copy paste buta, maksudnya narasi/tulisan 50% dibuat kata2 beda dgn aslinya,..klo bsa sih smua orisinil ide sndiri, smua tuk menikatkan traffic blog,..heee, sprti ket. point 2 diatas,...

    ReplyDelete
  3. artikel yang bagus..aku banyak belajar dari artikel tersebut..karena aku masih baru didunia bloging..smg berhasil..terimakasih..

    ReplyDelete
  4. thk ya by http://mashasih.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. mantap sekali jawara makasih atas info dari artikel yang telah diberikan mohon kunjungannya ya
    http://anggaariwibowo.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.