Cara Membuka Casing Harddisk External

Beberapa waktu lalu harddisk externalku tidak terdeteksi oleh laptopku, dicoba di komputer lain juga sama tidak terdeteksi, Mau aku bawa ke service center garansi sudah habis. Ku coba mencari solusi dari permasalahan harddisk tersebut. ada beberapa solusi yang didapat seperti :
  1. Memakai perintah command (cmd) seperti chkdsk *: /f  
  2. Memakai tools bawaan windows Disk Management , 
Masih juga external harddsik tidak terdekteksi,  yang ada dalam benak hanya ingin menyelamatkan data yang tersimpan didalam external harddisk itu.
Ada saran teman untuk membuka casing external harddisk tersebut karena  berdasarkan pengalamannya yang namanya Harddisk (HDD) external yang sering bermasalah itu justru pada cassingnya alias enclouse nya. Mendapat saran seperti itu, aku langsung suruh dia coba bongkar  HDD externalku. Ternyata Casing harddisk Ext tidak memakai baut dan tidak ada satupun baut yang nampak di Cassingnya, lalu bagaiman cara membukanya?



Cara membuka casing inilah yang akan aku share dalam posting kali ini, agar kamu bisa mengganti sendiri dengan casing dengan yang baru dan tentunya yang original.

Langkah – langkah cara membuka casing  portable Drive, seperti dibawah ini :
  1. Peralatan hanya Obeng, bisa juga dengan cutter jika susah membukanya dengan obeng, mulai dengan menyisir/menyayat dengan hati- hati pinggiran sekeliling casing harddsik external dengan cutter.
  2. Langkah selanjutnya setelah di sayat sambil diungkit perlahan, maka casing sudah mulai mudah   untuk dibuka secara perlahan dan akhirnya terbuka, seperti gambar dibawah ini .
Cukup mudah bukan, cara membuka casing harddisk esternal portable Drive 320 Gb.

Setelah casing terbuka, untuk lebih mudahnya sebaiknya casing diganti saja dengan yang baru dan original. dengan casing baru original, biasanya berdasarkan pengalaman sebelumnya, hardisk external langsung bisa terdeteksi kembali oleh komputer. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.