Header Ads


Yuk Ikut Tax Amnesty

Dihampir semua media informasi umum terpampang tulisan "Ungkap, Tebus, Lega",  slogan ini terkait dengan program tax amnesty alias amnesti pajak dari Kementerian Keuangan melalui  Direktorat Jenderal Pajak.


Kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty telah dicanangan sejak 1 Juli 2016, Sebenarnya apa sih tax amnesty itu? dasar hukum pelaksanaan yang menjadi pegangan yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang pengampunan pajak. Dengan adanya tax amnesty diharapkan  pemasukan buat negara bisa bertambah.

Penjelasan sederhananya yaitu dengan memberikan fasilitas kepada para penunggak berupa penghapusan pajak terutang, sanksi administrasi perpajakan, dan sanksi pidana perpajakan atas harta yang diperoleh pada 2015 serta sebelumnya yang belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan pajak tahunan (SPT). Namun sebelumnya para  penunggak itu harus melunasi dulu semua pajaknya dan membayar uang tebusan yang bervariasi tergantung pada kapan wajib pajak menyampaikan surat pernyataan harta.

Untuk lebih jelasnya berikut ini semua terkait dengan  tax amnesty :

Apa sih Tax Amnesty ?
Seperti tersebut diatas bahwa tax amnesty wajib diikuti oleh mereka yang menunggak pajak dari tahun 2015 dan sebelumnya. Tunggakan ini termasuk harta yang gak dicantumkan dalam SPT.

Contohnya sebegai berikut :
  • Punya rumah seharga Rp 200 juta di Ternate dan Rp 400 juta di Tidore, namun  yang sudah dilaporkan/dicatat di SPT hanya yang di Ternate. Maka, orang ini mesti ikut amnesty pajak agara tidak  terkena sanksi dan harus  mendeklarasikan harta berupa rumah di Tidore tersebut. Apalagi jika sudah lama yang bersangkutan tidak  bayar pajak  Dia harus berterus terang soal pajak tersebut agar mendapat fasilitas amnesti pajak.
  • Selain itu, mereka yang sudah punya pendapatan tapi belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib ikut. Kalau sudah memiliki penghasilan, NPWP seharusnya ada sebagai tanda bahwa kita merupakan wajib pajak.
Untuk bisa mengikuti tax amnesty, bisa datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama di daerah domisili masing-masing. Di sana akan tersedia petugas yang membantu menerangkan soal tax amnesty sekaligus keuntungannya buat kita.

Apa sih Manfaat Tax Amnesty ?
  • Buat si wajib pajak, manfaat tax amnesty jelas. Mereka terhindar dari macam-macam sanksi, sehingga bisa leluasa bergerak dalam mengembangkan usahanya. Bisa dibayangkan jika seorang pengusaha menjadi sukses, tiba-tiba didatangkan petugas gara-gara ketahuan tidak bayar pajak.
  • Tax amnesty ini berguna juga buat seluruh masyarakat. Sebab, dengan adanya pembayaran tebusan pajak, otomatis pendapatan negara bertambah. Dengan begitu, anggaran negara untuk pengembangan pun bertambah. Mungkin dana dari program ini bisa dipakai untuk membangun jalan, jembatan, atau sekolah dan kegiatan lain untuk kepentingan masyarakat luas.
Begitu juga,  Pemerintahpun juga menyasar dana Warga Negara  Indonesia yang tersimpan di luar negeri lewat tax amnesty. Nantinya mereka ini , diwajibkan  menyimpan dana tersebut di bank dalam negeri yang telah ditunjuk selama minimal 3 tahun.

Program tax amnesty ini dibuka pada Juli 2016 hingga 2017, tidak mustahil masa berlaku program ini akan diperpanjang. Yang jelas, pemerintah membuka ruang sebesar-besarnya bagi mereka yang punya niat dan mau ikut tax amnesty, baik bagi wajib pajak perorangan maupun badan usaha.

No comments:

Powered by Blogger.