Tips Mencegah Karat pada mobil Anda


Ada Beberapa hal penyebab terjadinya karat pada mobil seperti :

  • Adanya bagian Cat yang tekelupas  karena benturan kecil atau terkena batu dan kerikil ini lamba laun kalo tidak di tambal akan menjadi penyebab karatan pada bagian cat yg terkelupas.
  •  Kelembaban area sekitar bawah mobil yang sulit di jangkau yang sering terjadi penumbukan kotoran dan akumulasi garam setelah sekian lama.
  •  Biasanya karatan mudah terjadi apabila anda tinggal di daerah tertentu atau  sering berkendaraan melewati suatu daerah seperti : Jalan bergaram, berdebu , daerah polusi industri dll.
  • Kelembaban tinggi dapat mempercepat perkaratan, terutama apabila temperatur berada sedikit diatas titik beku.
  • Kebasahan atau kelembaban pada bagian part tertentu menyebabkan perkaratan, sekalipun dibagian lain kering.
  • Temperatur udara yang tinggi dapat menyebabkan karat pada komponen kendaraan yang kurang berventilasi sehingga pengeringan berjalan lambat.

Jika menemui kondisi seperti tersebut di atas maka  kendaraan perlu di rawat dengan rajin, khususnya bagian bawah, sebersih mungkin dan lakukan perbaikan cat lapisan pelindung yang rusak sesegera mungkin.

Untuk membantu pencegahan terjadinya karatan pada mobil anda, ada beberap tips yang dapat dipakai sebagai acuan :

=> Apabila anda berkendaraan di jalan yang bergaram di musim dingin atau apabila anda tinggal di dekat laut, paling tidak semprot bagian bawah kendaraan sebulan sekali untuk mengurangi percepatan terjadinya karatan.

=> Air atau uap bertekanan tinggi sangat efektif untuk membersihkan bagian bawah kendaraan dan roda. pada bagian ini di perlukan perhatian khusus, karena lumpur dan debu sulit di lihat. akan menambah kerusakan apabila anda hanya membasahi lumpur tanpa membersihkannya. demikian pula bagian bawah tepi pintu, rocker panel, dan bagian rangka yang memiliki lubang pembuang air tidak boleh tersumbat kotoran karena dapat menyebabkan perkaratan.

=> Cucilah bagian bawah kendaraan seluruhnya, apabila musim hujan telah berlalu.

=> Periksa kondisi cat dan trim mobil anda.Apabila anda menjumpai adanya cat yang terkelupas atau tergores, tutup segera dengan cat untuk   mencegah mulai timbulx karatan. apabila goresan telah mencapai metal, perbaiki segera dibenkel perbaikan body yang baik.

=> Periksa interior kendaraan anda.Air dan kotoran dapat terkumpul di bagian bawah karpet dan dapat menyebabkan korosi seringkali periksa bagian bawah karpet untuk memastikan dalam kondisi kering. perhatikan secara khusus, apabila kendaraan di gunakan mengangkut bahan kimia, pembersih, garam, pupuk, dll. ini harus di kems dengan baik. apabila ada kebocoran, bersihkan segera dan keringkan bagian
tersebut.

=> Gunakan pelindung lumpur pada roda kendaraan anda.
Apabila anda berkendara melalui jalan yang bergaram atau berkerikil, pelindung lumpur dapat memberikan perlindungan pada roda kendaraan anda. berukuran penuh paling mungkin berdekatan berdekatan dengan jalan, adalah yang terbaik. kami sarankan agar bagian yang dipasang pelindung lumpur de beri bahan anti karat.

=> Parkir kendaraan anda di garasi dengan cukup ventilasi atau tempat beratap. Apabila anda mencuci kendaraan di dalam garasi, tau bila anda berkendara di jalan yang tergenang air, garasi anda dapat menjadi lembab dan menyebabkan karat. sekalipun garasi anda di hangatkan, kendaraan yang basah dapat berkarat apabila garasi kurang ventilasi.
Semoga bermanfaat

Related Post  :
Tempat Kursus mengemudi / setir Mobil , Dasar - Dasar Belajar Mengemudi / Setir , Tips aman Mengemudi yang Benar dan Aman , Mengapa di Indonesia mengemudi di jalur Kiri , Tips memperbaiki mobil dalam kondisi darurat , Rambu - Rambu lalu Lintas , Menyusuri Sudut Jalan , 

Tag : 
Tips Perbaiki AC Mobil , Tiga Langkah Berhemat Bahan Bakar , Tips Perawatan Interior Dan Jok Mobil Anda, Tips Meninggalkan Mobil yang Baik dan Benar , Cara Waspadai Mesin Kurang Greng Saat Start , Cara Mengatasi Mobil Mogok, Cara Pengereman dan menghentikan Mobil dengan Cepat dan Efektif , Cara Menghadapi Lampu Silau Bila Berlawanan Arah , Konsep Dari Sekolah Mengemudi , Persyaratan Untuk Memperoleh SIM(Surat Izin Mengemudi)

No comments:

Powered by Blogger.