Disable Tombol Keyboard anda

Di kesempatan ini diposting cara menonaktifkan tombol-tombol di keyboard yang tentu saja hampir sama dengan fungsi tools lain, namun masih ada perbedaan dan fungsinya. Untuk menonaktifkan tombol-tombol di keyboard secara manual kita harus mengerti tentang code map dari fungsi keyboard tersebut pada value data di registry editor seperti misalnya kode scan code map tombol caps lock pada keyboard layout :

00000000 00000000 02000000 00003A00 00000000. Agar tidak berfungsi atau berubah fungsi maka code tersebut harus dirubah sesuai fungsi yang diharapkan. Daripada susah-susah berfikir tentang kode tersebut, sudah tersedia tools yang berfungsi untuk menonaktifkan tombol-tombol di keyboard. Selain mendisable tombol keyboard, tools ini juga bisa untuk merubah fungsi tombol di keyboard tersebut.

Dengan tools yang bernama sharpkeys, kita bisa menonaktifkan atau mendisable tombol Caps Lock, windows, Alt, Tombol Fungsi ( F1 sampai F12), tombol Ctrl, tombol numeric dan sebagainya. Selain itu tools ini bisa merubah fungsi tombol keyboard seperti merubah fungsi tombol Caps Lock me.njadi tombol Huruf atau angka, merubah tombol tabulasi menjadi tombol enter dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat screenshoot berikut ini :
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
  1. Tools ini bersifat portable sehingga langsung klik ganda untuk menjalankannya.
  2. Setelah terbuka klik add.
  3. Pada panel sebelah kiri adalah sederetan kode tombol-tombol keyboard yang akan dinonaktifkan atau  dirubah fungsinya. atau bisa langsung klik type key kemudian tekan tombol di keyboard.
  4. Pada panel sebelah kanan adalah sederetan fungsi untuk menonaktifkan atau fungsi perubahan dari  tombol keyboard atau klik type key kemudian tekan tombol di keyboard
  5. Setelah terpilih klik write to registry
  6. log off atau restart computer
  7. Untuk mengembalikan ke kondisi seperti semula, hapus atau delete perintah yang ada kemudian klik  write to registry

2 comments:

Powered by Blogger.