Header Ads

Anda Kecanduan Smartphone? Hati-Hati dengan 5 Gangguan Kesehatan ini

Kecanggihan smartphone membuat banyak pemakaianya senang berlama -  lama dengan smartphone yang dimiliki bahkan saking  sukanya sampai sampai tidak pernah lepas dari genggaman,  dari bangun tidur bahkan sampai saat tidurpun tetap berkutat dengan smarphone yang dimiliki. Tanpa disadari terjadi perubahan dalam kebiasaan keseharian.
smartphone berbahaya

Kalau sudah menjadi kecanduan seperti diatas,  wah siap -  siap anda  akan mengalami gangguan kesehatan.  Kebiasaan berlama-lama dengan smartphone ternyata  disinyalir dapat membuat semua orang menderita beberapa gangguan kesehatan.

Biasanya, gangguan kesehatan ini terjadi setelah orang tersebut menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai menggunakan  smartphone dengan bijak, supaya Anda tidak mengalami lima gangguan kesehatan berikut, seperti yang dikutip dari VisiHow.

 1. Tubuh membungkuk

Beberapa orang saking asiknya sampai tidak sadar,  mereka telah menggunakan smartphone sambil membungkuk. kejadian inipun  diulang-ulang setiap hari yang memaksa tulang punggung mengalami perubahan struktur tulang.
Bila Anda merasakan adanya gejala yang tak enak di bagian punggung, sebaiknya Anda mulai mengubah posisi tubuh Anda agar tubuh tidak bungkuk.

2. Lemas dan lesu

Menggunakan smartphone membuat semua orang berhenti bergerak dan lebih memilih untuk berdiam diri di kamar. Hal ini tentu dapat membuat aliran darah tak berjalan lancar karena tubuh jarang dipakai untuk berolahraga. Maka jangan kaget bila Anda akan mendapati tubuh Anda menjadi lemas dan lesu.

Terlebih, berlama-lama dengan smartphone biasanya membuat seseorang lupa untuk minum air putih. Sehingga cairan di dalam tubuh akan menurun drastis dan berdampak pada datangnya penyakit pusing dan maag.

3. Nyeri pada bagian pergelangan tangan

Seperti yang Anda tahu, smarphone bentuk tablet itu memiliki ukuran bodi yang besar dan lebih berat dari smartphone. Bila Anda menggunakan tablet setiap hari, lama-kelamaan pergelangan tangan Anda akan merasakan nyeri. Hal ini wajar, karena otot pergelangan tangan tak mampu menahan beratnya tablet. Selain itu, smartphone juga dapat dikambinghitamkan karena saat ini banyak smartphone yang mempunyai ukuran yang besar.

4. Kelelahan pada bagian lengan

Terlalu sering menyangga smartphone dan tablet dapat mengakibatkan kelelahan pada bagian lengan. Apalagi bila Anda menggunakan smartphone dan tablet sambil tiduran, tumpuan terberat akan tertuju pada lengan dan pasti akan membuat lengan Anda menjadi sakit.

5. Nyeri pada jari-jari tangan

Kecintaan pada aplikasi chatting akan melatih seseorang untuk meningkatkan kecepatannya dalam mengetik sebuah kalimat. Namun, kecepatan tersebut justru dapat menjadikan jari-jari tangan Anda menjadi sakit. Hal ini bisa terjadi karena jari-jari tangan dipaksa melakukan gerakan cepat ke layar smartphone yang cukup keras.

Walaupun terlihat sepele gangguan kesehatan tersebut diatas,  tapi lama kelamaan akan membahayakan juga,  So. mulai sekarang gunakanlah smartphone anda dengan bijak..

No comments:

Powered by Blogger.