Header Ads

Panama Papers Dan Fakta - Faktanya

Ramai bocornya sebuah dokumen di  internet, menyedot  perhatian dunia secara global. Dokumen online yang dibocorkan ini bisa dibilang terbesar sepanjang sejarah jurnalismeinvestigasi yaitu mencapai 2,6 terabyte (TB), jika dibandingkan  Wikileaks pada 2010 lalu hanya sebesar 1,7 gigabyte (GB).
 

Awal ramai - ramai bocornya dokumen online ini terjadi menyusul tersiarnya data dari firma hukum Mossack Fonseca di Panama dimana  mencuat dengan nama skandal "The Panama Papers", Berikut ini Fakta - Fakta seputar bocornya "The Panama Papers "
  1. Merupakan salah satu kebocoran dokumen finansial terbesar dalam sejarah;
  2. File Dokumen "The Panama Papers "  besarnya  mencapai 2,6 terabyte (TB) lebih besar dibanding Wikileaks  hanya sebesar 1,7 gigabyte (GB);
  3. Dokumen ini terdiri atas  11 juta dokumen internal  yang terenkripsi yang berupa 4,8 juta e-mail, 3 juta database,  2,1 juta dokumen PDF,  1,1 juta foto,  320.000 dokumen teks  dan 2.000-an file lainnya;
  4. Terungkap sedikitnya 140 politisi termasuk 12 Kepala Negara,  bintang olahraga, dan selebriti yang menyimpan uang mereka di berbagai perusahaan "cangkang" di luar negeri.
  5. Terdapat rincian transaksi keuangan tersembunyi politisi dan pejabat publik di seluruh dunia
  6. Pada tautan  milik Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), tertera  2.961 nama - nama individu maupun  perusahaan di Indonesia yang muncul, saat kata dimasukan kata kunci "Indonesia". Dimana diantara ribuan nama itu, ada banyak nama yang terdengar familiar dan terkenal di Tanah Air.
  7. Selain itu, pada laman yang sama pun muncul 2.400 alamat di Indonesia yang terdata dalam kolom "Listed Addresses".
  8. Data mencakup hampir 40 tahun data , sejak 1977 hingga akhir tahun 2015
  9. Memuat Informasi jaringan orang - orang berkuasa dan kaya di dunia yang memanfaatkan kebijakan keringanan pajak (tax heaven)

Key search : 
Daftar Nama orang Indonesia di Panama pappersMenkeu: Bocoran "Panama Papers" Jadi Sumber Data Tambahan Ditjen Pajak, Menteri Keuangan  memastikan, data-data yang dimiliki Otoritas Pajak saat ini bukan bersumber dari firma di Panama tersebut., skandal the Panama Papers, nama tokoh dunia di Panama papers, nama pengusaha indonesia, nama tokoh politik terlibat panama papers, Teknologi Dibalik Bocornya panama papers, cara investigasi panama papers, jaringan panama papers

No comments:

Powered by Blogger.