5 tips mengedit HTML Blog

Suka mengedit HTML Blog, baik untuk keperluan mengganti Template atau lainnya, kadang kita  mengalami kesulitan, apalagi bagi jawara yang berkategori pendatang baru di dunia blogger. Setelah beberapa kali pernah mengutak atik halaman HTML Blog jadi punya sedikit pengalaman yang bisa untuk di-Share bagi blogger pemula lainnya, kalo yang udah master kayaknya udah diluar kepala neh, malah jawara mohon pencerahannya.

Berikut ini beberapa tips untuk mempermudah edit HTML blog:

1. Backup Template sebelum memulai edit HTML Blog.
Ini bagian yang paling penting karena jika terjadi hal-hal yang  tidak dinginkan, misalnya blog jadi  rusak maka kita bisa mengembalikannya seperti sebelumnya.  Cara membackup sangat mudah, Klik pada link  "Download Full Template" lalu simpan file     template di komputer kita. Jika dalam utak - atik terjadi  kesalahan/error dan tidak bisa diatasi,  tinggal upload aja file template hasil backup tersebut.

2. Memberi Tanda Centang di Kotak "Expand Widget Template"
Jangan sampai kelupaan,  kalau kotak "Expand Widget Templates" tidak dicentang kadang kode -    kode yang dicari kemungkinan tidak ditemukan.

3. Dalam Pencarian Kode.
Untuk mempermudah pencarian kode tekan " Ctrl+f " lalu masukkan kode yang akan dicari     kedalam kotak yg muncul dibagian bawah (kotak pencarian). Jika tidak ketemu, coba hilangkan     beberapa kata dalam kotak pencarian.

4. Mengatasi Pesan Error yang muncul.
Saat setelah selesai meng-edit dan menyimpan hasil editan kemudian muncul pesan error, maka    berusaha memahami pesan error tersebut. Kemudian periksa kembali satu persatu apa sudah     sesuai penulisan kode kita. Jika gak yakin, dapat diulangi dari awal, dengan mengklik tombol   "Clear Edit" terlebih dahulu.


5. Save / Simpan Template
Jangan Lupa untuk menyimpan hasil editan kita.

Semoga bermanfaat

3 comments:

Powered by Blogger.