Header Ads


Kenali Jenis Dan Fungsi Plastik Dalam Keseharian Anda

Plastik sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kemasan untuk membungkus  makanan yang memakai plastik. Untuk mengetahui tingkat keamanan plastik, maka kode jenis plastik pun biasanya disediakan di salah satu bagian kemasan.

Berbagai jenis-jenis dan kegunaan plastik berdasarkan kode yang dipajang pada plastik tersebut :

1. Kode PETE

Plastik jenis ini memiliki kode polimer PETE atau PET (Polyethlene Terephthalate) biasanya dipakai untuk botol minyak sayur dan tempat makanan oven proof. Plastik yang ditandai dengan kode PETE tidak boleh digunakan berkali-kali untuk menyimpan makanan.

2. Kode HDPE

Plastik jenis ini memiliki kode polimer HDPE (High Denisty Polyethylene) biasanya dipergunakan untuk botol susu, jus dan mentega. Plastik yang ditandai dengan HDPE sebaiknya tidak boleh dipakai berkali-kali untuk menyimpan makanan, cukup sekali pakai saja.

3. Kode V

Plastik jenis ini memiliki kode Polimer V atau PVC (Polyvinyl Chloride) biasanya digunakan untuk botol detergen, shampoo dan pipa saluran. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan bverkali-kali untuk menyimpan makanan lantaran sulit untuk didaur ulang, serta berbahaya jika dipakai untuk menyimpan makanan.

4. Kode LDPE

Plastik jenis ini memiliki kode polimer LDPE (Low Density Polyethylane) dipakai untuk kantong belanja, kresek, pembungkus makanan dan botol elastis. Plastik berkode ini sulit dihancurkan, namun baik jika dipakai untuk tempat makanan.

5. Kode PP

Plastik jenis ini memiliki kode polimer PP (Polypropylene) biasanya dipakai untuk pembungkus biskuit, botol minuman tempat obat dan sedotan. Plastik ini merupakan pilihan terbaik untuk tempat penyimpanan makanan dan minuman.

6. Kode PS

Plastik jenis ini memiliki kode polimer PS (Polystyrene) biasanya dipakai untuk styrofoam, CD, wadah makanan beku atau siap saji, plastik ini sebaiknya dihindari sebab tidak baik jika dipakai untuk tempat penyimpanan makanan atau minuman.

Semoga bermanfaat bagi Anda.
(foto: halaman facebook)

No comments:

Powered by Blogger.